Rabu 07 September 2022, 22:22 WIB

Empat Menteri Sepakat Genjot Target 1 Juta Wirausaha Baru

Despian Nurhidayat | Ekonomi
Empat Menteri Sepakat Genjot Target 1 Juta Wirausaha Baru

ANTARA/Dhemas Reviyanto
Menteri BUMN Erick Thohir, Mendagri Tito Karnavian, Menkop UKM Teten Masduki, dan Menparekraf Sandiaga Uno di JCC Senayan, Senin (25/4).

 

PEMERINTAH sepakat menggenjot target rasio kewirausahaan baru hingga 2024 sebanyak satu juta orang guna mengejar prasyarat sebagai negara maju sebesar 4%.

Hal itu disepakati oleh Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Teten Masduki, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir, dan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian yang diwakili Direktorat Jenderal Bina Pembangunan Daerah Teguh Setyabudi ketika melakukan rapat koordinasi di Gedung Sarinah, Jakarta.

"Perpres (Peraturan Presiden) Nomor 2 Tahun tentang Pengembangan Kewirausahaan Nasional (PKN) bertujuan mempercepat pencapaian target RPJMN (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional) 2020-2024 berupa terwujudnya satu juta wirausaha di mana 400 ribu wirausaha merupakan kontribusi kementerian/lembaga (k/l) dan 600 ribu wirausaha sebagai kontribusi daerah dari tahun 2022-2024," ujar Teten selaku Ketua Pelaksana Komite Pengembangan Kewirausahaan Nasional sebagaimana dalam keterangan resmi, Jakarta, Rabu (7/9).

Secara khusus, Pepres PKN mengamanatkan 27 K/L berpartisipasi aktif mengawal pencapaian satu juta wirausaha baru dengan kontribusi Kementerian BUMN sebanyak 120 ribu, 630 ribu Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, dan sisanya bersumber dari daerah yang dikoordinir Kementerian Dalam Negeri.


Baca juga: Erick Ungkap Harga Pertamax Bisa Turun Sesuai Mekanisme Minyak Dunia


Pemerintah disebut sudah membagi target untuk melahirkan wirausaha baru dalam tiga kelompok. Satu dari informal ke formal, lalu dari pelaku usaha mikro ke pelaku usaha kecil, dan dari pelaku usaha kecil ke pelaku usaha menengah.

"Dari informal ke formal itu dari Kemendagri, mikro ke kecil di Pak Sandiaga, dan kecil ke menengah di tempat Pak Erick," ucap Teten.

Menteri BUMN Erick Thohir mengharapkan para pemangku kepentingan dapat saling bekerja sama mengejar target satu juga wirausaha.

Untuk mengejar target tersebut, Kementerian BUMN bakal fokus dalam segi pembiayaan dan pendampingan wirausaha. Dia meyakini apa yang ditargetkan mampu dicapai meski masih ada pandemi covid-19 dan tahun politik menjelang Pemilihan Umum 2024.

"Saya rasa jangan terjebak di tahun politik karena yang namanya penciptaan lapangan pekerjaan dan penciptaan pengusaha itu bukan karena tahun politik. Kita harus menciptakan terus," kata dia.

Menparekraf Sandiaga mengibaratkan kerja bersama 27 kementerian/lembaga sebagai sebuah orkestrasi yang sangat kolosal.

"Saya yakin target Presiden untuk masuk ke tatanan negara maju minimal rasio wirausaha 4% bisa tercapai," ungkap Sandiaga. (Ant/OL-16)

 

Baca Juga

Ist

Dalam Kelola Keuangan, Masyarakat Indonesia Semakin ke Arah Digital 

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 26 September 2022, 09:56 WIB
Hasil survei YouGov mengungkapkan bahwa hampir 70% responden mengklaim bahwa penggunaan pembayaran digital mereka meningkat...
dok.ant

Digitalisasi UMKM Peluang Raih Pasar Global

👤mediaindoneaia.com 🕔Senin 26 September 2022, 09:25 WIB
DIGITALISASI Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) membuka peluang untuk memasuki pasar global. Digitalisasi juga memperkecil biaya...
Dok. DPR RI

QRIS Diharapkan Mampu Majukan UMKM dalam Persaigan Global

👤Medaindonesia.com 🕔Senin 26 September 2022, 09:19 WIB
Anggota Komisi XI DPR RI Hafisz Tohir mengatakan, satu dekade terakhir, terjadi gelombang digitalisasi kehidupan yang mengubah secara...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya