Kamis 07 Mei 2020, 16:55 WIB

Rapid Test Drive-Thru Gratis di BSD Xtreme Park

RO | Humaniora
Rapid Test Drive-Thru Gratis di BSD Xtreme Park

DOK;Sinar Mas Land
Layanan rapid test secara gratis berlangsung mulai dari 7 Mei hingga 10 Mei 2020 di BSD Xtreme Park. 

 

SINAR Mas Land menjalin kerja sama dengan Homecare24 dalam program Gerakan Kemanusiaan Indonesia Melawan Covid-19 untuk menyediakan rapid test secara gratis kepada seluruh masyarakat. Group Division Head Digital Ventures & Emerging Business Sinar Mas Land, Herry Santoso menjelaskan program tersebut berlangsung mulai dari 7 Mei hingga 10 Mei 2020 di BSD Xtreme Park.

Pemeriksaan kesehatan secara cepat itu dilakukan secara drive-thru dengan dua jalur untuk mobil dan sepeda motor di area parkir BSD Xtreme Park. "Sinar Mas Land terus bergiat membantu pemerintah dalam menekan penyebaran covid-19. Kali ini dukungan kami berikan dengan penyediaan jasa rapid test drive-thru dalam kerja sama dengan Homecare24. Sinar Mas Land menyediakan sarana berupa tempat yang mumpuni di BSD Extreme Park serta prasarana penunjang seperti konsumsi bagi petugas medis, baik yang menjalankan ibadah puasa untuk berbuka maupun yang tidak berpuasa, selama kegiatan berlangsung," ujar Herry.

Tes tanpa biaya itu terbuka bagi segala lapisan masyarakat, khususnya yang saat ini masih tetap bekerja (tidak bisa #dirumahsaja), seperti tim medis dan pekerja harian. Sinar Mas Land mendatangkan konsumsi dari Sevara Kitchen, katering premium di BSD City. Pihaknya berharap program tersebut dapat memberi keringanan dan kesehatan bagi masyarakat luas.

Menurut CEO Homecare24, Theresia Lumban Gaol, pihaknya menyediakan 100 ribu rapid test kit (serology) yang dilaksanakan pada beberapa lokasi. Khusus di BSD Extreme Park, pihaknya menyelenggarakan sebanyak 2.000 rapid test secara gratis kepada seluruh masyarakat. "Kami juga mendatangkan 100 perawat lengkap dengan alat pelindung diri (APD) yang akan bertugas selama pemeriksaan berlangsung," ucap Theresia.

Bagi warga yang ingin mengikuti layanan tersebut, mereka harus mendaftar terlebih dahulu di aplikasi Homecare24 untuk mengetahui jadwal tes. Pasalnya, sebanyak 500 orang yang dapat menerima layanan rapid test drive thru setiap hari akan dibatasi bergiliran maksimal 55 orang setiap jam.

Mekanisme pemeriksaan yaitu pengunjung tetap berada dalam kendaraan saat rapid test dilakukan. Para petugas akan mendatangi pengunjung untuk mengambil sampel darah dari ujung jari. Setelah selesai, pengunjung melakukan perjalanan kembali sehingga tidak ada yang turun dari kendaraan mereka. "Hasil akan tampak biasanya sekitar 10-15 menit setelah tes dilakukan. Bila hasilnya negatif, rapid test perlu diulang lagi setelah 7-10 hari," papar Theresia.

Bila terdapat hasil tes yang positif, pengunjung akan memperoleh edukasi langsung dari dokter. Dokter akan mengunjungi rumah pasien sehingga tidak ada konsultasi di lapangan. Pasien diminta melakukan isolasi mandiri di rumah selama 14 hari meskipun tidak mengalami gejala sama sekali dan merasa sehat. (S-1)

 

Baca Juga

Ist

Perusahaan Global Korsel Beri Pelatihan Wirausaha Bagi Milenial di Tanah Air

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 01 Desember 2021, 18:58 WIB
Franco Bugar, CEO Kedai Si Tama, merintis usaha setelah mengikuti kelas barista yang dilaksanakan KT&G...
ANTARA/ARI BOWO SUCIPTO

Kepala BMKG Luruskan Pernyataan Soal Tsunami: Itu Skema Terburuk

👤Anggi Tondi Martaon 🕔Rabu 01 Desember 2021, 18:15 WIB
Dia menyebut informasi tersebut merupakan paparan peta bahaya wilayah Indonesia saat ini. BMKG selalu membuat potensi bencana dari ringan...
ANTARA/MUHAMMAD BAGUS KHOIRUNAS

Kepala BMKG Sebut Cilegon Berpotensi Tsunami hingga 8 Meter

👤Anggi Tondi Martaon 🕔Rabu 01 Desember 2021, 18:07 WIB
"Kami berikan informasi zona yang rawan tsunami misalnya di Cilegon Banten itu juga tempat wisata di Selat Sunda," kata...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya