Rabu 16 Januari 2019, 02:15 WIB

Anggia Kharisma Dokter Gigi yang Jatuh Hati pada Film

Fathurrozak | Hiburan
Anggia Kharisma Dokter Gigi yang Jatuh Hati pada Film

MI/Fathurrozak

 

BARU 10 hari tayang di bioskop, film Keluarga Cemara produksi Visinema Pictures yang diadaptasi dari novel karya Arswendo Atmowiloto telah menembus angka satu juta penonton. Ide untuk membuat sekuelnya pun muncul.

Kabar tersebut diungkapkan Anggia Kharisma, produser rumah produksi Visinema Pictures. Perempuan berusia 35 tahun itu menjadi salah satu sosok di balik kesuksesan film Keluarga Cemara.

Anggia berkisah, sempat berprofesi sebagai dokter gigi hingga akhirnya banting setir menjadi produser. Semua itu karena kecintaannya pada film. Hasrat pada dunia perfilman telah muncul sejak dirinya duduk di bangku SMA dan sempat menjadi salah satu pendiri ekstrakurikuler film di sekolahnya.

Debutnya sebagai produser dilakukannya lewat film Cahaya dari Timur: Beta Maluku (2014). Film yang disutradarai Angga Dwimas Sasongko yang juga suaminya itu berhasil meraih penghargaan Piala Citra untuk kategori film panjang terbaik dan aktor utama terbaik.

Anggia kembali memproduseri Filosofi Kopi yang dirilis 2015 dan Surat dari Praha pada 2016. Di ajang Indonesian Movie Actors Award 2016, Surat dari Praha memenangkan penghargaan pemeran utama wanita terfavorit lewat akting Julie Estelle dan Piala Maya 2016 untuk tata musik terpilih.

Dalam setiap proses produksi film, Anggia mengaku selalu mementingkan karya yang dibidanginya, ketimbang harus fokus pada dirinya. "Jauh lebih penting ialah hasil (karya), menyorot filmnya," ujarnya saat ditemui di Jakarta, belum lama ini.

Produser, imbuhnya, berperan penting menciptakan keberhasilan proses kolaborasi kreatif. Dedikasi dan kepemimpinan seorang produser sangat diperlukan dalam sebuah produksi film.

Satu dekade
Meskipun berada di belakang layar, perempuan kelahiran 3 November 1983 itu mengaku nyaman. "Penggodok cerita di balik layar, itu sesuatu yang menarik. Kredit bukan yang hanya terpampang sebagai manusia yang disorot. Ketika jadi kreator, di balik semuanya ada tentakel yang tidak bisa berhenti memanajemen semua dari dalam," sahutnya.

Keluarga Cemara yang disutradari Yandi Laurens itu menjadi penanda satu dekade perjalanan Visinema Pictures yang dirintisnya bersama suami, sejak 2008 lalu. Pembuatan film ini bersifat personal karena awalnya ditujukan untuk sang anak.

Ia dan suami menyakini, apa yang diperoleh selama satu dekade itu tidak lain buah kerja keras mereka. "Hasil yang layak kami petik, bukan tanpa perjuangan. Pola utamanya ialah kedalaman visi proses kolaborasi, baru diturunkan ke skrip yang tentunya di luar skrip, tulang punggung utamanya ialah perluasan data yang kami buat. Riset untuk menajamkan skrip agar lebih relevan ceritanya," jelas ibu satu anak ini.

Anggia mengaku lebih suka kalau Visinema disebut dengan perusahaan pencerita (storyteller company), ketimbang hanya menjadi sebuah rumah produksi. Ia pun tak lupa punya pesan kepada para produser muda yang tengah belajar untuk kembali melihat akar dan hal yang lebih mendasar dalam setiap penggalian ide.

"Berpikir ke akarnya, nantinya itulah yang out of the box akan muncul dengan sendirinya karena dengan demikian kita punya binocular yang menggelitik," pungkasnya. (H-3)

 

Baca Juga

Dok Indiarisa

Jangan Dengar Apa Kata Orang, Ungkapan Indiarisa dalam Lagu Lebih Lama

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 28 November 2021, 12:39 WIB
Dalam hubungan percintaan, seringkali kita tak hanya menyatukan dua isi kepala manusia. Lingkungan keluarga dan pertemanan juga menjadi dua...
IG Marshanda

Marshanda Berbagi Perspektif Tentang Memaafkan Masa Lalu

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 28 November 2021, 12:00 WIB
Aktris ini mengutarakan beberapa pandangannya tentang belajar berdamai dengan masa...
Dok Syuhada Kotabaru

Konser Jazz Syuhada Kota Baru 2021 Kembali Digelar

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 27 November 2021, 21:00 WIB
Konser digelar di Monumen Serbuan sebagai bagian dari pengenalan sejarah serbuan Kotabaru pada 7 Oktober...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya