Rabu 28 Oktober 2020, 14:25 WIB

Digitalisaasi Siaran Indonesia Perlu Didukung Regulasi

Theofilus Ifan Sucipto | Humaniora
Digitalisaasi Siaran Indonesia Perlu Didukung Regulasi

Ilustrasi
Penyiaran

 

KOMISI Penyiaran Indonesia (KPI) memperkirakan digitalitasi penyiaran Indonesia rampung pada 2022. Namun ada sejumlah hal yang perlu dibenahi agar digitalisasi betul-betul menguntungkan Indonesia.

‘’Undang-undang digital masuk ke omnibus law dan TV digital akan muncul di Indonesia paling lambat 2022,’’ kata Komisioner KPI Pusat, Yuliandre Darwis, dalam webinar daring bertajuk Pemuda Maju, Memajukan Indonesia, Rabu (28/10).

Yuliandre menjelaskan nantinya TV digital menghasilkan kualitas siaran dan suara yang jernih. Sehingga masyarakat tidak perlu khawatir tayangannya terganggu saat sedang menonton.

Cita-cita tersebut, kata Yuliandre, perlu pembenahan sejak dini. Salah satunya terkait regulasi ekonomi siaran TV digital. Yuliandre memastikan kewenangan KPI Pusat bukan menentukan konten digital apa yang boleh dan tidak boleh.

‘’Bukan konten kreatifnya yang diawasi tapi pengaturan ekonominya,’’ terang dia.

Baca juga : Generasi Muda Jadi Kunci Keberhasilan Restorasi Lahan Gambut

Yuliandre mencontohkan nantinya TV digital bisa diisi oleh penyedia layanan asing seperti Netflix dan Disney Hotstar. Indonesia akan menyiapkan regulasi agar memungkinkan tayangan production house (PH) Indonesia masuk ke dua platform tersebut.

‘’Ini ruang geodigital kita dan kasih porsi ke Indonesia. Jangan sampai konten (platform asing) melecehkan Indonesia,’’ tutur Yuliandre.

Menurut Yuiandre, penyusunan regulasi harus dimulai sejak dini agar memudahkan pengaturan. Dia menyebut peraturan lebih sulit dilaksanakan jika TV digital kadung bertumbuh pesat.

‘’Harus ada komunikasi soal hukumnya gimana karena kalau sudah tumbuh dan berkembang, sudah susah mengaturnya,’’ kata dia.  (OL-2)

 

Baca Juga

Ist

Jemaah Haji yang Merokok di Masjid Nabawi Akan Didenda

👤Naufal Zuhdi 🕔Senin 29 Mei 2023, 17:52 WIB
Jemaah haji Indonesia diharap untuk memperhatikan kawasan larangan merokok di tanah...
Harris Hotel Semarang

Harris Hotel Semarang Gelar Pekan Apresiasi dan Peningkatan Kualitas Pelayanan

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 29 Mei 2023, 16:45 WIB
'Ascott Moment Week 2023' merupakan program tahunan The Ascott Limited yang wajib diikuti oleh property dan cluster di seluruh...
Pexels

BKKBN: Lansia Tangguh Bisa jadi Bonus Demografi

👤Dinda Shabrina 🕔Senin 29 Mei 2023, 16:20 WIB
PARA penduduk lanjut usia (lansia) di Indonesia bisa menjadi bonus demografi, seiring dengan meningkatnya usia harapan hidup menjadi 74...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya