Jumat 02 Agustus 2019, 13:53 WIB

Penanganan Tumpahan Minyak Pertamina Diambil Alih Pusat

Antara | Humaniora
Penanganan Tumpahan Minyak Pertamina Diambil Alih Pusat

ANTARA/M Ibnu Chazar
Seorang dokter memeriksa kesehatan warga yang membantu mengumpulkan ceceran limbah minyak mentah di Pantai Sedari, Cibuaya, Karawang

 

PEMERINTAH pusat mengambil alih penanganan tumpahan minyak yang mencemari perairan Jawa Barat (Jabar) dan DKI Jakarta. Pencemaran itu bersumber dari kebocoran minyak PT Pertamina di Karawang, Jabar.

"Langkah antisipasi diserahkan pada tingkat nasional karena sudah gawat darurat nasional," kata Kepala Seksi Pengawasan dan Pengendalian Dampak Pencemaran Lingkungan dan Kebersihan Suku Dinas Lingkungan Hidup Jakarta Utara, Suparman, Jumat (2/8).

Menurut dia, instansi terkait di lintas provinsi diundang mengikuti rapat di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Mereka bakal membahas penanganan masalah ini.

Rapat, kata dia, juga diikuti jajaran Dinas Lingkungan Hidup, Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Kementerian Kelautan dan Perikanan. Informasi seputar imbas pencemaran bakal diperdengarkan.

Baca juga: Pertamina Siap Bertanggung Jawab Penuh Atas Tumpahan Minyak

"BNPB sudah antisipasi, Kementerian Kelautan juga sudah turun tangan. Hari ini kita bahas dengan instansi terkait dari Bekasi, DKI, Karawang, akan dengar masukan daerah mana yang terkena dan antisipasinya bagaimana," jelas dia.

Pertemuan ini diharapkan bisa menghasilkan solusi efektif pencemaran laut. Suparman memastikan tumpahan minyak baru merambah perairan Karawang, Kabupaten Bekasi, dan Kepulauan Seribu.

"Sampai siang ini saya belum dengar laporan minyak itu mencemari perairan di Cilincing, Pademangan, maupun Penjaringan," jelas dia.

Langkah antisipasi agar pergerakan limbah minyak tidak tertutup angin mengarah ke perairan Jakarta Utara sudah dipersiapkan.

"Kami akan meminta instansi terkait memberikan solusi, bisa pengerahan alat canggih agar minyak ini tidak sampai ke wilayah kita," tekan dia. (OL-2)

Baca Juga

Ist

Buat Film Dokumenter Inspiratif Butuh Riset Serius dan Panjang

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 28 Januari 2022, 23:05 WIB
Dr. IGP Wiranegara, M.Sn mengatakan jika merekam kehidupan manusia atau tokoh, upayakan kita tahu betul kiprah sang tokoh, sehingga...
Ist

Sajikan Info Terkini Kenotariatan, Fakultas Hukum UP Luncurkan Web

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 28 Januari 2022, 22:44 WIB
Konten website dan jurnal bisa mencerminkan keadaan yang sebenarnya terutama apa yang jadi visi keilmuan dan kekhasan program studi...
Dok. Kemendikbudristek

Kemendikbudristek-PNUP Gandeng PT Pembangkit Jawa Bali Kembangkan Energi Terbarukan 

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 28 Januari 2022, 22:37 WIB
Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi, Wikan Sakarinto mengatakan, kerja sama itu sangat relevan dengan nawacita pemerintah bahwa pendidikan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya