Kamis 18 Agustus 2022, 14:52 WIB

Startup E-Commerce Aruna Hubungkan Nelayan Kecil ke Pasar Global  

mediaindonesia.com | Ekonomi
Startup E-Commerce Aruna Hubungkan Nelayan Kecil ke Pasar Global  

Ist
Aruna Indonesia memiliki peran strategis salah satunya sebagai supply chain aggregator perikanan.

 

Startup E-Commerce Aruna Hubungkan Nelayan Kecil ke Pasar Global  

Sebagai sebuah perusahaan e-commerce asal Indonesia, Aruna Indonesia memiliki peran strategis salah satunya sebagai supply chain aggregator perikanan.

Aruna juga menghubungkan langsung nelayan skala kecil ke pasar global tentunya dengan bantuan teknologi yang dikembangkan.

Bermodalkan visi-misi yang sama dan sejalan, menjadikan 3 alumni universitas Telkom Bandung membangun Aruna sejak 6 tahun yang lalu.

Dengan semangat menjadikan laut sebagai sumber mata pencaharian yang lebih baik bagi banyak orang membuat Aruna semakin dikenal dunia.

Aruna menilai rantai pasok perikanan di Indonesia terlalu panjang dan tidak efisien.

Kondisi ini yang membuat Aruna hadir di tengah industri perikanan guna meringkas seluruh rantai pasok perikanan Indonesia agar lebih efektif dan efisien.

Aruna menganalisa dan merapikan ekosistem kelautan dan perikanan Indonesia mulai dari hulu hingga hilir.

Aruna berkomitmen untuk menyajikan produk tangkapan laut Indonesia yang berkualitas, berdaya saing global dan berkelanjutan.

Proses demi proses dan strategi demi strategi terus disiapkan Aruna untuk dapat terus melakukan inovasi di setiap lini bisnisnya.

Tantangan di setiap prosesnya berbeda-beda terlebih tantangan di hulu proses yakni menghadapi nelayan di lapangan.

Seperti yang kita ketahui, sebagian besar nelayan Indonesia berasal dari kelompok yang tidak mendapatkan pendidikan layak dan mereka juga termasuk dalam kelompok yang menyumbang angka kemiskinan di Indonesia.

Berinteraksi dan berkomunikasi dengan mereka bukanlah hal yang mudah dan perlu merancang sebuah pendekatan khusus untuk dapat berinteraksi dan membuat kelompok nelayan percaya dengan Aruna.

"Apa yang kami lakukan? Di Aruna, untuk membangun trust dan hubungan yang baik dengan nelayan Aruna di lapangan, kami menempatkan local heroes Aruna," ujar Utari Octavianty, Co-Founder & Chief Sustainability Officer (CSO) Aruna dalam keterangan pers, Kamis (18/8).

Local Heroes adalah nakama Aruna (karyawan Aruna) yang menjadi representatif Aruna di lapangan yang berhubungan langsung dengan nelayan Aruna.

Mereka adalah putra daerah, generasi muda daerah setempat yang bekerja dengan Aruna menjadi perwakilan Aruna untuk berinteraksi langsung dengan nelayan.

“Kami memang sengaja menempatkan para local heroes ini di lapangan untuk langsung terjun dan berinteraksi dengan nelayan lokal. Mereka adalah nakama / karyawan kami yang kami rekrut dan kami tugaskan untuk mendampingi dan membina nelayan binaan Aruna," jelasnya.

"Local heroes ini menjadi ujung tombak kami ke nelayan, salah satu tugas mereka yaitu mengajari nelayan bagaimana cara menggunakan aplikasi yang kami kembangkan,” tutur Utari.

Baca juga: 125 Ribu Benih Ikan Disebar untuk Ketahanan Pangan Kota Bekasi

Maka, Local Heroes merupakan salah satu pahlawan Aruna di lapangan yang menjadi perpanjangan tangan perusahaan dengan nelayan.

Dengan sabar dan penuh semangat mereka membina, bercengkrama dan membangun relasi yang baik antara Aruna dengan nelayan binaan Aruna di seluruh Indonesia.

"Mereka juga menjadi salah satu contoh generasi muda daerah yang memiliki semangat untuk memajukan daerah mereka sendiri," terang Utari. (RO/OL-09)

Baca Juga

Ist

Dikunjungi Presiden, Startup ini Kasih Solusi Terhadap Isu Ketahanan Pangan

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 30 September 2022, 10:12 WIB
Chickin Indonesia bergerak sebagai perusahaan teknologi peternakan dan distribusi daging yang memiliki dua produk...
Dok MI

Indonesia Termasuk Negara Berpotensi Resesi, Ini Penyebab dan Pengaruh Resesi

👤Meilani Teniwut 🕔Jumat 30 September 2022, 08:45 WIB
Resesi sebagai penurunan aktivitas ekonomi yang signifikan dalam waktu yang stagnan dan lama, dimulai dari berbulan-bulan hingga...
Ist/Kementan

Jelang KTT G20, Kementan Perkuat Pengendalian Rabies di Bali

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 30 September 2022, 08:16 WIB
Seiring dengan tema World Rabies Day yaitu: ”Rabies: One Health Zero Deaths”, vaksinasi sudah dilakukan kepada semua anjing...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya