Senin 23 November 2020, 08:00 WIB

Internet Wujudkan Desa Berdikari di Sumbawa

mediaindonesia.com | Humaniora
Internet Wujudkan Desa Berdikari di Sumbawa

MI/Susanto

 

Ketua Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Mansur menunjukkan benih padi yang ia semai untuk kemudian dijual secara online memanfaatkan jaringan layanan internet di Kantor Desa Kalimantong, Brang Ene, Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat, Senin (12/10)


EKSPEDISI Bakti untuk Negeri Nusa Tenggara telah tiba di Sumbawa, Nusa Tenggara Barat. Kali ini, tim ekspedisi menelusuri pemanfaatan internet untuk membangun desa berdikari, yakni di Desa Kalimantong.

Hadirnya internet di desa ini memberikan sejumlah kemajuan. Salah satunya terhadap aktivitas di kantor desa.

Menurut Sekretaris Desa Kalimantong Hasanuddin Karing, sebelum ada internet, segala proses administrasi dilakukan secara manual. “Semakin ke sini (dengan) ada teknologi (internet), 80% pekerjaan itu aksesnya pakai wifi,” katanya.

Kantor Desa Kalimantong menjadi salah satu fasilitas publik yang mendapatkan bantuan internet dari Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (Bakti) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo). Di sini, akses wifi sudah dapat diakses sejak 2019.

“Internet di kantor desa ini berguna pertama untuk e-billing pajak. Dengan adanya akses internet dari Bakti, kita tidak perlu lagi ke warnet atau tempat lain hanya untuk berpajak. Pekerjaan juga jadi lebih mudah karena tidak perlu meninggalkan kantor desa,” ungkap Hasanuddin.

“Terus dulunya kami bisa memakan waktu tiga hari untuk (dapat) informasi dari luar daerah, sekarang tinggal klik, informasinya langsung kita ketahui. Informasi dari pusat pun hari ini keluar, kita langsung kita bisa akses,” tambahnya.

Akses internet gratis yang tersedia di Kantor Desa Kalimantong juga biasa dimanfaatkan anak-anak sekitar untuk belajar daring. Anak-anak ini biasa berkumpul di aula desa pada malam hari untuk belajar baik secara mandiri maupun berkelompok.

Pada 2020, Bakti Kominfo telah memasang akses internet (Aksi) bidang pendidikan di 159 lokasi di Pulau Sumbawa. Adapun sebanyak 46 BTS juga sudah dibangun Bakti Kominfo di Pulau Sumbawa pada  2020. Total ada 274 akses internet yang sudah dibangun untuk berbagai sektor dan 28 di antaranya dibangun untuk pusat kegiatan masyarakat.

Sektor lain yang menerima manfaat internet di Desa Kalimantong adalah pertanian. Di sini, internet berdampak positif untuk produktivitas pertanian yang dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Sinar Makmur.

Adapun jenis usaha yang sampai saat ini dikoordinasi oleh Bumdes Sinar Makmur ialah pengadaan pupuk untuk petani. Kepala Desa Kalimantong, Ayubar, menyebut bahwa internet telah digunakan untuk pemasaran produk Bumdes, yakni melalui media sosial seperti Facebook.

Sementara menurut Ketua Bumdes Kalimantong, ­Mansyur, penggunaan internet telah mempermudah transaksi, di samping mobilitas yang semakin lancar.

“Kami mengucapkan banyak terima kasih kepada Bakti Kominfo. Internet gratis sangat menunjang kegiatan Bumdes Sinar Makmur dalam kegiatan usaha setiap harinya,” ungkapnya.

Staf Ahli Kementerian Kominfo Henri Subiakto mengatakan bahwa ­e-government atau pemerintahan berbasis internet harus ditunjang ketersediaan internet dari pusat sampai ke pemerintahan terkecil, yakni desa.

“Di desa itu banyak (perannya), terkait administrasi kependudukan, pelayanan pemerintahan, termasuk laporan-laporan dari pemerintah desa ke kecamatan dan seterusnya, itu bagian dari e-government. Nah itu yang ingin kita fasilitasi,” katanya.

Menurutnya, kecepatan informasi di desa diperlukan supaya sistem pemerintahan berjalan lebih baik dan lebih efektif untuk pelayanan publik. Karena itu, lanjutnya, idealnya semua desa di Indonesia yang berjumlah sekitar 83 ribu itu semuanya harus ditunjang fasilitas internet.” pungkasnya. (Ifa/S2-25)

     

Baca Juga

MI/Solmi

Satgas Minta Paslon Kepala Daerah Kampanyekan Prokes

👤Nur Azizah 🕔Jumat 04 Desember 2020, 08:17 WIB
"Patuhi protokol kesehatan dalam berkampanye, bersikaplah dengan penuh tanggung jawab dan jangan melakukan kegiatan kampanye yang...
MI/USMAN ISKANDAR

Internet Bantu Perkenalkan Budaya dan Pariwisata Tana Toraja

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 04 Desember 2020, 08:00 WIB
Tempat pertama yang disinggahi ialah Desa Kete Kesu. Ini merupakan salah satu destinasi wisata yang berada di Kabupaten Toraja...
ANTARA/Siswowidodo

Satgas Covid-19 Minta Masyarakat Disiplin 3M Selama Libur Panjang

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Jumat 04 Desember 2020, 07:34 WIB
"Setiap periode libur panjang berlangsung, panen kasus pasti akan terjadi pada 10-14 hari...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya