Jumat 29 April 2022, 20:43 WIB

Rekor, Bandara Soetta Layani 1.054 Penerbangan saat Mudik

Insi Nantika Jelita | Ekonomi
Rekor, Bandara Soetta Layani 1.054 Penerbangan saat Mudik

ANTARA
Calon penumpang antre masuk ke dalam Terminal 1 A Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Jumat (29/4/2022).

 

PERGERAKAN pesawat di Bandara Internasional Soekarno Hatta (Soetta) pada Kamis (28/4) atau H-4 menembus 1.054 flight. Pergerakan ini merupakan capaian tertinggi pergerakan pesawat di masa pandemi. 

Sebelum pandemi, pergerakan pesawat bisa mencapai hingga 1.200 flight per hari. Hal tersebut diungkapkan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat meninjau Bandara Soekarno-Hatta, Jumat (29/4).

Baca juga: Penumpang Pesawat Arus Mudik di Bandara AP II Tembus 1,08 Juta Orang

“Saya gembira sekali. Ini pertama kali melampaui 1.000 flight dalam dua tahun terakhir selama pandemi," kata Menhub dalam keterangan resmi. 

Lebih lanjut Menhub menjelaskan, capaian ini menunjukkan sektor penerbangan tetap mampu melayani secara maksimal di tengah jumlah pesawat yang terbatas.

“Durasi pergerakan pesawat diperpanjang yang tadinya sehari 8 penerbangan, menjadi 10. Bandara juga beroperasi bahkan sampai 24 jam seperti di Soetta,” kata Menhub.

Ia pun meminta kepada seluruh pemangku kepentingan sektor penerbangan, untuk terus meningkatkan pelayanannya seiring dengan mulai meningkatnya pergerakan di sektor penerbangan. 

“Saya mengapresiasi kolaborasi sektor penerbangan bersama dengan rekan-rekan kepolisian yang juga memberikan dukungan pengamanan berjalan dengan baik,” ujar Menhub.

Pada kesempatan yang sama, Dirut Airnav Indonesia Polana B. Pramesti memprediksi sejak kemarin (28/4) merupakan puncak dari pergerakan di Bandara Soetta. 

“Sebelumnya sempat mencapai 1.005 flight. Dan hari ini kelihatannya pergerakan pesawat mulai menurun,” kata Polana.

Direktur Utama Angkasa Pura II M. Awaluddin menuturkan, sejak 22 April sampai dengan 28 April 2022 kemarin, di 20 bandara yang dikelola AP II telah menembus 1.013.000 penumpang. 

“Lima destinasi yang menjadi tujuan utama penumpang yaitu pertama Surabaya, diikuti Denpasar, Makassar, Medan, dan Balikpapan,” jelasnya. (OL-6)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Arnas Padda

Rayakan HUT Ke-60, STP AUP Gelar Reuni Akbar

👤Mesakh Ananta Dachi 🕔Minggu 02 Oktober 2022, 12:29 WIB
“Lulusan yang telah dihasilkan oleh AUP, kalau kita lihat proporsinya yang bisa bekerja di Industri sangat besar. Sudah 12.080 alumni...
Dok. DPR RI

Pengelolaan BUMN Jangan Hanya Berdasarkan Kompetensi, Tapi Juga Aspek Pencegahan Moral Hazard

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 02 Oktober 2022, 09:54 WIB
pengelolaan BUMN pelat merah seperti PT Garuda Indonesia, Tbk tak cukup hanya bermodal kompetensi, tetapi juga harus bisa mencegah moral...
Dok. DPR RI

Komisi IX Minta Kejelasan Penyajian Data Tenaga Kerja Asing di Daerah

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 02 Oktober 2022, 09:47 WIB
Kejelasan data itu penting sebagai bagian dari pengawasan dan juga untuk evaluasi bersama terkait dengan berbagai macam keluhan yang...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya