Rabu 18 November 2020, 10:00 WIB

196 Peserta Semarakkan Event Enordic 2020 Secara Virtual 

mediaindonesia.com | Humaniora
196 Peserta Semarakkan Event Enordic 2020 Secara Virtual 

Ist
Ajang Enordic 2020 yang dilaksanakan secara virtual.

 

MINGGU (15/11/2020) sejak pukul 10.00 waktu Indonesia bagian barat, digelar acara penutupan Enordic 2020 melalui virtual  untuk mengumumkan para pemenang seluruh kategori yang di perlombakan dalam ajang Enordic 2020.

Event mulai diselenggarakan oleh KJNI (Komunitas Jalan Nordic Indonesia) bertujuan untuk  mempererat tali silaturahmi dan semangat untuk tetap hidup sehat dikala pandemic Covid-19.

Event ini juga di laksanakan bertepatan di antara dua tanggal bersejarah untuk Indonesia yaitu di mulai pada 28 Oktober yang bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda, dan berakhir pada 10 November yang bertepatan dengan Hari Pahlawan.

Selain itu, event ini juga tentunya sesuai dengan semangat yang diusung untuk selalu sehat, segar dan selaras merupakan pedoman yang menjadi tujuan utama dari KJNI.

Acara ini juga di sambut dengan antusias oleh seluruh anggota KJNI yang saat ini berkisar lebih dari 300 anggota dan tersebar di beberapa kota di Indonesia dengan basis terbesar masih didominasi oleh Jakarta dan Jogjakarta.  

Dalam sambutanya, Ketua KJNI Pusat Andi Ilham Said atau yang akrab disapa Ais menyampaikan bahwa peserta yang mendaftar sebanyak 196 peserta yang akhirnya bertahan kepesertaannya sejumlah 176 orang sampai dengan kurun waktu 14 hari.

Sebanyak  176 peserta terdiri dari 47 putra dan 129 Putri  dengan berbagai tingkatan usia dari 18 tahun sampai dengan 82 tahun, luar biasanya lagi bahwa peserta yang mengikuti Enordic 2020 ini bukan hanya berasal dari dalam negeri, bahkan ada enama peserta yang berasal San Fransisco, Amerika Serikat dan Kanada.

Ketua Penyelenggara Enordic 2020, Novrizald Patterson, menjelaskan bahwa event kali ini dibagi menjadi tiga kategori yaitu kategori jalan terjauh akumulatif selama 14 hari sejak tanggal 28 oktober sampai dengan 10 November 2020  dengan jarak tempuh 10 KM, 20KM dan Marathon 42,195 KM  dan dengan  jarak yang sama juga di perlombakan jarak terjauh harian masing masing kategori.

Selain itu Enordic 2020 juga memberikan penghargaan kepada peserta senior yaitu peserta dengan usia  3 orang tertua yang mengikuti acara ini,kompetisi foto story terbaik dan video terbaik juga menjadi ajang yang diperlombakan.

Pada puncaknya diumumkan peraih piala bergilir yang di bagi menjadi dua kategori, jarak terjauh over all semua kategori dan jarak terjauh harian over all semua kategori.

Acara penutupan Enordic 2020 juga meriahkan berbagai hadiah hiburan yang dipersembahkan para sponsor yaitu SIM Group, Link Aja dan YM Derek dan tentunya plakat untuk para pemenang tahun 2020 ini.  

Pembina KJNI, Sumartoyo, mengatakan bahwa hasil dari kompetisi ini sangat di luar ekpektasi yaitu peraih jalan terjauh Putra 10 km yang diraih Lukman Kudonarpodo dari Yogyakarta  mengantongi jarak 51,61 km dan jarak terjauh putri yang di raih oleh Rusmini dari Yogyakarta juga mengantongi jarak terjauh 55,68 km.

Untuk kategori 20 km pemenang putra diraih Djarot Suprianto dari Tanggerang dengan perolehan jarak terjauh 193,21 km dan  pemenang putri  di kategori 20 km diraih oleh Enny Nuzuliani dengan perolehan jarak tempuh 117,69 Km dan keduanya merupakan pasangan suami istri dari asal tanggerang.

Untuk kategori marathon yang merupakan kategori dengan target terjauh  yaitu 42,195 km diraih oleh pemenang putra dengan jarak perolehan 241,22 km yaitu Jarwo dan pemenang putri yang tidak lain merupakan istrinya dengan perolehan jarak 155,75 km.

Untuk pemenang piala bergilir dengan kategori jarak terjauh over all diraih oleh Jarwo dengan jarak tempuh 241,22 km dan kategori terjauh harian di menangkan oleh Dono Suryanto dengan jarak tempuh 50,18 km dalam satu hari.

Dengan hasil yang diperoleh ini akan menjadi data yang dapat patok sebagai handicap masing masing peserta yang akan segera di rumuskan oleh tim KJNI Pusat sebagai data resmi untuk digunakan dalam ajang kompetisi selanjutnya.

Harapan dari para peserta baik dari anggota maupun para pendatang baru di Nordic walking ini bahwa event ini dapat menjadi event yang secara rutin dapat dilakukan untuk selalu menjaga semangat untuk hidup sehat, bugar dan selaras.

Tentunya para anggota menunggu gebrakan selanjutnya dari KJNI pusat maupun daerah sebagai eksistensi olahraga ini dapat dilihat oleh Indonesia terutama pemerintah pusat  sebagai olahraga yang layak dipertandingkan baik di event regional, nasional maupun internasional. (RO/OL-09)

 

 

Baca Juga

organicfacts.net

Dua Dokter Berkolaborasi Mengubah Standar Kecantikan

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 28 Mei 2022, 21:28 WIB
Kami ingin mengubah sudut pandang orang nggak ada yang instan dan cantik nggak harus...
ANTARA FOTO/Galih Pradipta

Lima Provinsi Penyumbang Kasus Harian Covid-19 Terbanyak

👤Fachri Audhia Hafiez 🕔Sabtu 28 Mei 2022, 21:10 WIB
DKI Jakarta menjadi provinsi penyumbang kasus terbanyak dengan jumlah 104 orang. Terdiri dari 92 kasus penularan lokal dan 12 kasus dari...
ANTARA FOTO/Nova Wahyudi

Banyak CPNS Mengundurkan Diri, Sosiolog: Lulusan Terbaik Enggan jadi PNS

👤Indriyani Astuti 🕔Sabtu 28 Mei 2022, 19:58 WIB
Budaya kerja birokrasi yang penuh penyimpangan anggaran serta sistem karir yang politis dan kolusi juga menurutnya menjadi faktor...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya