Selasa 25 Agustus 2020, 00:33 WIB

Sambut Bulan Kelahiran Nabi Muhammad, Lomba Membaca Digelar

Syarief Oebaidillah | Humaniora
Sambut Bulan Kelahiran Nabi Muhammad, Lomba Membaca Digelar

Dok. Pribadi
Pengumuman Lomba Membaca Kehidupan Rasullullah SAW

 

OKTOBER-November mendatang bertepatan dengan bulan Rabiul Awal dalam penanggalan Hijriah. Bulan itu menjadi bulan kelahiran Nabi Muhammad SAW. Menyambut bulan kelahiran Nabi Besar Umat Islam Itu, Majalah Mata Air menggelar lomba bertajuk Semua Membaca Kehidupan Rasulullah yang memperebutkan hadiah dengan total Rp60 juta.

Ketua Pelaksana Program Tegar Rezavie Ramadhan mengatakan, perlombaan itu dapat berkontribusi dalam meningkatkan budaya literasi masyarakat Indonesia/ Selain itu juga meneladadi kehidupan Nabi Muhammad SAW.

Pendaftaran lomba dimulai pada 17 Agsutus-6 September mendatang dengan perlombaan dimulai pada 7 September hingga 24 Oktober 2020. Peserta bisa mendaftar di laman Majalah Mata Air.

Selain lomba, juga ada seminar yang digelar sebanyak 4 kali. Setelah proses membaca selesai, ujian secara daring akan digelar pada 25 Oktober dan pemenang akan diumumkan tepat pada peringatan Maulid Nabi, 1 November mendatang.

Dia menambahkan buku yang diujikan terdapat dua pilihan yakni Cahaya Abadi Muhammad SAW Kebanggaan Alam Semesta Jilid 1, karya Muhammad Fethullah Gulen dan Sirah Nabawiyah, karya Syekh Shafiyurrahman al Mubarakfuri.

Peserta dapat memilih salah satu dari judul buku tersebut untuk dibaca. Pada waktu ujian 25 Oktober 2020, peserta dapat memilih soal sesuai buku yang dibaca.

"Kami menargetkan dapat melibatkan 10.000 peserta yang serentak dalam kurun waktu 17 Agustus hingga 24 Oktober 2020 program membaca kehidupan Rasulullah ini."

Baca juga : Dosen UNJ Gelar Workshop Virtual Untuk Warga

Pimpinan Redaksi Majalah Mata Air, Astri Katrini Kalafta, mengatakan hingga saat ini sudah ribuan peserta yang melakukan pendaftaran.

"Alhamdulillah, saat ini sudah ribuan peserta yang mendaftar. Saya yakin, target kami 10.000 peserta akan tercapai," kata Astri.

Untuk juara absolut peringkat pertama akan mendapatkan hadiah uang tunai sebesar Rp10 juta, juara absolut peringkat kedua akan mendapatkan uang tunai sebesar Rp7 juta, juara absolut peringkat ketiga akan mendapatkan uang tunai sebesar Rp5 juta.

Sementara, peringkat 4 sampai 13, masing-masing akan mendapatkan uang tunai sebesar Rp2 juta. Peringkat 14 sampai 23, masing-masing uang tunai sebesar Rp1 juta. Peringkat 24 sampai 34, masing-masing uang tunai sebesar Rp500.000.

Astri mengatakan. sejak dahulu literasi membaca masyarakat Indonesia sangat tinggi. Terbukti banyak tokoh besar Indonesia sangat gemar membaca, seperti: Soekarno, Mohammad Hatta,, R Kartono, RA Kartini, KH Agus Salim, Buya Hamka dan lainnya.

Dikatakan, serat menak yang tersimpan di Inggris merupakan peninggalan sejarah Indonesia. Serat yang berisi ribuan halaman tersebut dibawa ke Inggris oleh Gubernur Jenderal Thomas Stamford Raffles saat menguasai Indonesia.

"Dengan begitu  sejak dulu masyarakat Indonesia itu suka membaca dan menulis. Serat menak ini bukti budaya literasi membaca masyarakat dahulu sangat tinggi,” ungkapnya. (Ant/OL-7)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Dedhez Anggara

89.715 Jemaah Sudah Melunasi Bipih dan Siap Berangkat ke Tanah Suci

👤M Iqbal Al Machmudi 🕔Sabtu 21 Mei 2022, 11:04 WIB
“Sampai ditutup kemarin sore, total 89.715 jemaah telah melakukan pelunasan dan konfirmasi keberangkatan. Artinya, sudah 97,26% dari...
Dok Kemenag

Gus Yaqut Bertemu Menteri Haji Arab Saudi Bahas Persiapan Haji

👤M Iqbal Al Machmudi 🕔Sabtu 21 Mei 2022, 10:46 WIB
Yaqut menyampaikan kehadirannya di Jeddah atas arahan dari Presiden Joko Widodo. Tujuannya, untuk memastikan kesiapan dan kualitas layanan...
AFP

Kapan Orang Sehat Perlu Buang Air Kecil?

👤Muhamad Fauzi 🕔Sabtu 21 Mei 2022, 09:45 WIB
DORONGAN untuk buang air kecil dimulai saat kandung kemih terisi sekitar 0,8-1,5 cangkir (200 hingga 350...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya