Sabtu 23 Januari 2021, 21:30 WIB

GeNoSe Jadi Solusi Tekan Biaya Diagnosa Covid-19

M. Ilham Ramadhan Avisena | Humaniora
GeNoSe Jadi Solusi Tekan Biaya Diagnosa Covid-19

Antara/M. Risyal Hidayat
Alat GeNose diterapkan di Stasiun Pasar Senen, Jakarta

 

MENTERI Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut B. Pandjaitan menuturkan, alat deteksi covid-19 GeNoSe dapat menjadi solusi alat screening dan diagnosis yang saat ini tergolong mahal.

"Alat GeNoSe menjadi solusi dari permasalahan alat screening dan diagnosis yang saat ini masih cukup mahal dan ketersediannya terbatas," kata Luhut melalui siaran pers, Sabtu (23/1).

Luhut turut menghadiri uji coba pemanfaatan alat deteksi covid-19 GeNoSe di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, Sabtu (23/1). Alat itu digunakan untuk meningkatkan skrining covid-19 melalui embusan napas dengan tahap 4T, yaitu Tracking, Tracing, Testing, dan Treatment.

Alat GeNoSe melakukan deteksi melalui embusan napas, sehingga memberikan rasa nyaman dan dapat digunakan oleh masyarakat dari anak-anak hingga lansia. Pengecekan melalui alat GeNoSe juga bisa didapatkan dengan harga yang terjangkau. 

"GeNoSe juga menjadi satu kebanggaan Indonesia, karena alat ini merupakan asli buatan oleh anak bangsa,” terang Luhut. 

Hal itu, imbuh dia, sejalan dengan kampanye Bangga Buatan Indonesia yang sedang dikembangkan oleh pemerintah. Alat tersebut menunjukkan bangsa Indonesia juga dapat berinovasi serta memberikan solusi bagi permasalahan pandemi covid-19. 

Baca juga : RS Rujukan Makin Penuh, Masyarakat Harus Patuh Protokol Kesehatan

Dalam kegiatan uji coba tersebut, Luhut didampingi oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia Didiek Hartyanto, Direktur Jenderal Perkeretaapian Zulfikri, Staf Khusus Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Profesor Satryo Brodjonegoro, serta Profesor Eko perwakilan dari Ti GeNoSe Universitas Gadjah Mada.

Apresiasi disampaikan oleh Luhut terhadap tim GeNose Universitas Gadjah Mada yang telah menyiapkan dan bekerja keras dalam menciptakan inovasi ini. 

"Saya berharap GeNose dapat segera menjadi alat tes yang digunakan secara luas oleh masyarakat dan dapat membantu pemerintah dalam melakukan upaya 4T," kata Luhut. 

Alat GeNoSe juga diakui oleh Kementerian Kesehatan dan didukung oleh Kementerian Perhubungan. Nantinya, GeNoSe menjadi alat tes yang digunakan untuk aktivitas perjalanan masyarakat menggunakan transportasi umum. 

"Alat ini akan mulai digunakan pagi pengguna transportasi umum kereta api pada 5 Februari," terang Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. (OL-7)

Baca Juga

Ist

Coreta Louise Luncurkan Koleksi Terbaru di New York Fashion Week

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 25 September 2022, 14:31 WIB
Kali ini tema yang diangkat adalah "Sea Reflection" yang terinspirasi dari keindahan bawah laut khususnya Bunaken Sulawesi Utara...
dok.ist

Jokowi: Kita Butuh SDM Berkualitas dan Berintegritas

👤Selamat Saragih 🕔Minggu 25 September 2022, 13:21 WIB
PRESIDEN RI Joko Widodo (Jokowi) menyebut bahwa Indonesia membutuhkan SDM yang berkualitas dan berintegritas demi memenuhi tantangan pasar...
ANTARA/Makna Zaezar

KLHK Ajak Semua Pihak Cegah Kecelakaan Akibat Asap Karhutla di Jalan Tol

👤Atalya Puspa 🕔Minggu 25 September 2022, 13:15 WIB
Basar menambahkan perlunya patroli yang intensif dari para pihak pengelola jalan tol untuk mereduksi risiko kecelakaan akibat asap...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya