Kamis 15 September 2022, 21:51 WIB

Besok, Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia Hadir di Padang

Mediaindonesia.com | Ekonomi
Besok, Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia Hadir di Padang

Antara/Aditya Pradana Putra.
Wakil Presiden Ma'ruf Amin (kanan) dan Menparekraf Sandiaga Uno berswa video usai membuka Gernas BBI di Bukittinggi, Sumbar, Selasa (15/9).

 

SEJAK April 2022, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengawal penyelenggaraan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia di Sumatra Barat. Berawal dengan peluncurannya di Kota Bukittinggi pada April berlanjut ke Kota Payakumbuh pada Mei, kini program itu bersiap melakukan harvesting pada 16-17 September di Kota Padang.

Sejak peluncurannya, Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia Sumatra Barat menarik perhatian khalayak luas. Meski masyarakat Sumatra Barat menjadi target penyelenggaraan acara kali ini, pergelaran di ranah minang turut mendorong digitalisasi UMKM secara nasional. 

Tercatat lebih dari 322 ribu pelaku usaha onboarding ke platform e-commerce sepanjang April 2022 yang menjadi bulan kampanye Bangga Buatan Indonesia khusus Provinsi Sumatra Barat. Selain jumlah onboarding, gelaran Gernas BBI 2022 juga mensyaratkan ada pelatihan digital untuk UMKM di wilayah kampanye guna mencetak pelaku usaha juara. Pelatihan ini diharapkan akan membuat para pelaku usaha dari kalangan UMKM mampu mencetak transaksi luar biasa dan terus maju jelang era revolusi 5.0 ini. 

Anggota Dewan Komisioner OJK Friderica Widyasari Dewi menegaskan pentingnya meningkatkan keahlian digital pelaku usaha, terlebih UMKM, untuk bisa membangun bisnisnya lebih besar lagi. "Peningkatan keahlian digital pelaku usaha dan kualitas produk lokal menjadi kunci sukses, bukan hanya untuk bertahan melewati pandemi covid-19, tetapi juga masa depan yang memang mengarah pada pemanfaatan teknologi digital," ujar Friderica di Pantai Padang, Kamis (15/9).

"Meski ini sudah harvesting, bukan berarti proses pembangunan ekonomi digital melalui pelaku UMKM di Sumatra Barat berhenti. Ini hanya langkah awal menuju kedigdayaan ekonomi digital Ranah Minang," ujar wanita yang akrab disapa Kiki ini menambahkan. 

Ada keunikan dari pergelaran kampanye Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia kali ini. Gernas BBI Sumbar digerakkan secara gencar di tiga kota besar Nagari Minangkabau yakni peluncuran di Bukittinggi dilanjutkan dengan pasar rakyat yang meriah di Payakumbuh serta penutupan yang akan dilaksanakan di tepi pantai di Kota Padang. Dukungan terhadap program yang bertujuan mendigitalisasi UMKM tersebut sangat luar biasa. Bank-bank besar seperti BNI, BRI, Bank Nagari, serta BSI turut ambil bagian dan berusaha mewujudkan tema Maju Berkah Basamo UMKM Sumatra Barat. 

Dalam acara harvesting Gernas BBI Sumbar pada 16-17 September, OJK akan menyerahkan hadiah bagi pelaku UMKM juara dari Sumbar yang akan melenggang di pasar global melalui program BNI Xpora. Tidak lupa pasar UMKM yang menghadirkan pelaku usaha lokal dengan ragam produk yang ciamik. Harapannya, masyarakat Sumatra Barat, terutama dari Kota Padang berkenan hadir dan menyukseskan acara dengan membeli dan menggunakan produk lokal dari para UMKM di lokasi. (RO/OL-14)

Baca Juga

Antara

PLN Gandeng Jepang dan Tiongkok Kembangkan Teknologi Rendah Karbon

👤Insi Nantika Jelita 🕔Senin 26 September 2022, 23:18 WIB
PT PLN (Persero) menggandeng Jepang dan Tiongkok untuk mendorong potensi energi baru terbarukan...
Ist

HUT ke-23, Erha Gelar Pameran dan Diskon Serentak di 11 Lokasi

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 26 September 2022, 23:08 WIB
Inovasi teknologi perawatan kulit yang ditawarkan Erha Ultimate sudah semakin maju bersamaan dengan kebutuhan konsumen yang...
Antara

PLN Pasok Listrik ke Pulau yang Berbatasan dengan Australia

👤Insi Nantika Jelita 🕔Senin 26 September 2022, 22:41 WIB
PT PLN (Persero) menghadirkan listrik di Desa Mbueain, Kecamatan Rote Barat, Kabupaten Rote Ndao, Pulau Rote, Nusa Tenggara...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya