Kamis 06 Agustus 2020, 20:37 WIB

Ulang Tahun Ke-63, LAN Gelar Peringatan secara Virtual

mediaindonesia.com | Humaniora
Ulang Tahun Ke-63, LAN Gelar Peringatan secara Virtual

Dok.LAN
Kepala LAN Dr. Adi Suryanto, M.Si saat Peringatan Hari Ulang Tahun ke-63 LAN secara virtula di Jakarta, Kamis (6/8).

 

PERINGATAN Hari Ulang Tahun (HUT) Lembaga Administrasi Negara (LAN) tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Kali ini perayaan HUT LAN di masa pandemi diselenggarakan secara virtual.

Di usianya yang menginjak 63 tahun, LAN senantiasa hadir untuk negeri dan terus membangun serta meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) bagi Aparatur Sipil Negara (ASN). Masa pandemi Covid-19 menjadi tantangan bagi LAN, bangsa ini, dan semua negara untuk bekerja lebih keras menemukan solusi agar situasi dapat kembali normal seperti sedia kala.

Hal tersebut disampaikan Kepala LAN Dr. Adi Suryanto, M.Si dalam sambutannya pada acara Peringatan Hari Ulang Tahun ke-63 LAN, Jakarta, Kamis (6/8).

“Di tengah-tengah pandemi ini kita telah berusaha sekuat tenaga agar semua pegawai mendapatkan kesehatan dari awal sejak covid-19 muncul," jelas Dr Adi Suryanto.

"Berbagai kebijakan telah dibuat agar semua pegawai bisa sehat. Kita senantiasa mengimbau kepada pegawai untuk bersama mencegah penyebaran covid-19 dengan berbagai macam cara melalui penerapan protokol penanganan covid dan peningkatan imunitas melalui kegiatan olahraga secara rutin,” tambah Kepala LAN.

Adi Suryanto menjelaskan bahwa dengan keadaan sekarang kita tidak boleh terlalu takut untuk beraktivitas karena kita sebagai ASN adalah penggerak sekaligus pendorong agar masyarakat tetap bekerja dan birokrasi tetap berjalan sebagaimana mestinya.

"Demikian juga dalam konteks pengembangan kompetensi ASN, saya kira masih banyak sampai hari ini ucapan selamat kepada LAN diiringi harapan yang tinggi dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Tjahjo Kumolo yang berharap LAN dapat menjadi pencerah birokrasi, memodernisasi serta menjaga kemandirian NKRI," papar Adi.

Menurut Adi, banyak orang juga berharap LAN tetap mencetak kader-kader yang kolaboratif, produktif dan inovatif. Selain itu, harapan bagi LAN untuk senantiasa berperan sebagai penggerak motor-motor inovasi sektor publik dan kajian-kajian administrasi negara yang berkualitas.

"Harapan-harapan ini menjadi energi bagi kita untuk membangun birokrasi berkelas dunia sebagai sebuah ikhtiar untuk memformulasikan terobosan-terobosan baru yang kreatif," tuturnya.

“Di satu sisi pandemi adalah wabah, di sisi lain ini bisa kita maknai sebagai golden opportunity untuk mencari terobosan-terobosan baru membangun birokrasi yang berkualitas. Kini kita melihat pengembangan kompetensi sudah ramah teknologi dimana sebelum wabah covid hal tersebut jarang sekali kita temui," paparnya.

"Berbagai diskusi telah dilakukan untuk mengarah penggunaan teknologi dalam pengembangan kompetensi. Dengan wabah ini ini kita tidak ada tawar-menawar untuk segera mempercepat implementasinya dan akhirnya kita menemukan momentum. Kita berharap ke depan kita bisa bersama-sama mewujudkan ASN Unggul untuk memperkuat daya saing bangsa.” tambah Adi

Selain itu, sebagai upaya LAN berkontribusi dalam mencetak profil ASN yang berintegritas profesional, netral dan berkinerja tinggi terutama di tengah pandemi Covid-19, dalam kesempatan yang sama LAN meluncurkan asn-unggul.lan.go.id sebagai platform e-learning dalam upaya pengembangan ASN melalui pemanfaatan teknologi informasi dengan metode pelatihan jarak jauh (e-learning).

Ke depannya, ASN unggul tersebut akan bermetamorfosa menjadi learning management system bagi ASN secara nasional untuk mencetak ASN yang profesional serta mewujudkan birokrasi berkelas dunia yang menghantarkan menuju indonesia emas 2045.

Tidak hanya platform ASN unggul, dalam kesempatan ini  LAN juga me-launching website LAN baru dengan tampilan dan konten yang baru yang lebih mudah untuk diakses oleh seluruh ASN di Indonesia. 

Turut hadir melalui fasilitas video conference: JB Kristiadi (Ketua LAN RI,1990-1998), Asmawi Rewansyah (Kepala LAN RI, 2008-2012), Ibu Agus Dwiyanto, Muhammad Yusuf Ateh (Kepala BPKP), Imam Gunarto (Sekretaris Utama ANRI), Ernadhi Sudarmanto (Sekretaris Utama BPKP), Dwi Wahyu Atmaji (Sekretaris Menteri PAN dan RB), Supranawa Yusuf (Sekretaris Utama BKN), Tuasikal Abua (Bupati Maluku Tengah), Iti Octavia Jayabaya (Bupati Lebak), Erlina (Bupati Mempawah), Edi Ariadi (Walikota Cilegon), dan Dharma Wanita Persatuan LAN.

Dalam kesempatan, LAN juga memberikan apresiasi kepada pada stakeholder melalui pemberian LAN Award. Beberapa penghargaan yang diberikan. 

Penghargaan INAGARA yang diraih oleh Pemkab Maluku Tengah, Pemkab Lebak, Pemkab Mempawah dan Pemkot Cilegon;
Penghargaan sebagai Lembaga Pelatihan Pemerintah Berprestasi Tahun 2020: Agile Learning Centre for Agile Governance: Kategori Lembaga Pelatihan Pemerintah Pusat Terakreditasi Pelatihan Kepemimpinan dan Pelatihan Dasar CPNS yang diraih oleh Balai Besar Pelatihan Kesehatan Ciloto Kemenkes, Balai Pengembangan Kompetensi PUPR Wilayah III Jakarta Kementerian PUPR, Pusat Pendidikan dan Pelatihan BPS;

Penghargaan sebagai Lembaga Pelatihan Pemerintah Berprestasi Tahun 2020: Agile Learning Centre for Agile Governance: Kategori Lembaga Pelatihan Pemerintah Daerah Provinsi/Kabupaten/Kota Terakreditasi Pelatihan Kepemimpinan dan Pelatihan Dasar CPNS yang diraih oleh BPSDM Provinsi Jawa Tengah, BPSDM Provinsi Jawa Timur, dan Badan Diklat Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Penghargaan sebagai Lembaga Pelatihan Pemerintah Berprestasi Tahun 2020: Agile Learning Centre for Agile Governance: Kategori Lembaga Pelatihan Pemerintah Pusat Terakreditasi Pelatihan Teknis dan Fungsional yang diraih oleh Puslatbang Pengadaan Barang/Jasa, LKPP, Puslatbang Pengawasan BPKP, Balai Pelatihan Kesehatan Cikarang, Kemenkes.

Penghargaan kepada Analis Kebijakan untuk Indonesia Award yang diraih oleh Nur Asih, S.Sos, M.P.P,Riska Pujiati, SE., M.Sc., M.Si, dan Rudi, S.IP., M.Si.

Penghargaan kepada Widyaiswara Berprestasi yang diraih oleh Ns. Sri Suprapti, S.Kep., MMRS.,Eny Usmawaty, M.Pd. dan Dwi Ari Wibawa, S.IP., M.M.

Sementara itu, penghargaan kepada Mahasiswa Terbaik Sarjana dan Pascasarjana STIA LAN Jakarta yang diraih oleh Dewi Zulfana dan Nining Yuliana; STIA LAN Bandung yang diraih oleh Kin Kin Lukina Hakim dan Nurhakim Ramdhani Fauzian; serta STIA LAN Makassar yang diraih Rini Hartika dan Sukmawaty. (OL-09)

Baca Juga

DOK UNIKA SANTO PAULUS RUTENG (https://unikastpaulus.ac.id/fkip-unika-santu-paulus-ruteng-gelar-konferensi-internasional/)

FKIP Unika Santo Paulus Ruteng Gelar Konferensi Internasional

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 30 Juli 2021, 10:36 WIB
Konferensi Internasional yang berlangsung secara daring melalui platform media zoom meeting itu, menghadirkan 6 (enam) pembicara kunci yang...
Antara

KAI Sudah Vaksinasi Covid 20.334 Penumpang di Stasiun

👤Insi Nantika Jelita/Putri Anisa Yuliani 🕔Jumat 30 Juli 2021, 09:55 WIB
PT Kereta Api Indonesia (Persero) bersama anak usahanya yakni KAI Commuter memberikan layanan vaksinasi covid-19 gratis. Hingga Kamis...
Ant

BPJS Kesehatan Masuk Top 45 Inovasi Pelayanan Publik Terpuji 2021

👤Atalya Puspa 🕔Jumat 30 Juli 2021, 09:50 WIB
BPJS Kesehatan berhasil menyabet penghargaan Top Inovasi Pelayanan Publik Terpuji Klaster Lembaga Pemerintahan dalam Kompetisi Inovasi...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Atletik Jadi Lumbung Medali

SALAH satu cabang olahraga yang akan sangat menarik untuk disaksikan di Olimpiade 2020 ialah atletik.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya