Kamis 27 Oktober 2022, 12:13 WIB

Apindo: Presidensi G20 Dorong Pemulihan Ekonomi

Mediaindonesia.com | Ekonomi
Apindo: Presidensi G20 Dorong Pemulihan Ekonomi

Antara
Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Hariyadi Sukamdani

 

KETUA Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Hariyadi Sukamdani mengatakan berbagai kegiatan Presidensi G20 di Indonesia berdampak positif dalam pemulihan ekonomi nasional dan memperkenalkan potensi Indonesia di mata internasional.

"KTT G20 akan meningkatkan devisa yang masuk sehingga tercapai pemulihan ekonomi khususnya di kawasan Bali dan sekitarnya. Sehingga dunia internasional akan tahu  potensi Indonesia, dan secara tidak langsung akan berminat melakukan investasi di Indonesia” ucap Hariyadi.

Selain itu, sambung Hariyadi, manfaat lain yang didapat menjadi Presidensi G20 adalah Indonesia bisa mengambil peran secara proaktif dalam berbagai forum kerja sama internasional sehingga peningkatan hubungan negara antaranggota G20 menjadi lebih baik.

“Meski kondisi geopolitik global masih dibayangi dengan ketidakpastian terutama akibat konflik Rusia dan Ukraina, Presidensi G20 Indonesia harus bisa menjaga konektivitas dan rantai pasok global demi tercipta peningkatan hubungan antar G20 yang menjadi lebih baik dan erat” kata Hariyadi.

Hariyadi juga mengajak kalangan pengusaha untuk mengambil peran menyukeskan puncak pelaksanaan G20 yang akan digelar November 2022 di Bali.

“Apindo mendukung penuh Presidensi G20 Indonesia dan siap sukseskan gelaran puncak KTT G20. Diharapkan teman-teman pengusaha dapat memfollow-up peluang kerjasama yang bisa ditawarkan, apalagi kalangan pengusaha juga bertemu di event P20," pungkasnya.

Sebelumnya, Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi menegaskan, G20 adalah salah satu dari sedikit forum ekonomi dunia yang masih dapat bekerja merespons krisis global saat ini. Retno mengajak negara anggota G20 untuk menunjukkan tanggung jawabnya kepada dunia.

Keberhasilan G20 bukan di tangan satu dua negara, tetapi berada di tangan seluruh anggota G20. It is a collective responsibility. Kalau kita ingin dikatakan sebagai negara besar, maka tanggung jawabnya pun juga besar. Dan tanggung jawab itu harus ditunaikan dengan baik. Itulah pesan yang kita terus sampaikan kepada negara- negara anggota G20,” imbuh Retno.

Retno juga menegaskan komitmen Indonesia sebagai presiden agar G20 bisa menghasilkan kerja sama konkret, yang tidak hanya berguna bagi anggotanya, tetapi juga bagi negara berkembang. (Ant/OL-8)

 

Baca Juga

Dok. BPJAMSOSTEk

Genap 45 Tahun, BPJS Ketenagakerjaan Satukan Semangat Sejahterakan Pekerja

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 05 Desember 2022, 22:00 WIB
“Hari ini kami genap berusia 45 tahun, sebuah usia yang sudah bisa dibilang matang, kami berikrar untuk terus memperluas cakupan...
INARO TUJUH BELAS

Indonesia Bersiap Gelar Bali International Airshow 2024 

👤RO 🕔Senin 05 Desember 2022, 21:05 WIB
BIA 2024 diharapkan mampu mempertemukan kalangan bisnis aviasi baik dari dalam maupun luar negeri, meningkatkan kerja sama bilateral antara...
Antara

Apindo: Aturan Menaker Tingkatkan PHK, Susutkan Lapangan Kerja

👤M. Ilham Ramadhan Avisena 🕔Senin 05 Desember 2022, 20:02 WIB
Sebab, Permenaker Nomor 18 Tahun 2022 akan menaikkan beban biaya usaha, yang berujung pada langkah efisiensi, seperti PHK, untuk menjaga...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya