Selasa 01 Februari 2022, 08:19 WIB

Film Jo Sahabat Sejati Terinspirasi oleh Jenderal Sudirman

Basuki Eka Purnama | Hiburan
Film Jo Sahabat Sejati Terinspirasi oleh Jenderal Sudirman

Instagram @alamandaproduction
Poster film Jo Sahabat Sejati

 

FILM Jo Sahabat Sejati, yang diperkenalkan ke publik oleh Alamanda Production di Jakarta, Sabtu (29/1), mengangkat kisah persahabatan dan perjuangan yang salah  satunya terinspirasi oleh sosok Panglima Besar Jenderal Sudirman.

Walaupun demikian, inspirasi yang diperoleh dari Jenderal Sudirman itu tidak hanya ditampilkan dalam cerita antarsesama manusia, tetapi melalui kisah persahabatan antara seekor kuda bernama Jo dan sekelompok anak-anak serta warga desa.

Sutradara Jo Sahabat Sejati, Alex Latief, saat ditemui di Jakarta, Sabtu (29/1), menyampaikan nilai-nilai dan sifat-sifat yang dapat diteladani dari Jenderal Sudirman itu dihidupkan kembali dalam film, terutama pada tokoh utamanya seekor kuda bernama Jo.

Baca juga: Kangen Regina George? Mean Girls Tayang di Netflix Mulai Hari Ini

"Ini di dalam film ada satu segmen yang menceritakan perjuangan Jo dalam menyelamatkan sahabatnya. Ini sama seperti metafora, (seperti) dalam pementasan drama Panglima Besar Jenderal Sudirman," kata Alex Latief.

Sosok Panglima Besar Jenderal Sudirman, yang wafat tepat pada pada 29 Januari 1950, telah jadi inspirasi banyak karya seni, mulai dari sastra, pementasan drama, sampai film.

Di samping sosok Jenderal Sudirman, film Jo Sahabat Sejati juga terinspirasi dari persahabatan antara Produser Film Amanda Latief dan hewan peliharaannya.

Menurut Amanda, persahabatan antara dirinya dan anjing-anjing yang ia pelihara turut menjadi sumber inspirasi pembuatan film.

Jo Sahabat Sejati merupakan film keluarga yang menceritakan kisah persahabatan antara seekor kuda dan sekelompok anak-anak serta warga desa. Dalam film itu, Alex sebagai sutradara menempatkan sosok kuda sebagai pemeran utama.

"Kami ingin kuda jadi tokoh utama. Dia bukan obyek, tetapi subyek," terang Alex.

Setidaknya ada tiga kuda, yang merupakan milik keluarga Alex Latief, dilatih selama 2 tahun untuk memerankan sosok Jo.

"Kuda dilatih sesuai script. Kami latih konsisten (selama) 1,5 tahun," ujar dia saat jumpa pers di Jakarta, Sabtu (29/1).

Kuda tidak menjadi satu-satunya sorotan dalam film Jo Sahabat Sejati, tetapi juga ada beberapa aktor muda yang memulai debut dalam film itu, antara lain Novika Siregar, Cornel Nadeak, Adry Wicaksono, dan Ismu Tanjung.

Sejauh ini, Alamanda Production sebagai rumah produksi Jo Sahabat Sejati belum dapat mengumumkan jadwal tayang film di bioskop.

Namun, Produser Film Amanda menyampaikan Jo Sahabat Sejati dapat disaksikan oleh masyarakat di bioskop dalam waktu dekat. (Ant/OL-1)

VIDEO TERKAIT:

Baca Juga

Ist

Baim Wong Mengaku Sempat Cemas Saat Kiano Mau Disunat

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 25 Juni 2022, 21:24 WIB
Kenzo Eldrago Wong putra kedua Baim Wong sudah lebih dulu disunat beberapa hari setelah lahir. Kini, Kiano yang minta sendiri...
Ist

Raffi Ahmad Borong Air Mineral dengan Harga Promosi

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 25 Juni 2022, 20:25 WIB
Sejumlah artis termasuk Raffi Ahmad dan Nagita Slavina memborong produk air mineral dengan harga promosi di Pekan Raya Jakarta...
Instagram @donnaharunofficial

Donna Harun Gonta-Ganti Olahraga Agar tidak Bosan

👤Basuki Eka Purnama 🕔Sabtu 25 Juni 2022, 11:30 WIB
Kadang dia melakukan yoga selama beberapa bulan, kemudian diganti dengan aerobik, lalu beberapa bulan berikutnya ia memilih untuk membakar...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya