Jumat 13 Januari 2023, 23:13 WIB

Fungsi Turunan Uang selain Alat Tukar, ini Contohnya

Mesakh Ananta Dachi | Ekonomi
Fungsi Turunan Uang selain Alat Tukar, ini Contohnya

Antara.
Ilustrasi.

 

SETIAP orang membutuhkan uang. Dengan uang sebagai alat pertukaran yang sah, maka kita dapat memperoleh barang atau jasa yang kita butuhkan. 

Kendati demikian, dengan fungsi aslinya sebagai alat tukar, uang juga memiliki fungsi lain. 

Fungsi asli uang

Uang memiliki fungsi asli. Disebut fungsi asli karena beragam fungsi ini merupakan tujuan esensial dari uang dibuat dan digunakan. Beragam fungsi asli uang yaitu:

1. Alat pertukaran.

Uang merupakan alat pertukaran yang sah. Untuk memperoleh barang atau jasa, dibutuhkannya uang sebagai alat tukar yang memiliki nilai yang setimpal dengan apa yang ditukar. Oleh karena itu, semakin besar nilai uang, maka barang atau jasa yang diperoleh akan memiliki nilai yang lebih besar lagi.

2. Alat perhitungan.

Dalam transaksi dengan menggunakan uang, uang memiliki fungsi sebagai alat perhitungan. Setiap barang dan jasa yang akan ditukar, memiliki nilainya masing masing. Maka, uang memiliki fungsi perhitungan dengan satuan hitung berupa angka yang ada pada mata uang itu sendiri.

3. Alat penyimpanan.

Lebih dari itu, uang juga memiliki fungsi sebagai instrumen penyimpanan. Uang yang kita miliki, tidak harus serta merta langsung digunakan. Namun, dapat disimpan dan tetap memiliki nilainya. 

Fungsi turunan uang

Selain daripada fungsi asli, uang juga memiliki fungsi lain. Fungsi ini jugalah yang disebut dengan fungsi turunan uang. Beragam fungsi turunan uang.

1. Alat pembayaran sah.

Manusia membutuhkan uang untuk melakukan pertukaran. Pertukaran inilah yang disebut juga dengan pembayaran. Dengan barang atau jasa yang diperoleh, dibutuhkannya uang yang memiliki nominal yang setimpal dengan nilai barang atau jasa. Hal ini disebabkan oleh sistem barter yang tidak efektif dan efisien.

2. Alat memindahkan kekayaan.

Selain itu, uang bisa digunakan untuk memindahkan suatu nilai kekayaan kepada orang lain. Pada saat memberikan sejumlah uang kepada orang lain, kita telah memindahkan bagian dari kekayaan atau jumlah uang yang kita miliki kepada orang lain.

3. Alat menimbun kekayaan.

Semakin banyak uang yang dimiliki seseorang, akan semakin kaya dia. Hal ini berhubungan dengan jumlah uang yang disimpan atau ditimbun. Karenanya, uang dapat digunakan sebagai instrumen kekayaan

4. Alat penunjuk harga.

Setiap barang dan jasa memiliki nilainya masing-masing sesuai dengan biaya yang dibutuhkan untuk menyiapkan hal tersebut. Karenanya, untuk dapat mengetahui biaya yang dibutuhkan untuk dapat memperoleh barang atau jasa tersebut, dapat digunakan dengan menggunakan uang sebagai standar penunjuk harga. (OL-14)

Baca Juga

dok.Ist

Workshop Scalling UP, SMKPPN Tempa Calon Wirausaha Muda Pertanian

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 03 Februari 2023, 23:01 WIB
BADAN Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementan bersama Internasional Fund for Agricultural Development (IFAD) gencar...
DOK pribadi.

Akselerasi Pebisnis Kuliner Bandung, ESB Hadir di BIFHEX 2023

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 03 Februari 2023, 21:08 WIB
ESB menghadirkan teknologi software yang terintegrasi khusus untuk operasional bisnis kuliner F&B, baik restoran, cloud kitchen, warung...
Dok MI

Industri Layanan Pernikahan Berpotensi Menjadi Panggung Bisnis

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 03 Februari 2023, 21:01 WIB
Industri pernikahan berpotensi menjadi panggung bisnis, mengingat tingginya angka pernikahan di...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya