Jumat 16 Maret 2018, 10:59 WIB

Tujuh Hal yang Membuat Anda Susah Tidur

Medcom | Humaniora
Tujuh Hal yang Membuat Anda Susah Tidur

Ilustrasi

 

TIDUR sangat penting bagi tubuh untuk memulihkan kembali tenaga setelah beraktivitas seharian. Setiap orang dewasa membutuhkan waktu tidur rata-rata 7-8 jam sehari.

National Institute for Health menyebutkan bahwa gangguan tidur dapat meningkatkan risiko masalah kesehatan fisik dan mental. Kualitas tidur yang buruk juga dapat mempengaruhi aktivitas sehari-hari. Untuk itu Anda perlu mengetahui hal apa saja yang bisa mempengaruhi tidur, seperti dilansir dari Boldsky.

1. Terlambat makan malam

Jika Anda melakukan makan malam pada pukul 10.00, akan mempengaruhi tidur. Namun terkadang Anda kesulitan makan malam sebelum jam tersebut karena jadwal kerja yang tak menentu. Tapi usahakanlah agar santap malam sebelum pukul 10.00.

2. Mengonsumsi buah jeruk di malam hari

Mengonsumsi jeruk atau buah sitrus pada malam hari menjelang tidur bukan lah ide yang baik. Hal ini disebabkan karena buah sitrus bisa menyebabkan mulas, yang mungkin akan mengganggu kenyenyakan tidur Anda.

3. Tidur dengan perut lapar

Tidur dengan perut kosong atau terlalu kenyang dapat mempengaruhi kualitas tidur Anda. Makan terlalu banyak saat makan malam tidak akan memberikan Anda tidur yang nyenyak. Sebagai gantinya, tunggulah dua sampai tiga jam setelah makan malam baru beranjak tidur, atau makan dulu sebelum tidur.

4. Penggunaan ponsel

Dengan munculnya teknologi, semua orang sering tergoda untuk bermain ponsel. Cahaya yang keluar dari ponsel Anda dapat mempengaruhi ritme sirkadian tubuh dan merangsang produksi hormon yang meningkatkan kewaspadaan.

5. Berolahraga

Studi telah menunjukkan bahwa olahraga dapt membuat Anda langsung tidur. Namun jangan dilakukan sesaat sebelum tidur, ini bisa mempengaruhi tidur Anda dan membuatnya tidak nyenyak.

6. Mencuci wajah dengan air dingin

Mencuci wajah dengan air dingin sebelum tidur dapat mempengaruhi tidur Anda. Hal ini disebabkan karena air dingin menstimulasi tubuh, melepaskan energi yang membuat Anda terjaga. Jadi sebaiknya cuci muka dengan air hangat sebelum tidur.

7. Restless leg syndrome

Restless leg syndrome atau sindrom kaki gelisah adalah dorongan menggerakkan kaki saat beristirahat atau terlelap di tempat tidur. Orang dengan sindrom ini merasa sulit tidur cepat dan ini adalah kondisi umum yang memengaruhi 5-10 persen orang. (ROS/OL-8)

Baca Juga

Dok.BPPT

Menteri KLHK Antisipasi Puncak karhutla dengan Hujan Buatan

👤Mediaindonesia 🕔Jumat 30 Juli 2021, 23:45 WIB
Upaya TMC di Provinsi Riau, pada fase pertama, 10 Maret sampai 5 April 2021, secara umum meningkatkan curah hujan sekitar 33 hingga 64...
Dok. Kiny Cultura Indonesia

Lestarikan dan Promosikan Budaya Indonesia, Anak Indonesia Raih Sertifikat CID UNESCO

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Jumat 30 Juli 2021, 23:40 WIB
Penghargaan diberikan kepada Alif Rajendra Aryaputa Sidik di kategorin Male Yout Folk musician appreciation award dan Kalya Mahiya Pravina...
Dok  ICStar Hackathon 2021

Banyak Diminati, Seleksi ICStar Hackathon 202 Makin Ketat

👤Retno Hemawati 🕔Jumat 30 Juli 2021, 22:49 WIB
Sebanyak lebih dari 500 kandidat dari 100 universitas di Indonesia dan Malaysia berpartisipasi dalam kompetisi ICStar Hackathon 2021 yang...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Mencari Abdi Negara di Tengah Pandemi

Jumlah pelamar di bawah perkiraan 5 juta orang dan menurun ketimbang perekrutan sebelumnya.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya