Kamis 30 Juni 2022, 21:33 WIB

Perkuat Pasar LNG Global, PGN dan Gunvor Jalin Kerja Sama

mediaindonesia.com | Ekonomi
Perkuat Pasar LNG Global, PGN dan Gunvor Jalin Kerja Sama

Dok. PGN
Penandatanganan kerja sama PGN dengan Gunvor Singapore.

 

PT PGN Tbk sebagai Subholding Gas Pertamina, berkomitmen untuk merealisasikan potensi trading gas bumi dan liquefied natural gas (LNG) di pasar Internasional.

Upaya itu direalisasikan melalui jalinan partnership dengan Gunvor Singapore Pte. Ltd (Gunvor). Pada kerja sama ini, PGN dan Gunvor akan melakukan jual beli LNG di pasar Internasional dan memperluas kerja sama bisnis lainnya.

Adapun PGN dan Gunvor telah memasuki proses Master Sales and Purchase Agreement (MSPA) and Confirmation Notice (CN) untuk suplai LNG. Diketahui, suplai LNG dari PGN akan melengkapi portofolio LNG milik Gunvor, selaku perusahaan trading independen terbesar. 

Baca juga: RUPST PGN 2022 Setujui Dividen 67,8% dari Laba Bersih 2021

“Kerja sama ini bagian dari strategi Pertamina untuk memonetisasi portofolio LNG. Perusahaan kami memiliki potensi yang cukup besar untuk kolaborasi bisnis lainnya,” ujar CEO PGN M. Haryo Yunianto dalam keterangannya, Kamis (30/6).

Pertamina sebagai Holding Migas akan mendukung suplai LNG dari portofilio Pertamina untuk bisnis PGN ke pasar internasional. Sinergi dengan Gunvor dapat mengembangkan LNG market. Serta, menambah wilayah market yang sudah terlebih dahulu dijangkau Pertamina.

“Berpartner dengan Gunvor memungkinkan kami untuk masuk ke pasar baru, di mana sebelumnya akses kami cukup terbatas. Kolaborasi ini unik dan memiliki potensi penyediaan energi di regional maupun negara lainnya,” jelas Direktur Strategi dan Pengembangan Bisnis PGN Heru Setiawan. 

Baca juga: Pertamina: Pembelian BBM Lewat Aplikasi Hanya untuk Roda Empat

“Kerja sama dengan PGN akan memperkuat kerja sama yang telah terjalin dengan Pertamina Group. Kami berharap kerja sama dengan PGN membentuk penyediaan LNG yang kompetitif dan andal di pasar global," imbuh Co-Head of LNG Trading for Gunvor Ksenia Alleyne.

Portofolio bisnis PGN sangat dominan di Indonesia. Namun, untuk memasuki pasar internasional, PGN membutuhkan mitra strategis yang mempercepat penetrasi dan komersialisasi bisnis. Di lain sisi, Gunvor merupakan salah satu perusahaan trading terbesar di dunia, yang menciptakan solusi logistik untuk memindahkan bahan bakar atau energi secara aman dan efisien.

Gunvor juga memiliki investasi strategis pada infrastruktur industri kilang, pipa, penyimpanan dan terminal yang melengkapi bisnis inti. Pada 2021, Gunvor mencetak pendapatan sebesar US$135 miliar dari 240 Juta MT volume komoditas energi.(OL-11)
 

Baca Juga

Dok. SRC

Tingkatkan Daya Saing UMKM, Sampoerna Gencarkan Pembinaan dan Digitalisasi

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 13 Agustus 2022, 22:59 WIB
Menurut Teten, sebanyak 19 juta UMKM telah melakukan on-boarding digital hingga Mei 2022 dan diharapkan akan terus tumbuh mencapai 30 juta...
Dok. Petrokimia Gresik

Petrokimia Gresik Raih Penghargaan Tertinggi TJSL & CSR Award 2022

👤Andhika Prasetyo 🕔Sabtu 13 Agustus 2022, 22:30 WIB
Tidak hanya itu, Direktur Utama Petrokimia Gresik Dwi Satriyo Annurogo juga dinobatkan sebagai The Most Committed Leader to TJSL Initiative...
ANTARA/Fikri Yusuf

Indonesia Finalkan Hasil Pertemuan G20 DWG Tekankan Multilateralisme

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 13 Agustus 2022, 22:20 WIB
DWG Meeting telah terlaksana tiga kali sepanjang...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya