Minggu 29 November 2020, 20:54 WIB

Sindir Rizieq, Mahfud: Warga yang Baik Taat Protokol Kesehatan

Cahya Mulyana | Humaniora
Sindir Rizieq, Mahfud: Warga yang Baik Taat Protokol Kesehatan

Antara/Asprilla Dwi Adha
Pimpinan FPI Rizieq Shihab berada di antara kerumunan orang yang menjemputnya

 

MENTERI Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan Mahfud MD menegaskan setiap warga negara mesti menaati protokol kesehatan. Terlebih terindikasi atau mengalami gejala covid-19 maka harus mengikuti tes, tracing dan treatment sesuai peraturan kesehatan.

"Dalam situasi penularan covid-19 yang masih terjadi setiap warga negara hendaknya menjalankan protokol kesehatan termasuk secara sukarela untuk dites, ditelusuri kontak eratnya serta bersedia menjalani perawatan atau karantina jika positif tertular virus korona," papar Mahfud di Kantor Badan Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB) Jakarta, Minggu (29/11).

Penekanan Mahfud tersebut menyusul kasus pimpinan Front Pembela Islam Rizieq Shihab yang kabur dari Rumah Sakit Ummi, Bogor, Jawa Barat.

Menurut Mahfud, protokol kesehatan berlaku bagi setiap warga negara tanpa memandang status ekonomi, politik juga sosial. Bahkan sebaliknya, tokoh masyarakat mesti memberi contoh kepada masyarakat dalam mencegah dan menanggulangi covid-19.

Baca juga : Satgas Covid-19 Sesalkan Sikap Rizieq yang tak Kooperatif

"Pelaksanaan 3T (testing, tracing, treatment) di samping upaya pencegahan melalui 3M, merupakan tindakan kemanusiaan dan nondiskriminatif sehingga siapapun wajib mendukungnya," tegas dia.

Pelaksanaan 3T dilaksanakan oleh petugas kesehatan yang dapat mengakses informasi dan data pasien maupun kontak eratnya dalam rangka mencegah terjadinya penularan. Data tersebut tidak untuk disebarkan kepada publik melainkan hanya untuk kepentingan penanganan kasus.

"Kami sangat menyesalkan sikap saudara M. Rizieq Shihab yang menolak untuk dilakukan penelusuran kontak mengingat pernah melakukan kontak erat dengan pasien covid-19. Kami meminta sekali lagi kepada masyarakat luas, siapapun itu, untuk kooperatif sehingga penangangan covid-19 berhasil," pungkasnya. (OL-7)

Baca Juga

MI/Insi Nantika Jelita

Sandiaga Donor Plasma Konvalesen untuk Pasien Covid-19

👤Insi Nantika Jelita 🕔Rabu 27 Januari 2021, 14:25 WIB
MENTERI Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno melakukan donor plasma konvalesen di Kantor Palang Merah Indonesia (PMI),...
Medcom.id

Rusak Hutan, Wakil Ketua DPRD Takalar Dijerat Pidana Berlapis

👤 Atalya Puspa 🕔Rabu 27 Januari 2021, 13:57 WIB
Penyidik menduga perbuatan tersangka HJB yaitu menebang pohon tanpa memiliki hak atau izin dari pejabat...
Ist

Prambors Dukung Kaum Muda Melalui Prambors Mendadak Sepedahan Lagi

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 27 Januari 2021, 13:37 WIB
Sebagai radio anak muda pertama dan terbesar di Indonesia, Prambors selalu menjadi trendsetter gaya hidup anak muda melalui...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya