Minggu 20 Desember 2020, 17:35 WIB

Ini Cara Badan POM Cegah Transmisi Covid-19 Lewat Makanan Beku

Atalya Puspa | Humaniora
Ini Cara Badan POM Cegah Transmisi Covid-19 Lewat Makanan Beku

Antara
Ilustrasi

 

BADAN Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) memastikan bahwa pihaknya berupaya untuk mencegah terjadinya transmisi virus covid-19 lewat makanan dengan melakukan pengawasan yang ketat.

"Badan POM selalu mengawasi peredaran pangan. Dalam hal ini, tupoksi BPOM ada di pengawasan premarket dan post market," kata Direktur Registrasi Pangan Olahan Badan POM, Anisyah dalam Focus Group Discussion (FGD) yang diadakan Media Indonesia secara virtual, Sabtu (19/12).

Anisyah menjelaskan, di tahap premarket, Badan POM memiliki tigas untuk melakukan evaluasi sebelum produk diedarkan ke masyarakat. Selain itu, di post market, Badan POM melakukan sampling produk yang beredar untuk menguji aspek keamanan, mutu, dan gizinya.

"Di premarket dan postmarket dilakukan pemeriksaan dari sarana produksi maupun distribusi. Kita juga mengawasi dari aspek keamanan mutu, gizi, juga terkait label iklannya," bebernya.

Terkait dengan isu pangan beku Indonesia yang ditolak Tiongkok pada September 2020 lalu karena adanya indikasi temuan virus covid-19, Anisyah menjelaskan bahwa sampai saat ini WHO dan berbagai badan kesehatan di dunia tidak mengeluarkan statemen bahwa makanan dapat menjadi media penularan covid-19 ke manusia.

"Kita tahu di otoritas kesehatan di banyak negara seperti Amerika, Eropa, dan Australia, pangan bukan jadi penularan covid. WHO pun mengatakan demikian," ungkap Anisyah. (H-2)

 

Baca Juga

ANTARA/Muhammad Adimaja

Olahraga Bantu Anak Tahan Lama Belajar

👤Basuki Eka Purnama 🕔Kamis 20 Januari 2022, 12:16 WIB
"Penelitian menunjukkan, dengan olahraga, fokus belajar menjadi lebih baik, stamina jadi lebih bagus sehingga anak betah berlama-lama...
Dok UPH

Profesor Baru di Lingkungan LLDikti Wilayah III: Inspirasi dan Pencerah untuk Indonesia

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 20 Januari 2022, 11:49 WIB
Guru Besar merupakan jabatan akademik tertinggi dalam dunia pendidikan tinggi yang diberikan oleh pemerintah kepada dosen yang sudah...
Dok Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Sumatera Utara (USU).

Mahasiswa Bangun Sinergi Wujudkan Visi Indonesia Emas Jokowi

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 20 Januari 2022, 11:39 WIB
Perlu adanya peran aktif dari generasi muda terutama mahasiswa untuk merealisasikan visi besar Presiden Jokowi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya