Rabu 17 April 2019, 09:25 WIB

Pemerintah Bidik Potensi Wisata Halal

Media Indonesia | Humaniora
Pemerintah Bidik Potensi Wisata Halal

ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari
Presiden Jokowi meresmikan halal park di kawasan Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (16/4/2019).

 

PEMERINTAH menargetkan 5 juta kunjungan wisatawan halal ke Indonesia pada tahun ini. Jumlah tersebut seperempat dari jumlah total target wisatawan asing yakni 20 juta orang yang diperkirakan datang di 2019.

Wisatawan muslim ialah salah satu bagian dari pasar pariwisata yang memiliki daya beli kuat. "Tahun 2018 ada 140 juta wisatawan muslim dengan spending online US$35 miliar. Jumlah turis muslim meningkat dari tahun ke tahun dan di 2020 diproyeksi mencapai 158 juta orang. Ini jumlah yang sangat besar. Artinya ada segmen pasar yang harus digarap, apalagi kita negara berpenduduk muslim terbesar di dunia," ujar Presiden Joko Widodo seusai meresmikan Halal Park di Gelora Bung Karno, Jakarta, kemarin.

Menurut standar global muslim travel index (GMTI), sambungnya, Indonesia menjadi destinasi wisata halal terbaik dunia di 2019. Indonesia tercatat mengalami peningkatan dari peringkat 6 di 2015, lalu naik ke peringkat 4 di 2016, kemudian peringkat 3 di 2017, dan tahun lalu di peringkat 2. Tahun ini, Indonesia menduduki peringkat 1 di GMTI 2019.

Halal Park nantinya akan menjadi embrio bagi pembangunan distrik halal di sejumlah daerah. Pembangunan Halal Park dilakukan di atas lahan seluas 21.000 meter persegi dengan nilai investasi Rp250 miliar. Proyek pembangunan diperkirakan selesai dalam waktu dua tahun.

Presiden berharap kehadiran Halal Park akan mampu mendorong perekonomian. "Proyeksi permintaan produk halal global di 2019 mencapai US$3,7 triliun. Padahal di 2013 masih US$2 triliun. Ini sebuah pertumbuhan yang sangat tinggi," ujarnya.

Pemrakarsa Halal Park dan pendiri Hijup, Diajeng Lestari, menambahkan bahwa Halal Park akan fokus menerapkan pembangunan yang berkelanjutan sehingga ramah lingkungan.

Konsep ini akan menjadi pembeda sekaligus percontohan pusat halal Indonesia dengan negara lain. "Halal Park juga akan dibangun di Jawa Barat," katanya.

Halal Park antara lain didukung oleh PT Bank Rakyat Indonesia (persero) Tbk yang menyertakan mitra UMKM binaan mereka di Rumah Kreatif BUMN Jakarta.

"Diharapkan, produk milik mitra BRI akan semakin dikenal oleh wisatawan domestik dan mancanegara," ujar Direktur Utama Bank BRI Suprajarto. (Pol/*/X-11)

Baca Juga

dok.ist

Raih Rekor MURI, Puspotdirga Kibarkan Bendera Merah Putih di 30 Kota

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 18 Agustus 2022, 08:01 WIB
PUSAT Potensi Kedirgantaraan TNI Angkatan Udara (Puspotdirga)  menyekenggarakan terbang paramotor  membawa bendera merah putih...
MI/FATHURROZAK

Ingin Tembus Pasar Global

👤Jek/M-4 🕔Kamis 18 Agustus 2022, 07:45 WIB
SALAH satu yang menjadi harapan dengan hadirnya Kraf Studio bagi Dian Kurnia Arismawan ialah bisa memberikan pilihan bagi para orangtua...
Dok. Kraf Studio

Mengemas Kardus Bekas Jadi Berkelas

👤Fathurrozak 🕔Kamis 18 Agustus 2022, 07:30 WIB
Bermula dari kegiatan sekolah anaknya, kini Dian Kurnia Arismawan punya sumber pemasukan baru. Melalui tangan terampilnya, ia membuat...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya