Jumat 16 September 2022, 14:13 WIB

Satgas: Ada 403 Pinjol Ilegal Berkedok Koperasi Simpan Pinjam

Despian Nurhidayat | Ekonomi
Satgas: Ada 403 Pinjol Ilegal Berkedok Koperasi Simpan Pinjam

Antara
Ilustrasi warga menunjukkan pesan penawaran pinjaman online di gawainya.

 

SATGAS Waspada Investasi (SWI) menemukan 403 pinjaman online (pinjol) ilegal berkedok koperasi simpan pinjam (KSP) sejak 2018. Adapun KSP tersebut melakukan pinjaman ke masyarakat yang bukan angggota koperasi.

"Jadi, ada koperasi yang melakukan kegiatan pinjol ilegal sejak 2018. Dari 4.160 pinjol ilegal yang kami temukan, sekitar 403 berkedok koperasi. Tidak punya izin, tidak melakukan kegiatan sesuai (aturan) koperasi," jelas Ketua SWI Tongam L. Tobing dalam konferensi pers, Jumat (16/9).

Sementara itu, Asisten Deputi Simpan Pinjam Kementerian Koperasi dan UKM Masrifah mengatakan bahwa belum lama ini, pihaknya telah melakukan penindakan terhadap 9 KSP fiktif, yakni pencabutan izin usaha.

Baca juga: Kenali Modusnya, Agar Terhindar dari Jerat Pinjol Ilegal

"Badan hukumnya diterbitkan, tapi keberadaannya tidak ada di lapangan. Bahkan, kontak yang ada, saya hubungi dia mengelak, bukan pengurus. Jadi, kita tindak dan cabut perizinannya. Ini merugikan masyarakat dan menyalahgunakan ketentuan koperasi," imbuh Masrifah.

Menurutnya, pengelolaan koperasi harus memiliki aturan yang jelas. Dalam hal ini, harus memiliki anggota, pengurus, kantor koperasi dan menyertakan bidang usaha yang dilakukan.

"Jika menyimpang dari aturan ini, Kemenkop UKM tidak akan segan untuk mencabut perizinan koperasi tersebut," pungkasnya.(OL-11)

Baca Juga

Antara

KKP Resmikan Integrated Maritime Intelligent Platform

👤Insi Nantika Jelita 🕔Rabu 28 September 2022, 23:27 WIB
Peresmian infrastruktur teknologi ini mendukung program Ekonomi Biru. Serta, menjaga kesehatan laut dan mendorong pertumbuhan ekonomi...
Antara

Pengamat: BLT BBM tidak Bisa Selamatkan Rakyat dari Jurang Kemiskinan

👤Despian Nurhidayat 🕔Rabu 28 September 2022, 23:17 WIB
Pengamat dari Core menilai BLT BBM hanya bersifat sementara untuk bermasyarakat. Serta, tidak berdampak signifikan pada ekonomi...
MI/Andri Widiyanto

BSI: Pengembangan Sektor Syariah di Indonesia tidak Mudah

👤Despian Nurhidayat 🕔Rabu 28 September 2022, 22:59 WIB
Meski penduduk Muslim di Indonesia lebih dari 220 juta orang, namun literasi atau pemahaman terkait perbankan syariah tergolong rendah,...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya