Rabu 02 November 2022, 21:09 WIB

Pemerintah Matangkan Persiapan KTT G20 di Bali

M Ilham Ramadhan Avisena | Ekonomi
Pemerintah Matangkan Persiapan KTT G20 di Bali

Antara
Menlu Retno Marsudi

 

MENTERI Luar Negeri Retno Lestari Priansari Marsudi menyatakan, Indonesia terus melakukan pematangan dan persiapan menjelang Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali pada 15-16 November 2022.

Hal itu salah satunya dilakukan melalui rapat bersama dengan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Menteri Keuangan, dan Gubernur Bank Indonesia selaku pengampu dari dua jalur pertemuan G20, yaitu Sherpa Track dan Finance Track.

"Kita compare note seberapa jauh dari subtansi juga dan kita juga tadi run through semua program dan sebagainya. Intinya lebih persiapan diskusi, bicara di antara pengampu dua track ini," ujar Retno kepada pewarta di Gedung Kemenko Perekonomian, Jakarta, Rabu (2/11).

Retno menambahkan, dalam KTT nanti, para pemimpin dunia bakal membahas empat isu prioritas, yakni arsitektur kesehatan global, ekonomi digital, transisi energi, dan pangan dunia.

Masuknya isu pangan merupakan respons dari G20 terhadap kekhawatiran atas dinamika dunia saat ini. "Semula memang ada 3 isu prioritas. Tapi ada perkembangan baru, isu di Ukraina, pangan juga sangat menonjol, akhirnya pangan juga dimasukan. Jadi 4 isu itu yang akan dibahas di dalam KTT G20 nanti," kata Retno.

Selain itu, dia menyampaikan, hingga saat ini telah banyak pimpinan negara anggota G20 yang memastikan diri akan hadir pada KTT. "Cukup banyak dan kita sangat optimis," ujar Retno.

Nantinya di sela-sela KTT G20, Indonesia juga akan melakukan sejumlah pertemuan bilateral tingkat menteri dalam rangka meningkatkan kerja sama. (OL-8)

Baca Juga

Dok.Ist

Biaya MedisTerus Meningkat, BCA Life Luncurkan BCA Life Perlindungan Kesehatan Ultima

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 07 Desember 2022, 22:05 WIB
Peningkatan biaya medis mencapai 3,5% pada tahun 2020 dan 8,8% pada tahun 2021. Diperkirakan pada tahun 2022 biaya medis akan kembali...
Ist

Sambut Akhir Tahun, PNM Gelar Innovation Festival 2022 

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 07 Desember 2022, 21:41 WIB
I-Fest 2022 hadir untuk memberikan tantangan bagi insan PNM yang  memiliki ide dan dapat menawarkan inovasi sesuai portofolio bisnis...
MI/Palce Amalo

Nataru, Penumpang Kapal Penyeberangan Diprediksi Tembus 2 Juta Orang

👤 Insi Nantika Jelita 🕔Rabu 07 Desember 2022, 21:18 WIB
Jumlah tersebut rata-rata naik sebesar 7% dibandingkan dari realisasi Nataru 2021 yang sebesar 1.873.379...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya