Rabu 11 Januari 2023, 20:37 WIB

Minyakita Langka, Kemendag Segera Panggil Produsen

Ficky Ramadhan | Ekonomi
Minyakita Langka, Kemendag Segera Panggil Produsen

MI/Susanto
Potret kemasan Minyakita yang dijual pedagang di pasar tradisional.

 

KEMENTERIAN Perdagangan (Kemendag) menyatakan bahwa kelangkaan minyak goreng merek Minyakita diakibatkan pelaku usaha yang memilih Domestic Market Obligation (DMO) dalam bentuk curah. Hal tersebut membuat pasokan DMO dalam bentuk kemasan Minyakita mengalami penurunan.

"Kelangkaan disinyalir karena masih tersedianya hak ekspor dalam jumlah yang cukup. Mungkin pelaku usaha memilih DMO dalam bentuk curah. Sehingga, pasokan DMO dalam bentuk kemasan Minyakita mengalami penurunan," ujar Plt Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kemendag Kasan Muhri saat dihubungi, Rabu (11/1).

Baca juga: Dibayangi Lonjakan Stok, Harga Minyak Diprediksi Meredup

Pihaknya akan melakukan pendalaman dan segera memanggil produsen minyak goreng untuk mengonfirmasi persoalan tersebut. "Dengan adanya kebijakan DPO dan HET, pendistribusian DMO minyak goreng seharusnya tidak terkendala," pungkasnya.

"Apalagi, harga penjualan masing-masing rantai distribusi telah ditetapkan. Pastinya kami akan memanggil produsen minyak goreng untuk konfirmasi hal ini," imbuh Kasan.

Kemendag dikatakannya juga menyiapkan beberapa langkah antisipasi untuk memastikan ketersediaan stok dan stabilitas harga minyak goreng. Seperti, koordinasi intensif dengan pelaku usaha untuk memastikan komitmen produksi dan distribusi melalui skema DMO tetap dipatuhi.

Baca juga: Harga Migor Curah di Aceh Naik kini Sentuh Rp16 ribu/kg

Lalu, melakukan pemantauan dan pengawasan di lapangan yang dikoordinatori oleh Ditjen PKTN bersama dengan Satgas Pangan Polri. Serta, melakukan penindakan sesuai sanksi dalam Permendag Nomor 49 Tahun 2022, jika ditemukan pelaku usaha yang terindikasi melakukan pelanggaran.

"Kami juga akan mengoptimalkan pendistribusian DMO minyak goreng ke pasar rakyat dengan dukungan BUMN maupun distributor, agar tepat sasaran kepada masyarakat," terangnya.(OL-11)

Baca Juga

Dok. DPR RI

Komisi VI DPR Apresiasi PTPN Mampu Cetak Net Profit Hingga Ro5,5 Triliun

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 05 Februari 2023, 09:00 WIB
Politisi Fraksi Partai Gerindra ini juga berharap agar PTPN VIII bisa lebih dikembangkan lagi dalam sektor pariwisata. Juga diharapkan...
Antara/Akbar Nugroho Gumay

Industri Keuangan Hadapi Tahun Suram, Suport OJK Kembali Diharapkan

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 05 Februari 2023, 08:35 WIB
Kebijakan inovatif dari OJK yang bersifat counter cyclical sangat diharapkan....
Dok. DPR RI

Legislator Usul Program Transformatif PT Pos Indonesia

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 05 Februari 2023, 08:05 WIB
Politisi Fraksi PAN ini menjelaskan, konsep central titipan ini juga akan sangat berguna terutama dikota-kota yang padat aktivitas...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya