Senin 25 Juli 2022, 21:23 WIB

Kementan Siapkan Regenerasi Petani melalui SMKPP

mediaindonesia.com | Ekonomi
Kementan Siapkan Regenerasi Petani melalui SMKPP

dok.ist
Kepala SMKPPN Banjarbaru, Budi Santoso diwakili Kasubbag TU, Isnanto Purwokusumo menyematkan tanda peserta MPLS bagi siswa/i baru.

 

KEMENTERIAN Pertanian RI  menaruh harapan besar pada generasi milenial untuk menjawab tantangan Era Industri 4.0. Guna mendukung upaya tersebut, SMK-PPN Banjarbaru mengadakan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) untuk Tahun Ajaran 2022/2023 bagi 96 siswa baru di Banjarbaru, Provinsi Kalimantan Selatan, Senin pekan lalu.

Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo menaruh harapan besar pada generasi milenial, untuk dapat mengambil peranan dalam pembangunan pertanian guna melanjutkan estafet pemenuhan pangan pokok, kebutuhan usaha dan industri serta tujuan ekspor.

"Generasi milenial yang inovatif dan memiliki gagasan yang kreatif akan mampu mengawal pembangunan pertanian yang maju, mandiri, modern sebagai job creator dan job seeker maupun wirausahawan muda pertanian," kata Mentan.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian Kementan (BPPSDMP) Dedi Nursyamsi menegaskan bahwa melalui Sekolah Menengah Kejuruan - Pembangunan Pertanian (SMK-PP), Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) selaku unit pelaksana teknis pendidikan Kementan, akan terus berupaya menghasilkan SDM profesional, berjiwa wirausaha dan berdaya saing tinggi.

"Hal paling menonjol dari negara maju adalah SDM-nya. SDM yang memiliki karakter, oleh karena itu kita siapkan SDM yang berkarakter," katanya.

Kabadan Dedi Nursyamsi mendukung pendidikan karakter yang pada dasarnya bertujuan membangun karakter individu dari siswa agar bermanfaat bagi diri dan sekitarnya, di antaranya melalui kegiatan MPLS oleh SMK-PP binaan Kementan.

Guna mendukung program regenerasi petani di Indonesia, SMK-PPN Banjarbaru menggelar MPLS Tahun Ajaran 2022/2023. Sebanyak 96 siswa baru mengikuti kegiatan berlangsung selama empat hari tersebut.

Kepala SMK-PPN Banjarbaru, Budi Santoso mengatakan selama kegiatan MPLS, siswa baru akan dikenalkan pada program studi dan lingkungan sekolah serta tenaga pendidik dan kependidikan pada SMK-PPN Banjarbaru.

"Selamat datang di SMK-PPN Banjarbaru. Sekolah yang mencetak job seeker dan job creator andal dan mumpuni di bidang pertanian," katanya.

Dalam kesempatan bertemu siswa baru secara daring, Budi Santoso memberikan motivasi kepada siswa baru, dengan mengungkap 'kisah sukses' para petani muda sebagai roll model.

Selain memberi motivasi belajar dalam kondisi pandemi, Kepala SMK-PP Negeri Banjarbaru juga berpesan kepada siswa baru untuk selalu menjaga kesehatan dengan menerapkan prokes di setiap aktivitas.

Selama empat hari kegiatan, MPLS diisi materi-materi tentang dinamika kelompok, kegiatan ibadah berjamaah, senam bersama, materi kehidupan bermasyarakat, profil sekolah, tata tertib sekolah, sikap dalam beretika, wawasan kebangsaan, perkenalan tenaga pendidik dan kependidikan, cara belajar efektif, pertanian itu keren, pengenalan sarana prasarana sekolah, pengenalan program studi, dan pengenalan program keahlian/program studi. (OL-13)

Baca Juga

Ist

TNI AD Tingkatkan Ketahanan Pangan Bersama Kepala BPIP 

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 14 Agustus 2022, 10:15 WIB
TNI Angkatan Darat menanam jagung di lahan milik PTPN seluas 1.140 hektare di Kampung Cibinong, Desa Mekarjaya, Kecamatan Ciemas, Kabupaten...
Dok.Bank DKI

Aktif Digitalisasi Pasar, Bank DKI dan Perwakilan BI Jakarta Pantau Penerapan QRIS Di Pasar

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 14 Agustus 2022, 09:53 WIB
Transaksi QRIS melalui JakOne Mobile Bank DKI tumbuh 29,42% (yoy) menjadi 477.262 dibanding periode Juli 2021 sebesar...
Dok. SRC

Tingkatkan Daya Saing UMKM, Sampoerna Gencarkan Pembinaan dan Digitalisasi

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 13 Agustus 2022, 22:59 WIB
Menurut Teten, sebanyak 19 juta UMKM telah melakukan on-boarding digital hingga Mei 2022 dan diharapkan akan terus tumbuh mencapai 30 juta...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya