Rabu 03 Maret 2021, 20:09 WIB

Laju Deforestasi Turun ke Titik Terendah Sepanjang Sejarah

Sri Utami | Humaniora
Laju Deforestasi Turun ke Titik Terendah Sepanjang Sejarah

Antara/Jojon.
Pengunjung berdiri di bawah sejumlah pohon leda (Eucalyptus deglupta) di kawasan Hutan Lindung Wakonti, Baubau, Sulawesi Tenggara.

 

INDONESIA berhasil menurunkan deforestasi 75,03% pada periode 2019-2020 hingga berada pada angka 115,46 ribu ha. Angka ini jauh menurun dari deforestasi sebelumnya pada 2018-2019 sebesar 462,46 ribu ha.

Data itu dirilis Direktorat Jenderal Planologi Kehutanan dan Tata Lingkungan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Ditjen PKTL KLHK). "Jika dilihat tren deforestasi berdasarkan data sebelumnya, tahun ini pengurangan hutan Indonesia relatif rendah dan cenderung stabil," kata Plt Direktur Jenderal PKTL Ruandha Agung Sugardiman saat media briefing di Jakarta, Rabu (3/3).

Turunnya deforestasi nasional selama masa pandemi covid-19 tersebut sekaligus membantah klaim beberapa pihak tentang peningkatan deforestasi selama 2020. Selain itu, hal tersebut sebagai pembuktian konsistensi pemerintah Presiden Joko Widodo mengurangi deforestasi dari tahun ke tahun.

"Penurunan 75% laju deforestasi selama periode 2019/2020  merupakan bukti, bukan persepsi. Inilah hasil kerja keras kita bersama hingga laju deforestasi bisa diturunkan pada titik terendah sepanjang sejarah," ungkap Ruandha.

 

Komitmen pemerintah, menurutnya, juga tegas untuk terus berada di jalur pengurangan deforestasi sebagai salah satu sumber penurunan emisi. Upaya masih dilakukan dan sumber daya terus dialokasikan untuk mengendalikan tingkat deforestasi di berbagai tingkatan.

Pada kesempatan yang sama Direktur Inventarisasi dan Pemantauan Sumber Daya Hutan (IPSDH) Ditjen PKTL Belinda A Margono menjelaskan penurunan deforestasi sebesar 75,03% merupakan angka deforestasi neto. Perhitungan deforestasi ini juga mencakup baik di dalam maupun luar kawasan hutan Indonesia. (OL-14)

Baca Juga

Ist

Prof.Sabrina: Nilai Kerja Pengaruhi Komitmen, Kinerja, dan Loyalitas dengan Pekerjaan

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 19 Januari 2022, 15:06 WIB
Pada acara pengukuhan Guru Besar Ilmu Manajemen UPH, Prof. Sabrina menyampaikan orasi ilmiahnya yang berjudul “Peran Penting Nilai...
ANTARA FOTO/Irfan Anshori

Pemerintah Kembali Buka 758 Ribu Formasi Guru PPPK di 2022

👤Faustinus Nua 🕔Rabu 19 Januari 2022, 14:40 WIB
Ada pula ribuan formasi yang kosong atau tidak dilamar oleh guru honorer. Iwan menyebut 117.939 formasi tidak dilamar oleh guru honorer...
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Transformasi Digital Jokowi Mampu Ciptakan Talenta Muda Unggulan

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 19 Januari 2022, 12:49 WIB
Sekarang sudah waktunya untuk menyiapkan SDM yang bermanfaat bagi negara. Sehingga nantinya Indonesia tidak kalah bersaing dengan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya