Selasa 27 Oktober 2020, 00:02 WIB

Animakini 2020 IKJ Digelar Secara Daring

Syarief Oebaidillah | Humaniora
Animakini 2020 IKJ Digelar Secara Daring

Dok Animakini 2020
Ilustrasi

 

AJANG Animasi Cikini (Animakini) yang merupakan ajang rutin tahunan Fakultas Seni Rupa (FSR) Institut Kesenian Jakarta (IKJ) sejak 2017 kembali digelar. Namun, untuk tahun ini ajang tersebut digelar secara daring di tengan pandemi Covid-19.

Kegiatan Animakini 2020 semakin beragam dan meriah dengan berbagai rangkaian acara yang berlangsung sejak 8 Oktober hingga 28 Oktober 2020. Pada tahun ini Animakini mengangkat tema “Animasi Indonesia, Meski Berjarak Tetap Bergerak”.

Rektor IKJ, Dr. Indah Tjahjawulan mengutarakan ada yang berbeda pada Animakini 2020. “Di saat pandemi Covid-19, kegiatan ini harus dilaksanakan secara daring. Semuanya harus berjarak, Animasi Indonesia harus tetap bergerak dengan beragam rangkaian acara di Animakini 2020," kata Indah Tjahjawulan, Senin (26/10).

Di tahun keempat pelaksanaan, Indah berharap kegiatan Animakini tetap berkelanjutan dan ke depannya menitikberatkan pada forum temu para pelaku ekosistem animasi di Indonesia.

"Semoga program tahunan ini menjadi sarana dan wadah untuk berbagi pengetahuan tentang perkembangan animasi di Indonesia. Juga sebagai sarana mensosialisasikan perkembangan ekosistem animasi di Indonesia kepada pelajar tingkat bangku sekolah hingga perguruan tinggi terkait kajian maupun produksi," papar Indah.

Sementara itu, Ketua Animakini 2020, Ehwan Kurniawan mengungkapkan setelah tiga tahun penyelenggaraan, Animakini telah memberikan banyak catatan menggembirakan terhadap perkembangan animasi di Indonesia, baik dari segi prestasi dan sumber daya manusia, maupun sebagai sebuah industri produk, jasa, serta distribusinya. Selaian itu kolaborasi kerja antarkampus dan studio animasi untuk menghasilkan karya animasi mulai terlihat

Lebih lanjut, Ehwan menambahkan ada yang spesial di Animakini 2020, yaitu kolaborasi nonton animasi indonesia secara daring selama sebulan melalui media youtube. “Kolaborasi ini bertujuan untuk membuat jejaring kerja antar wilayah, sekolah, akademik, industri, pemerintah dan komunitas melalui kolaborasi antar kampus dan SMK untuk mengajak Nonton Bareng Animasi Indonesia Sebulan," ujarnya. (RO/R-1)

Baca Juga

dok.muhammadiyah

Muhammadiyah: Ingat Disiplin Prokes Saat Idul Fitri Jangan Kendor

👤Emir Chairullah 🕔Jumat 07 Mei 2021, 21:12 WIB
PENGURUS Pusat Muhammadiyah meminta masyarakat untuk selalu menerapkan protokol kesehatan (prokes), baik dalam kegiatan kemasyarakatan...
DOK Pribadi.

Bangunan Hijau Dibutuhkan untuk Pengurangan Emisi

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 07 Mei 2021, 21:06 WIB
Padahal diperlukan tingkat keahlian tertentu untuk bisa menjadi Konsultan Sertifikasi Bangunan...
ANTARA

PBNU Imbau Masyarakat Tak Mudik, Silaturahmi Virtual

👤Dhika Kusuma Winata 🕔Jumat 07 Mei 2021, 20:30 WIB
PENGURUS Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) mengajak seluruh masyarakat dan warga NU untuk tidak mudik jelang Hari Raya Idul...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Kualitas Kompetisi Harus Ditingkatkan

Regulasi yang dibuat operator dan regulator harus bisa meningkatkan standar liga dan klub

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya