Senin 17 Februari 2020, 17:18 WIB

Menkes: Indonesia Bebas Virus Korona Berkat Doa

Atalya Puspa | Humaniora
Menkes: Indonesia Bebas Virus Korona Berkat Doa

Antara/Hafidz Mubarak
Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto mengikuti rapat kerja dengan Komisi IX DPR di Kompleks Parlemen.

 

PENYEBARAN virus korona (COVID-19) semakin meluas, namun hingga kini belum ada kasus positif virus mematikan tersebut di Indonesia.

Menteri Kesehatan, Terawan Agus Putranto, kembali menegaskan terbebasnya Indonesia dari virus korona merupakan buah dari doa masyarakat.

"Saya kira itu tetap ada bekerja sambil berdoa. Dan itu sebuah hal yang sangat mulia. Negara lain boleh protes biarin aja. Ini hak negara kita bahwa kita mengandalkan Yang Maha Kuasa," kata Terawan di Kantor Staf Presiden (KSP), Senin (17/2).

Dirinya menekankan masyarakat tidak perlu malu untuk menggantungkan harapan pada Tuhan. Menurut Terawat, doa merupakan salah satu upaya yang perlu dilakukan, selain melakukan langkah konkret.

Baca juga: Harvard Sebut Korona Masuk Indonesia, Kemenkes: Hanya Prediksi

"Ngapain malu kita andalkan Yang Maha Kuasa? Masa berdoa saja malu. Salahnya sendiri. Orang boleh beragama tapi belum tentu mau berdoa. Itu yang ingin saya tajamkan," pungkas Terawan.

"Satu, efisiensi harus dilakukan berdasarkan rasional ilmu kesehatan pada standar WHO. Yang kedua, ya berdoa. Jika tidak berdoa, jangan coba-coba andalkan kekuatan sendiri," seru dia.

Berkaitan dengan keraguan masyarakat luas akan penemuan kasus virus korona di Indonesia, Terawan meyakini Indonesia memiliki kemampuan mendeteksi virus yang berasal dari Wuhan, Tiongkok.

"Kita ini bangsa yang sangat rasional pada efisiensi. Jadi rasional juga, jangan sampai terjadi inefisiensi budgeting. Semua yang pakai masker ini katanya batuk. Kalau saya periksa gimana? Mau ndak saya cek semua? Budget-nya gimana? Inefisiensi budgeting tidak boleh," tandasnya.(OL-11)

Baca Juga

MI/HO

KJRI Sambut 25 Mahasiswa Indonesia yang Dapat Beasiswa di UC Davis

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 15 Agustus 2022, 08:15 WIB
“KJRI San Francisco senang dan bangga dengan 25 mahasiswa Indonesia yang terpilih dalam program IISMA tahun ini di UC Davis, salah...
ANTARA/Adiwinata Solihin

IPB Beri Apresiasi Pemerintah Atas Penghargaan Swasembada Beras dari IRRI

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 15 Agustus 2022, 07:35 WIB
Rektor IPB Arief Satria menyampaikan apresiasi kepada pemerintah saat menghadiri acara penyerahan penghargaan di Istana Negara, Jakarta,...
Dok. Kemendikbudristek

Sukses Selenggarakan IOI 2022, Indonesia Pimpin Pemulihan Pendidikan Global

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 15 Agustus 2022, 06:32 WIB
IOI jadi salah satu bukti semangat global 90 negara peserta kompetisi bergengsi di bidang informatika guna mewujudkan masyarakat...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya