Rabu 30 November 2022, 19:32 WIB

Harga Telur Ayam Naik, Peternak: Permintaan Jelang Nataru Tinggi

Ficky Ramadhan | Ekonomi
Harga Telur Ayam Naik, Peternak: Permintaan Jelang Nataru Tinggi

Antara
Pedagang melayani pembelian telur ayam.

 

KETUA Bidang Telur Perhimpunan Insan Perunggasan Rakyat (Pinsar) Leopold Halim mengungkapkan bahwa kenaikan harga telur ayam saat ini disebabkan oleh permintaan kebutuhan yang ikut naik menjelang Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Leopold menjelaskan permintaan telur tersebut paling banyak diminta sejumlah pabrik kue untuk kebutuhan produksi. Para peternak juga mengirim pasokan telur ke Indonesia bagian timur untuk kebutuhan Nataru.

Baca juga: Antisipasi Kenaikan Harga Jelang Nataru, Kemendag Siap Operasi Pasar

"Telur (naik) biasalah, karena telur kan supply dan demand, ini juga mau Nataru. Sejumlah pabrik kue sedang sibuk untuk menambah produksi untuk Nataru. Kemudian, ada bansos untuk pemenuhan Indonesia timur. Minggu depan juga sudah turun," kata Leopold saat dihubungi, Rabu (30/11).

Kemudian untuk harga daging ayam, di tingkat peternak sedang mengalami penurunan yang disebabkan over supply di kalangan peternak. Namun untuk daging ayam eceran, saat ini harga tetap stabil.

"Peternak ayam sedang mengeluh, karena mengalami penurunan yang disebabkan over supply. Para peternak saat ini hanya tertolong oleh telur, karena kebutuhan industri naik dan kebutuhan di wilayah timur untuk Natal," imbuh Leopold.

Baca juga: Stok Beras Bulog Sumsel Babel Aman Hingga 7 Bulan

Untuk harga telur ayam pada awal Desember, juga akan mulai turun. Sebab, kebutuhan beberapa pabrik dan wilayah timur sudah terpenuhi. "Minggu depan juga melandai. Kiranya, awal Desember juga sudah mulai turun. Kita juga masuk ke akhir tahun. Tidak apa-apa sebentar saja, kasian peternaknya, biar mencicil utang sedikit," jelasnya.

"Indonesia Timur juga sudah selesai. Kemudian untuk industri lokal yang persiapan Nataru, sebentar lagi sudah selesai. Itu beberapa penyebab yang meningkatkan demand," sambung dia.(OL-11)
 

Baca Juga

Antara

Kemenpan RB Dukung Pencapaian Target Penurunan Kemiskinan

👤M Ilham Ramadhan Avisena 🕔Minggu 29 Januari 2023, 22:47 WIB
Reformasi birokrasi tematik yang mencakup penanggulangan kemiskinan itu dilakukan dengan memetakan masalah yang menjadi penghambat capaian...
Ist

Brand Kosmetik dan Permen Berkolaborasi Hadirkan Produk Unik

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 29 Januari 2023, 21:08 WIB
Kolaborasi dilakukan merek kosmetik Implora Cosmetics dan permen Relaxa. Hasilnya, inovasi produk unik yang menarik...
Ist

Apresiasi Pengguna PLN Mobile, PLN Bagikan Ratusan Hadiah Gelegar Cuan

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 29 Januari 2023, 19:42 WIB
Dalam acara yang digelar di Benteng Vastenburg, Kota Solo pada Sabtu, (28/1) tersebut, ratusan pelanggan setia PLN Mobile membawa pulang...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya