Sabtu 24 Agustus 2019, 10:19 WIB

Kota Surabaya Meraih Best City dalam Penggunaan Bahasa Inggris

Eni Kartinah | Humaniora
Kota Surabaya Meraih Best City dalam Penggunaan Bahasa Inggris

Istimewa
EF Education First yang diwakili Johan Wilhelmsson beri penghargaan kepada Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini.

 

KOTA Surabaya berhasil meraih predikat Best City pada penghargaan EF EPI Best Awards yang diinisiasi EF Education First, lembaga pendidikan bahasa Inggris yang memiliki pengalaman lebih dari 50 tahun di industri pendidikan.

Best City telah dirilis dalam laporan EF English Proficiency Index (EF EPI) edisi ke-8 pada Desember 2018 lalu. Pada Jumat (23/8), EF Education First yang diwakili Johan Wilhelmsson beserta jajaran direksi dan manajemen EF berkesempatan untuk memberikan penganugerahan tersebut secara langsung kepada Wali Kota kota Surabaya Tri Rismaharini, bertempat di kantornya.

Berdasarkan hasil laporan penelitian EF EPI 2018, Kota Surabaya merupakan kota yang memiliki peningkatan nilai yang cukup signifikan dalam kemampuan bahasa Inggris dengan skor 54.17 dari skor 53.87 pada laporan EF EPI 2017.

Surabaya termasuk dalam level tingkat kecakapan Moderate atau menengah, yang artinya pada level ini, warga Kota Surabaya telah mampu berpartisipasi dalam pertemuan mengenai bidang keahlian yang dikuasai, memahami lirik lagu, dan melakukan korespondensi secara profesional terkait hal atau bidang yang dikuasainya dengan menggunakan bahasa Inggris.

Juli Simatupang, Director of Corporate Affairs EF Indonesia mengatakan, “Pencapaian yang diraih oleh Kota Surabaya ini tentunya dicapai melalui usaha dan upaya dari berbagai pihak.

"Baik pemerintah melalui kebijakan dan program-programnya, pihak atau lembaga swasta yang turut berperan aktif dalam mendukung dan mendorong peningkatan kemampuan bahasa Inggris, salah satunya dengan kehadiran center-center kami di Surabaya, serta semangat dan kemampuan dari warga kota Surabaya itu sendiri,” ungkap Juli.

Pada kesempatan yang sama dalam sambutannya, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini menyatakan bahwa penghargaan yang diberikan oleh EF Education First kepada kota Surabaya sebagai Best City dalam peningkatan kemampuan berbahasa Inggris, menjadi buah hasil yang sangat membanggakan baginya atas kesungguhan dari semua pihak yang terlibat.

“Saya berterima kasih kepada semua pihak atas segala usaha dan upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris warga Surabaya," kata Tri Rismaharini.

"Selama lima tahun saya bekerja untuk memimpin kota ini, kita selalu berusaha untuk membawa Surabaya ke tingkat yang lebih tinggi, termasuk dalam hal kemampuan berbahasa Inggris," ucap, Risma, sapaan akrab Rismaharini.

"Beberapa upaya dilakukan adalah dengan memberikan pelatihan langsung bagi pemberi jasa, perawat, anak-anak muda untuk terlibat aktif dalam kegiatan pariwisata mengingat Surabaya sudah banyak dikunjungi oleh wisatawan asing. Dengan memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang baik, kita bisa bersama-sama dapat membawa Surabaya lebih maju lagi dan hal ini tentunya juga akan mengangkat nama Indonesia di mata dunia.” Sambut Risma. (OL-09)

Baca Juga

Dok. ITB

Kesiapan Menghadapi Tsunami Berbasiskan Sains dan Seni

👤Dr Ir Endra Gunawan ST, MSc Kelompok Keahlian Geofi sika Global Institut Teknologi Bandung 🕔Selasa 09 Agustus 2022, 07:30 WIB
Kegiatan ini untuk meningkatkan kapasitas masyarakat dalam upaya pengurangan risiko bencana (PRB) gempa dan tsunami serta membangun...
dok.ist

SDG Santuni Anak Yatim dan Difabel di 49 Kabupaten/Kota

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 09 Agustus 2022, 06:15 WIB
 RELAWAN Santri Dukung Ganjar (SDG) secara serentak di 15 wilayah Indonesia yang tersebar di 49 kabupaten dan kota dengan total 1500...
shutterstock

Negara Juga Berperan Mendukung Program ASI Eksklusif

👤Mesakh Ananta Dachi 🕔Selasa 09 Agustus 2022, 04:15 WIB
Selain ruang laktasi, pemberian cuti melahirkan juga masih menjadi masalah dalam optimalisasi pemberian...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya