Senin 06 Maret 2023, 22:25 WIB

Nyat Kadir Dukung Langkah WTR Bangun Infrastruktur Jalan Tol

Media Indonesia | Ekonomi
Nyat Kadir Dukung Langkah WTR Bangun Infrastruktur Jalan Tol

Dok pribadi
Nyat Kadir saat memberikan sambutan.

 

LANGKAH PT Waskita Toll Road (WTR) untuk meningkatkan konektivitas masyarakat dengan membangun infrastruktur jalan tol di Indonesia didukung anggota DPR RI Fraksi NasDem Nyat Kadir.

Upaya anak perusahaan BUMN PT Waskita Karya (Persero) Tbk tersebut jelas memiliki kontribusi positif. "PT Waskita Toll Road (WTR) sebagai anak usaha PT Waskita Karya (Persero) Tbk sejauh ini memiliki kontribusi positif dalam membangun dan mengelola infrastruktur jalan tol. Tidak hanya mampu meningkatkan konektivitas masyarakat di Indonesia tetapi juga pada pemulihan kinerja keuangan Waskita," kata Ketua Kelompok Komisi VI (Kapoksi) Fraksi Partai NasDem di sela sela kegiatan sosialisasi yang mengusung tema Sektor Konstruksi Membangun Negeri, Membangun Masyarakat di Sahid Hotel Batam, Sabtu (4/3).

Anggota Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) ini mengatakan melalui strategi pengelolaan portofolio yang tepat dan pengembangan bisnisnya, perusahaan yang telah bergerak di bidang investasi jalan tol selama hampir sepuluh tahun itu diharapkan mampu mencapai visi menjadi perusahaan terkemuka di bidang investasi jalan.

"Perlu diapresiasi strategi WTR yang terus menambah portofolio konsesi jalan tol dengan membangun ruas-ruas tol baru, mengambil alih proyek ruas tol yang belum berjalan, serta mengoptimalkan sepuluh konsesi jalan tol yang dimiliki saat ini," tuturnya.

Nyat Kadir melihat strategi tersebut berhasil mendorong pertumbuhan arus distribusi logistik maupun masyarakat yang berdampak positif pada pertumbuhan ekonomi di wilayah di mana ruas-ruas tol tersebut berada.

Ia mengatakan sampai dengan akhir 2022, WTR memiliki 10 ruas tol dengan total panjang 561 km yang tersebar di Pulau Jawa dan Sumatera. Sedangkan 2019, WTR berhasil meraih prestasi dengan kepemilikan 18 ruas tol dengan total panjang hingga 1.018 km.

Sementara itu, saat ini WTR menjadi pemilik saham mayoritas atas enam ruas tol, yakni jalan tol Pemalang-Batang sepanjang 39,20 km, Pasuruan-Probolinggo sepanjang 43,75 km, Ciawi-Sukabumi dengan panjang 54 km, Bekasi-Cawang-Kampung Melayu dengan panjang 16,78 km, tol Krian-Legundi-Bunder-Manyar sepanjang 38,29 km, dan jalan tol Kayuagung-Palembang-Betung dengan panjang 111,69 km.

Selain itu, WTR juga memiliki saham minoritas di empat ruas tol yaitu Jalan Tol Cimanggis-Cibitung sepanjang 26,18 km, Depok-Antasari sepanjang 27,95 km, Cileunyi-Sumedang-Dawuan sepanjang 60,10 km, dan Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat yang memiliki panjang 143,25 km.

Ke depan, ia berharap WTR fokus dalam merealisasikan aksi korporasi serta mempercepat penyelesaian konstruksi ruas-ruas tol yang sedang dibangun.

"Ini sejalan dengan misi WTR dalam membangun ruas-ruas tol yang terintegrasi untuk meningkatkan konektivitas antarwilayah di Indonesia, khususnya Pulau Jawa dan Sumatera," tandas mantan Wali Kota Batam itu. (RO/O-2)

Baca Juga

MI

Kemendag akan Perkuat UMKM Mengakses Pasar Luar Negeri

👤Insi Nantika Jelita 🕔Selasa 21 Maret 2023, 00:19 WIB
Kemendag tengah mendorong pendirian Sekretariat Regional Comprehensive Economic Partnership (RCEP) di...
MI

Luhut Pastikan Insentif Mobil dan Motor Listrik diberikan Per1 April 2023

👤Ficky Ramadhan 🕔Selasa 21 Maret 2023, 00:00 WIB
Menko Marves Luhut Binsar Pandjatian mengatakan bahwa insentif fiskal untuk mobil listrik baru akan diumumkan pada 1 April...
Aditya Pradana

Erick Thohir dan DPR Bahas Kesiapan Anggaran Pembangunan Buffer Zone Pertamina

👤Sri Utami 🕔Senin 20 Maret 2023, 23:22 WIB
DPR membahas rencana perbaikan terminal Bahan Bakar Minyak (BBM) Plumpang Jakarta Utara bersama Menteri BUMN Erick...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya