Kamis 27 Agustus 2020, 23:27 WIB

Telkomsat Bantu Pembelajaran Jarak Jauh Lewat Jaringan Satelit

Ghani Nurcahyadi | Humaniora
Telkomsat Bantu Pembelajaran Jarak Jauh Lewat Jaringan Satelit

Dok. Telkmsat
Bantuan telkomsat untuk SMPN Leuwiliang

 

PEMBELAJARAN jarak jauh yang menggunakan akses internet menjadi tantangan tersendiri di Indonesia karena belum meratanya akses internet di sejumlah wilayah. Masih ada daerah yang tidak terjangkau internet (blank spot), sehingga kesulitan menerapan pembelajaran daring.

Hal itu jadi perhatian Telkomsat yang merupakan anak perusahaan PT. Telkom yang salah satu bidang usahanya ialah mengelola satelit milik Telkom. Telkomsat membantu sekolah di Indonesia dengan menyediakan akses internet satelit Mangoesky dengan kuota 10 gigabita perbulan dan kecepatan akses 6 megabita per detik (Mbps).

Sekolah pertama yang dibantu ialah SMPN 4 Leuwiliang, Kampung Angsana, Desa Cibeber, Bogor, Jawa Barat. Bantuan itu merupakan bagian dari tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) Mangoesky Merah Putih Telkomsat.

"Kami berharap kedepannya Telkomsat dapat menjadi role model atau project percontohan bagi Perusahaan/Yayasan atau Individu yang ingin berkontribusi untuk turut serta memajukan dunia pendidikan di Indonesia melalui penyediaan Internet Mangoesky di daerah blank spot," kata Endi Fitri Herlianto, Direktur Utama Telkomsat.

Baca juga : Bantuan PKH Dilarang untuk Beli Kuota Internet

Direktur Enterprise & Business Service PT Telkom Indonesia Edi Witjara mengatakan, Telkom Group akan terus berupaya membangun dunia pendidikan Indonesia yang telah dilakukan sejak lama melalui berbagai program berbasis digital seperti Internet Goes to School, Indonesia Digital Learning dan lainnya.

Kepala Sekolah SMPN 4 Leuwiliang Juwariah mengapresiasi bantuan jaringan internet yang disediakan oleh Telkomsat untuk membantu pembelajaran jarak jauh siswanya.

"Apa yang dilakukan Telkomsat sangat membantu dalam proses belajar mengajar di sekolah kami, terutama dimasa pandemi ini, yang menerapkan lebih banyak belajar dengan metode daring atau online, dan berharap internet satelit dari Telkomsat dapat juga diberikan kepada sekolah-sekolah lainnya di wilayah Leuwiliang," ungkap Juwariah. 

Program perdana CSR Mangoesky Merah Putih ini nantinya akan lebih dikembangkan untuk memberikan bantuan layanan akses internet Mangoesky ke sekolah-sekolah lainnya yang berada di daerah terpencil dan area blank spot. (RO/OL-7)

Baca Juga

AFP/DAVID MAREUIL

Menlu Retno Ajak WNI Berikhtiar Atasi Pandemi

👤Basuki Eka Purnama 🕔Kamis 13 Mei 2021, 09:10 WIB
Menlu Retno mengungkapkan harapan agar tahun ini menjadi tahun terakhir umat Muslim merayakan Idul Fitri di tengah...
ANTARA/R Rekotomo

Khotbah Salat Id, Direktur Amnesty Singgung Tes Wawasan Kebangsaan

👤Tri Subarkah 🕔Kamis 13 Mei 2021, 09:03 WIB
Usman mengingatkan hawa nafsu kadang kali tidak datang dari hal-hal yang bersifat negatif, melainkan juga hal yang dirasa...
Ant/Rangga Pandu Asmara Jingga

Wapres Salat Id dengan Protokol Kesehatan Ketat

👤Basuki Eka Purnama 🕔Kamis 13 Mei 2021, 08:58 WIB
Wapres Ma'ruf Amin juga tidak melaksanakan gelar griya atau open house pada Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1442...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Toleransi tak Pernah Putus di Adonara

Bencana membuat masyarakat Adonara semakin rukun. Ramadan lebih mempersatukan mereka.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya