Sabtu 21 November 2020, 20:25 WIB

Pandemi Covid-19 Percepat Akselerasi Digital

Faustinus Nua | Humaniora
Pandemi Covid-19 Percepat Akselerasi Digital

Kemenkominfo
Menkominfo Johnny G Plate

 

MENTERI Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate mengatakan pandemi Covid-19 telah mendorong pemerintah untuk mempercepat akselerasi digital dari target sebelumnya. Pasalnya, akselerasi digital yang semula ditargetkan hingga 2027, dapat dituntaskan hanya dalam satu kuartal yakni kuartal ke-4 2020.

"Atau dengan kata lain, road map (peta jalan) yang ditargetkan hingga 2027 ternyata dengan Covid-19 bisa dilakukan akselerasi. Hanya dengan satu kuartal seluruh fasilitas kesehatan ini bisa diberikan fasilitas internet," ungkapnya dalam sabutan virtual pada HUT RSCM ke-101 tahun, Sabtu (21/11).

Johnny menjelaskan bahwa penyediaan akses internet akan dipenuhi hingga tahun 2027. Namun dalam pembahasan bersama di Kememterian Koordinator Kemaritiman dan Investasi, Johnny meminta agar target itu dipercepat. Permintaanya pun disetujui pemerintah mengingat di masa pandemi penggunaan ruang digital meningkat hingga 10 kali lipat.

"Dan untuk itu saya berterima kasih kepada Mekeu yang begitu sigap memberi perrsetuajuannya untuk meyediakan akses internet di 3.126 puskemas dan fasilitas kesehatan di seluruh Tanah Air pada kuarta ke-4 2020," tuturnya.

Johnny berharap agar peningkatan infrastruktur teknologi dan informasi semua pihak, khususnya sektor kesehatan benar-benar dimanfaatkan. Inovasi teknologi medis menjadi sangat penting dan didikung sepenuhnya oleh pemerintah.

Terkait aplikasi telemedis atau telekonsultasi yang diluncurkan RSCM, Kominfo mengapresiasi. RSCM sebagai rumah sakit rujukan bisa memimpin inonasi digital di sektor kesehatan di Indonesia. (R-1)

Baca Juga

ANTARA/Fakhri Hermansyah

Kemendikbud: Pembelajaran Tatap Muka 2021 Bagi Sekolah yang Siap

👤Syarief Oebaidillah 🕔Selasa 01 Desember 2020, 18:30 WIB
 Pembelajaran tatap muka bukan diwajibkan namun dimungkinkan dengan memenuhi seluruh syarat yang ditetapkan dalam SKB 4...
Istimewa

PFN Gelar VVF 2020 Picu Kreatifitas Perempuan saat Pandemi

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 01 Desember 2020, 18:05 WIB
PERUSAHAAN Umum Produksi Film Negara kembali menggelar Vital Voices Festival 2020 bertema Percepatan Pemulihan Ekonomi Bersama...
DOK Sinar Mas Land

Universitas Asing Pertama di RI, Monash University Pilih BSD City

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 01 Desember 2020, 17:18 WIB
Institusi perguruan tinggi tersebut tahun ini berhasil menduduki peringkat 55 dunia berdasarkan QS World University...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya