Minggu 14 Agustus 2016, 11:00 WIB

Tak Berjejak di Muara Gembong

Galih Pradipta/MI | Foto
Tak Berjejak di Muara Gembong
 

HALAMAN di depan sekolah itu cukup luas, tetapi tidak ada keceriaan anak-anak berlarian di sana. Begitu pula pemandangan olahraga ataupun apel upacara di lapangan seperti umumnya pada sekolah lain. Semua gambaran umum enyah akibat genangan air yang tidak pernah surut. Perubahan fungsi lapangan itu pun tergambar dari tiga mangrove yang hadir di sana. Halaman dan jalan yang berubah jadi kolam air sebenarnya sudah bukan hal aneh di Desa Pantai Harapan Jaya, Muara Gembong, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

Di daerah yang berjarak sekitar 60 km di utara Kota Bekasi itu, abrasi sudah jadi ancaman serius. Ada tiga desa di Muara Gembong yang terancam hilang akibat abrasi. Di dua desa, jejak 80 kepala keluarga telah hilang. Mereka memilih pindah, sedangkan 74 KK lainnya masih bertahan dengan penuh cemas. Sayim ialah salah satunya. Pria berusia 40 tahun itu putra asli dari Muara Gembong yang sekaligus Ketua RT 05 Muara Gembong. Ia paham betul awal petaka di daerahnya.

"Hutan mangrove di sini sudah rusak karena dijadikan tambak oleh nelayan," terangnya. Dahulu hutan mangrove itu menghampar hingga sekitar 17 km. Sebenarnya sudah sejak 2001, upaya mengembalikan tutupan mangrove Muara Gembong dilakukan. Namun, kerusakan yang sudah puluhan tahun terjadi tidak mudah dibalikkan. Potret suram Muara Gembong sesungguhnya juga dihadapi berbagai daerah lain di pesisir utara Pulau Jawa itu, termasuk pula Ibu Kota Jakarta.

Ancaman tenggelam makin besar karena penurunan tanah yang kian parah akibat penyedotan air tawar. Intrusi air laut bahkan setidaknya sudah 10 km dari pantai. Berbagai cara penanggulangan termasuk dengan reklamasi memang terus jadi perdebatan. Namun, alam telah menunjukkan tidak ada cara terbaik untuk kelanggengan hidup selain dengan merangkul lingkungan. (M-3)

Baca Juga

MI/Agus Mulyawan

Dalam Keikhlasan dan Kekhusyukan

👤Agus Mulyawan 🕔Minggu 22 Juli 2018, 00:00 WIB
SEPERTI tangan-tangan yang menggapai di pintu Kabah, begitulah perasaan jiwa ketika akhirnya bisa menatap Baitullah di akhir Juni lalu....
 MI/PANCA SYURKANI

Rusia yang Bersatu

👤FOTO DAN TEKS: MI/PANCA SYURKANI 🕔Minggu 13 Mei 2018, 01:05 WIB
JUTAAN warga mengular sepanjang 6 kilometer, melangkah perlahan menuju Lapangan Merah,...
MI/Tiyok

Dari Kos-kosan Menuju Pesantren

👤MI/Tiyok 🕔Sabtu 05 Mei 2018, 00:05 WIB
TERPIDANA kasus korupsi kartu tanda penduduk elektronik (KTP-E), Setya Novanto alias Setnov, mulai Jumat (4/5) menjalani hukumannya di...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya