Selasa 17 Mei 2022, 20:05 WIB

Mudik 2023, Pemerintah Mau Terapkan Pembayaran Tol Nirsentuh

Insi Nantika Jelita | Ekonomi
Mudik 2023, Pemerintah Mau Terapkan Pembayaran Tol Nirsentuh

MI/Ramdani
Ribuan kendaraan antre melewati pintu Tol Cikampek Utama, Jawa Barat, pada mudik Lebaran.

 

KEMENTERIAN Perhubungan (Kemenhub) mengungkapkan bahwa pemerintah berencana menerapkan sistem transaksi tol nontunai nirsentuh berbasis multi-lane free flow (MLFF) pada arus mudik Lebaran 2023.

Diketahui,  uji coba transaksi tol nirsentuh akan dilakukan pada akhir tahun ini. Upaya tersebut guna mengurai kemacetan yang kerap terjadi di ruas tol, khususnya saat arus mudik.

"Saya berharap cepat ya (MLFF diberlakukan), karena di beberapa negara sudah dilakukan. Dengan kecepatan 40 km/jam, 50 km/jam, mobil bisa langsung lewat (tol). Pastinya membantu macet," jelas Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi, Selasa (17/5).

Baca juga: Gerbang Tol Bakal Ditiadakan di 2024

Nantinya, sistem nirsentuh menggunakan aplikasi pada smartphone bernama Cantas, yakni sistem navigasi satelit atau Global Navigation Satellite System (GNSS), sebagai sistem pembayaran.

Sistem tol nirsentuh akan otomatis memotong saldo pada dompet elektronik yang didaftarkan pada aplikasi. Adapun sistem pembayaran yang disediakan lainnya, seperti OBU (On Board Unit) dan Electronic Route Ticket.

"Saat transaski di gate (tol) di mana nanti ada OBU dalam kendaraannya, kemudian itu detect langsung. Jadi tidak perlu di-tap lagi. Namun, ini masih dalam proses research and development," papar Budi.

Baca juga: Sistem Pembayaran Tol Tanpa Setop Beroperasi September 2022

Pihaknya menyinggung salah satu ruas yang memberlakukan sistem pembayaran tol nirsentuh berada di Gerbang Tol Palimanan, Cirebon. "Setelah Palimaman sudah tidak ada transaksi. Transaksi (pembayaran tol) itu ada di Tol Cikampek utama dan exit tol daerah lain," imbuhnya.

Sebelumnya, Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR Danang Parikesit menegaskan bahwa gerbang tol pada 2024 ditiadakan untuk implementasi sistem transaksi nirsentuh di jalan bebas hambatan.

Pada Desember 2022, operasi MLFF bakal dilakukan 100% di lima ruas transisi. Kemudian, diperluas ke seluruh ruas tol di Tanah Air.(OL-11)


 

Baca Juga

Antara

Ini Penjelasan Pertamina Soal Keamanan Pakai Ponsel di SPBU

👤Insi Nantika Jelita 🕔Kamis 30 Juni 2022, 19:24 WIB
Larangan menggunakan ponsel ditujukan pada komunikasi telepon di zona berbahaya. Itu kurang lebih 1,5 meter dari dispenser SPBU, atau saat...
AFP/Nicolas Tucat.

Inflasi Prancis Melonjak ke Tingkat Tertinggi sejak 1991

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 30 Juni 2022, 19:19 WIB
Di seluruh blok mata uang itu, harga konsumen naik 8,1% di Mei, jauh lebih tinggi dari target ECB...
ANTARA FOTO/Adwit B Pramono

MyPertamina Bukan untuk Mempersulit, Melainkan untuk Melindungi Rakyat

👤Mediaindonesia 🕔Kamis 30 Juni 2022, 19:12 WIB
Pada tahap ini, ujar dia, pendaftaran fokus untuk melakukan pencocokan data antara yang didaftarkan oleh masyarakat dengan dokumen dan data...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya