Jumat 15 Januari 2021, 03:09 WIB

Rekam Asyiknya PJJ Lewat Lomba Vlog Hut Media Indonesia ke-51

Atalya Puspa | Humaniora
Rekam Asyiknya PJJ Lewat Lomba Vlog Hut Media Indonesia ke-51

MI/VICKY GUSTIAWAN
Proses penjurian lomba vlog instagram

 

DALAM rangka peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Media Indonesia yang Ke-51, Media Indonesia menyelenggarakan Lomba Vlog Instagram bertema Pembelajaran Jarak Jauh yang dikhususkan untuk pelajar tingkat SD, SMP, SMA di seluruh Indonesia. Adapun, karya para peserta lomba dinilai langsung oleh tim dari redaksi Media Indonesia.

Salah satu Dewan Juri Lomba Vlog Instagram Media Indonesia Indrastuti mengungkapkan, tema PJJ diambil melihat pendidikan menjadi salah satu sektor yang paling terdampak di masa pandemi covid-19.

Baca juga: Kemenkes: 150 Ribu Nakes Lakukan Registrasi Vaksinasi

"Ketika siswa menghadapi sekolah online, itu menjadi tantangan, bukan hanya untuk siswa tapi juga untuk orang tua. Lewat lomba ini, ita ingin merangkum bagaimana siswa mencari solusi dari kendala PJJ yang dihadapi di masing-masing sekolah dan daerah," kata Indrastuti di Kantor Media Indonesia, Jakarta Barat, Kamis (14/1).

Ia menceritakan, dalam proses penjurian banyak karya-karya menarik yang hadir, mulai dari kegiatan sederhana anak-anak selama PJJ di dalam rumah, hingga video sekelompok anak yang rela naik ke atas bukit untuk mendapatkan sinyal saat PJJ berlangsung.

"Tiap siswa punta masalah masing-masing. Dari video-video yang masuk, kita bisa lihat bagaimana siswa berusaha mencari solusi atas permasalahannya. Bagaimana anak-anak Indonesia memanfaatkan PJJ yang dianggap membosankan dan bisa mengubahnya menjadi momen untuk mendapatkan prestasi," bebernya.

Ia mengungkapkan, sebanyak 147 video hasil karya siswa-siswi seluruh Indonesia berhasil masuk tahap penjurian, dan dari seluruh peserta tersebut, diputuskan 5 orang sebagai pemenang 1, 2, 3 dan juara harapan 1 dan 2. Dalam menilai video dari peserta, terdapat sejumlah aspek yang dinilai mulai dari keunikan cerita hingga aspek pengambilan gambar.

Adapun, pengumuman pemenang lomba Vlog Instagram Media Indonesia akan diumumkan pada puncak acara peringatan HUT Media Indonesia Ke-51, yakni pada 19 Januari 2021 mendatang.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Panitia HUT Media Indonesia Ke-51 Iis Zatnika mengungkapkan, Lomba Vlog Instagram Media Indonesia diselenggarakan untuk menampung kreativitas anak-anak bangsa meskipun saat ini semua kegiatan terkendala pandemi covid-19.

"Tema PJJ juga diambil mengingat Media Indonesia memiliki kedekatan dengan anak-anak karena kita punya program reporter cilik. Dan di lomba ini kita ajak alumni reporter cilik Media Indonesia dan juga siswa di seluruh Indonesia untuk membuat sebuah karya," ungkapnya.

Ia berharap anak-anak Indonesia tidak membatasi dirinya untuk terus berkarya dalam keadaan apapun. Iis juga menyatakan, di usia yang ke-51 ini, Media Indonesia bisa terus berinovasi dan memberikan informasi yang berkualitas bagi masyarakat.

"Tema ultah hari ini betema Reka Cipta. Kita berkomitmen untuk menciptakan inovasi baik yang ada di lingkungan Media Indonesia, maupun Media Group News. Kita bukan hanya merayakan 51 tahun tapi kita akan terus menjadi media referensi bangsa akan bertahan berkelanjutan buat masyarakat Indonesia," tandasnya. (OL-6)
 

Baca Juga

ANTARA/ Nova Wahyudi

Sinergitas Mutlak Dibutuhkan untuk Capai Herd Immunity

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Selasa 26 Januari 2021, 09:40 WIB
Beberapa polemik harus segera diatasi oleh pemerintah dengan bijak, mengingat tantangan program vaksinasi adalah masih banyaknya masyarakat...
Ist

Presiden Jokowi Ajak Dunia Kerja Bersama Adaptasi Perubahan Iklim

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 26 Januari 2021, 09:37 WIB
Presiden RI Joko Widodo Imengajak negara-negara di dunia untuk bekerja keras bersama-sama atasi perubahan iklim sekaligus pandemi...
MI/Biro Pers Sekretariat Presiden

Presiden Serukan Langkah Global Tangani Dampak Perubahan Iklim

👤Andhika Prasetyo 🕔Selasa 26 Januari 2021, 09:30 WIB
Perubahan siklus iklim yang terjadi membuat para petani dan nelayan di Tanah Air harus...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya