Kamis 29 Desember 2022, 09:50 WIB

Menparekraf Sandiaga - Foodspace Sediakan Cloud Kitchen Hybrid Pertama di Indonesia

mediaindonesia.com | Ekonomi
Menparekraf Sandiaga - Foodspace Sediakan Cloud Kitchen Hybrid Pertama di Indonesia

dok.ist
Menparekraf Sandiaga Uno menyerahkan program Banper (Bantuan Pemerintah) kepada para pelaku UMKM, di Foodspace.id Tanah Abang, Jakpus.

 

MENTERI Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno berkolaborasi bersama Smesfood dan Foodspace menyediakan Cloud Kitchen Hybrid pertama di Indonesia untuk UMKM naik kelas.

Selain itu, Sandiaga juga menyerahkan program Banper (Bantuan Pemerintah) yang ditujukan langsung kepada para pelaku UMKM, di Foodspace.id Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Cloud Kitchen Hybrid sendiri merupakan jenis dapur dari perpaduan antara take out restoran dan cloud kitchen. Proses pengiriman makanan bisa dilakukan melalui aplikasi.

Sementara itu, Smesfood merupakan program yang digunakan untuk mengelola UMKM agar naik kelas. Dari program Smesfood tersebut diyakini dapat menaikan omzet para UMKM, pasalnya produk UMKM yang telah tergabung dalam program Smesfood sudah di cover mulai dari market place hingga pemasaran.

"Kami melihat ini inovasi yang luar biasa dari Smesfood dan juga Foodspace. Kami dari pemerintah melihat potensi kolaborasi dan meluncurkan program Banper yang langsung ditujukan untuk pelaku UMKM," kata Sandiaga, Rabu, (28/12/2022)

"Saya berharap ini akan mengangkat omzet dengan digitalisasi dan bisa meningkatkan jumlah lapangan kerja dan mensejahterakan usahanya sehingga menambah geliat ekonomi khususnya para pelaku UMKM ini," lanjut Sandiaga.

Sandiaga berkeinginan para UMKM yang belum memiliki tempat produksi dapat bergabung di Smesfood. Dengan begitu akan terciptanya potensi besar untuk para UMKM agar naik kelas.

"Bahwa dengan proses kurasi hingga promosi dan dibantu juga untuk digitalisasinya, maka peningkatannya itu 70% yang nanti akan dibantu untuk promosikan sehingga meningkat cukup signifikan, ini yang kita harapkan para pelaku UMKM semua bergabung mengikuti program on boarding digitalisasi yang kita kolaborasikan," kata Sandiaga.

CEO Smeshub Lutpi Ginanjar mengharapkan, dengan dilaunchingkannya program Smesfood akan lebih banyak UMKM yang terbantukan. Dari program itu juga maka lapangan pekerjaan akan lebih berkembang, sebab sektor UMKM yang paling banyak di Indonesia adalah kuliner.

"Harapannya tentu kita bisa membantu banyak UMKM kuliner khususnya di Indonesia, kita tahu bahwa 60% itu dari kuliner UMKM kita sehingga itu salah satu bukti bahwa ingin membuat ekosistem untuk naik kelas. Dari Smesfood kita berharap bisa mengembangkan lapangan pekerjaan yang lebih besar," ungkap Lutpi.

Pada launching tersebut juga dihadiri oleh Selebgram Edhozel, F&B Idea Expert Valentino Ivan, dan pelaku UMKM "Satoe Cendol" Dewi Subarsih yang telah berkolaborasi di Smesfood.(OL-13)

Baca Juga: Harga Emas Turun 7,30 Dolar AS setelah untung 2 hari

Baca Juga

Dok. Kemenkeu

Dari Cikarang, Menkeu Tunjukkan Kolaborasi Pemerintah dan Pelaku Usaha Dapat Wujudkan Perbaikan Ekonomi Nasional

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 27 Januari 2023, 18:59 WIB
Dari kunjungan tersebut, Menkeu menunjukkan bahwa kolaborasi antara pemerintah dengan pelaku usaha dapat mewujudkan perbaikan ekonomi,...
Ist

Dukung Keselamatan Penumpang, Airasia Ride  Kerja Sama dengan Jasa Raharja

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 27 Januari 2023, 18:29 WIB
PT Airasia Super App Indonesia meresmikan kemitraannya dengan PT Jasa Raharja untuk memberikan perlindungan asuransi bagi penumpang umum...
dok.Ist

Feedloop dan BDD Kembangkan Bisnis Berbasis Data dan Strategi Digital

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 27 Januari 2023, 17:56 WIB
MENGEMBANGKAN dan meningkatkan prosentase penjualan merupakan misi utama para pegiat bisnis. Upaya ke arah itu adalah lewat strategi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya