Rabu 07 Agustus 2019, 15:34 WIB

OASE-KK, KLHK Tanam 60 Ribu Pohon Lagi Pulihkan Fungsi Mangrove

mediaindonesia.com | Humaniora
OASE-KK, KLHK Tanam 60 Ribu Pohon Lagi Pulihkan Fungsi Mangrove

DOK KLHK
Ketua OASE KK Ibu Iriana Joko Widodo (tengah) didampingi Menteri LHK Siti Nurbaya sedang menanam mangrove di Pancur Pelabuhan, Kota Batam.

 

Bersama Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Kerja (OASE KK), Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan telah selesai melaksanakan pencanangan gerakan nasional pemulihan mangrove di 36 provinsi. Pada Rabu (7/8), OASE KK dan KLHK melakukan penanaman tahap 3.

Penanaman Tahap 3 ini berpusat di Taman Wisata Alam Muka Kuning, Kota Batam, Kepulauan Riau ini dilaksanakan dalam rangka Hari Konservasi Alam Nasional (HKAN) dan penanaman serentak dengan 11 provinsi lainnya. Dan jumlah bibit yang ditanam pada tahap 3 ini sebanyak 60 ribu batang di 12 provinsi.

Penanaman mangrove dipimpin oleh Ibu Negara Iriana Joko Widodo dan didampingi Ibu Mufidah Jusuf Kalla. Hadir juga Menteri LHK Siti Nurbaya dan beberapa istri mentri Kabinet Kerja lainnya.

Setelah menanam mangrove, Ibu Iriana juga meninjau pameran produk mangrove serta menyerahkan bibit produktif dan bibit mangrove kepada perwakilan kelompok tani dan perwakilan organisasi.

Sebelumnya Tahap 1 dilakukan penanaman mangrove di Pandeglang, Banten pada Maret 2019. Saat itu juga dilakukan penanaman total 53 pohon mangrove serentak di 12 provinsi.

Lalu pada Tahap 2, awal Juni lalu, dilakukan penanaman mangrove di Manado, Sulsel. Berpusat di Bunaken, 50 ribu pohon ditanam serentak di 9 provinsi lainnya.

Selain pemulihan ekosistem mangrove, mangrove yang ditanam ini juga dapat berfungsi sebagai sarana mitigasi bencana abrasi pantai, intrusi air laut ke daratan, serta meredam tsunami.

Gerakan nasional peduli mangrove ini untuk menggugah seluruh komponen bangsa akan pentingnya keberadaan hutan mangrove bagi bangsa Indonesia.

Selain meningkatkan kepedulian masyarakat, Kementerian LHK telah melaksanakan rehabilitasi hutan mangrove seluas 1.000 ha-2.000 ha setiap tahunnya. Pada tiga tahapan penanaman mangrove, total 130 ribu bibit telah ditanam OASE-KK.

"Konservasi kini juga menjadi bagian usaha pemerintah agar masyarakat mendapat akses terhadap kesejahteraan, dan mendukung pertumbuhan ekonomi daerah," ujar Menteri LHK Siti Nurbaya pada puncak peringatan HKAN Tahun 2019, di Taman Wisata Alam Muka Kuning, Kota Batam, (7/8/2019).

Menteri Siti menjelaskan, pemilihan lokasi penyelenggaraan HKAN 2019 ini di perkotaan, menjadikan adanya link antara konservasi eksitu dan insitu. Oleh karena itu, perlu ada koridorisasi yang jelas di antara keduanya.

"Karena kitalah yang menjaga alam itu, dan kita yang mengerti peruntukannya. Oleh karena itu, saya berpesan agar hal ini dipersiapkan dengan sebaik-baiknya," tegasnya.

Lebih lanjut, Menteri Siti meminta agar kawasan konservasi yang mempunyai peluang menjadi wisata alam atau pertumbuhan ekonomi daerah perlu dipersiapkan dengan baik. "Berikan informasi, dan lakukan diskusi dengan pemerintah daerah, dan Kementerian/Lembaga terkait," pesannya.

Ibu Negara Iriana Joko Widodo beserta Ibu Mufidah Jusuf Kalla bertolak ke Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau, sekitar pukul 07.05 WIB. Ibu Iriana dan rombongan lepas landas dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, dengan menggunakan pesawat khusus Boeing 737-400 TNI AU.

Dalam penerbangan tersebut, keduanya turut didampingi oleh sejumlah istri menteri Kabinet Kerja yang tergabung dalam OASE-KK.

Sekitar pukul 08.37 WIB, pesawat yang membawa Ibu Iriana dan rombongan mendarat di Bandar Udara Internasional Hang Nadim, Kota Batam. Kedatangan Ibu Iriana ini disambut langsung oleh Plt. Gubernur Kepulauan Riau Isdianto beserta Ibu Rosmery Isdianto, Pangdam I/Bukit Barisan Mayjen TNI M. Sabrar Fadhilah beserta istri, dan Kapolda Kepulauan Riau Irjen Pol. Andap Budhi Revianto beserta istri. (RO/OL-10)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Irwansyah Putra

Sulawesi, Pusat Lokasi Penemuan Spesies Baru

👤Faustinus Nua 🕔Jumat 28 Januari 2022, 08:47 WIB
Dari keseluruhan penemuan tersebut, hampir sebagian besar spesies baru yang ditemukan merupakan endemik flora dan fauna dari lokasi...
dok.ist

Ringankan Beban Mitra GRP Bagikan 5.500 Paket Sembako

👤mediaindonesia.comWika Salurkan Paket Sembako ke Jemaat HKBP Jatisampurna 🕔Jumat 28 Januari 2022, 07:43 WIB
KALI ini produsen baja nasional di Cikarang, Jawa Barat tersebut, memberikan bantuan sembako kepada sekitar 5.500 karyawan dan...
freepik

Ini Empat Langkah untuk Terapkan Self Love

👤Basuki Eka Purnama 🕔Jumat 28 Januari 2022, 07:30 WIB
Konsep self love tampak mudah ketika dibicarakan namun lebih sulit dan menjadi tantangan tersendiri ketika dijalankan setiap...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya