Jumat 29 Juli 2022, 20:33 WIB

Rusun Pasar Jumat, Hunian Sehat di Selatan Jakarta

Widhoroso | Ekonomi
Rusun Pasar Jumat, Hunian Sehat di Selatan Jakarta

DOK Kementerian PUPR
Rumah Susun Pasar Jumat.

 

UNTUK kelangsungan hidup dalam jangka waktu yang panjang, makhluk hidup harus memikirkannya dengan melakukan banyak hal yang bisa memberi manfaat bagi lingkungan. Beberapa di antaranya seperti, mengurangi polusi udara, menjaga kebersihan, dan menjaga pola hidup sehat.

Demi tercapainya kelangsungan hidup manusia perkotaan yang lebih baik di Jakarta, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) membangun Rumah Susun (Rusun) Tingkat Tinggi yang diperuntukkan khusus untuk ASN Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) yang berlokasi di Pasar Jumat, Jakarta Selatan. Pembangunannya sendiri telah berjalan sejak 2020 lalu.

Rusun Pasar Jumat berdiri di atas lahan seluas 5.300 meter persegi dan terletak di Komplek Perumahan Kementerian PUPR, tidak jauh dari stasiun Mass Rapid Transit (MRT) Lebak Bulus. Kehadiran rusun berbasis Transit Oriented Development (TOD) yang lokasinya dekat dengan transportasi publik ini, diharapkan memberikan nilai efisiensi tinggi
bagi masyarakat perkotaan.

Bagi penghuninya, konsep tempat tinggal yang saling berintegrasi ini terbukti juga mampu memicu terciptanya gaya hidup sehat. Setidaknya itulah yang dialami Revo, penghuni di Rusun Pasar Jumat yang merupakan Aparatur Sipil Negara (ASN) di Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (BP2P) Jawa 1, Direktorat Jenderal Perumahan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Kantornya yang berlokasi di Jalan Wijaya I, Jakarta Selatan, bisa ditempuh menggunakan MRT. Dari Rusun Pasar Jumat, Revo hanya perlu berjalan kaki sekitar 5 menit ke halte MRT Lebak Bulus menuju halte MRT Blok M, yang ditempuh sekitar 10-12 menit. Dari halte MRT Blok M, Revo hanya perlu berjalan kaki sekitar 10 menit ke kantornya.

"Saya pergi pulang kantor naik MRT. Meski traffic padat, tetapi saya sangat terbantu juga bisa berolahraga,” katanya.

Dengan ritme perjalanan ini, dirinya mengaku bisa menjalani gaya hidup sehat yakni berkantor sekaligus berolahraga. Dengan sering menggunakan transportasi umum tersebut, Revo mengaku kondisi tubuhnya menjadi lebih sehat karena sering berjalan kaki.

Manfaat lain, tinggal di lokasi ini membuatnya berkontribusi pada pengurangan polusi udara dan juga mengurangi kemacetan. Tak hanya di luar komplek, Revo juga terbiasa berolahraga di dalam komplek Rusun. Dia rajin berolahraga dengan berlari mengitari Rusun, pemanasan di sekitar area Rusun, juga melakukan latihan ringan di kamarnya seperti mengangkat alat barbel. Hal ini sangat dimungkinkan, karena unit-unit yang terdapat di area ini sangat memadai untuk melakukan aktivitas-aktivitas kecil, yang dapat dilakukan di dalam ruangan, termasuk pada masa pandemi.

Revo juga mengaku mendapat banyak manfaat dengan tinggal di komplek Rusun Pasar Jumat ini dikarenakan banyaknya fasilitas yang disediakan oleh Ditjen Perumahan Kementerian PUPR selaku pengelola rumah susun. Sebut saja areal pemukiman vertikal yang dekat dengan akses jalan tol, fasilitas pelengkap seperti areal pertokoan elektronik, juga pertokoan yang menyediakan perlengkapan rumah tangga seperti gas dan air gallon, serta fasilitas laundry berbayar.

Untuk kepentingan interaksi penghuni sendiri, terdapat ruang terbuka yang merupakan prasarana balai warga dan ruang berkumpul antarpenghuni. Tujuannya sebagai tempat berkumpul dan berinteraksi antar penghuni, yang dapat digunakan saat akhir pekan atau malam hari di hari kerja. Diharapkan konsep hunian terintegrasi ini dapat lebih banyak dikembangkan di kota-kota besar lainnya di Indonesia.

Ini menjadi solusi untuk menurunkan angka backlog kepemilikan dan hunian rumah serta meningkatkan kualitas hunian yang layak. Konsep hunian terintegrasi ini juga diharapkan mampu berkontribusi pada penurunan angka polusi udara di Jakarta dan merupakan aksi nyata untuk perubahan iklim. (RO/OL-15)

 

Baca Juga

Antara

Menteri ESDM Minta PT Vale Tingkatkan Produksi Nikel

👤Insi Nantika Jelita 🕔Minggu 14 Agustus 2022, 22:33 WIB
PT Vale Indonesia memiliki satu fasilitas pengolahan dan pemurnian nikel di Sorowako dengan kapasitas 70.000 ton nikel...
Dok PLN

PLN Kebut Penataan Infrastruktur Kelistrikan G20 di Bali

👤Insi Nantika Jelita 🕔Minggu 14 Agustus 2022, 21:55 WIB
Saat ini progres tersebut mencapai 88,6 untuk pengamanan kelistrikan...
MI/Bayu Anggoro

Sinergi KUB Untuk Pengembangan Bisnis BPD

👤Bayu Anggoro 🕔Minggu 14 Agustus 2022, 20:54 WIB
POJK  mendorong penguatan permodalan BPD sehingga BPD dapat meningkatkan perannya sebagai penggerak pertumbuhan ekonomi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya