Kamis 14 April 2022, 21:15 WIB

Elon Musk Tawarkan Pembelian Seluruh Saham Twitter

Mediaindonesia.com | Ekonomi
Elon Musk Tawarkan Pembelian Seluruh Saham Twitter

AFP/Jim Watson.
Elon Musk.

 

BOS Tesla Elon Musk menyampaikan tawaran pengambilalihan agresif terhadap Twitter. Ia berkeras itu merupakan tawaran terbaik dan terakhir dan dia satu-satunya orang yang mampu membuka potensi penuh dari platform itu.

Musk menawarkan US$54,20 per saham, yang menilai perusahaan media sosial itu sebesar $43,4 miliar, dalam pengajuan tertanggal Rabu 13 April dengan Securities and Exchange Commission. Dewan Twitter mengatakan akan dengan hati-hati meninjau penawaran Musk yang disebutnya, "Tidak diminta, tidak mengikat," dan memutuskan tindakan, "Demi kepentingan terbaik perusahaan dan semua pemegang saham Twitter."

Langkah terbaru Musk ke Twitter itu datang hanya beberapa hari setelah ia menolak kursi di dewan menyusul akuisisi 9,2% saham di platform microblogging. "Saya berinvestasi di Twitter karena saya percaya pada potensinya untuk menjadi platform kebebasan berbicara di seluruh dunia dan saya percaya kebebasan berbicara menjadi keharusan sosial untuk demokrasi yang berfungsi," kata Musk dalam pengajuannya.

Baca juga: Inflasi Swedia Sentuh Level Tertinggi dalam 30 Tahun

"Namun, sejak melakukan investasi, saya sekarang menyadari perusahaan tidak akan berkembang atau melayani kepentingan masyarakat ini dalam bentuknya saat ini," katanya. "Twitter perlu diubah sebagai perusahaan swasta. Akibatnya, saya menawarkan untuk membeli 100% Twitter seharga US$54,20 per saham secara tunai, 54% premium sehari sebelum saya mulai berinvestasi di Twitter."

Ancaman

Musk, pemegang saham terbesar Twitter, mengatakan, "Penawarannya merupakan penawaran terbaik dan terakhir saya." Dia akan mempertimbangkan kembali posisinya sebagai pemegang saham jika ditolak. 

"Twitter memiliki potensi yang luar biasa. Saya akan membukanya," katanya.

Analis Wedbush mengatakan dewan Twitter kemungkinan akan dipaksa untuk menerima tawaran atau mencari pembeli lain.
"Ini waktu yang sulit karena kami memperkirakan banyak tikungan dan belokan dalam minggu-minggu mendatang ketika Twitter dan Musk berjalan di jalur ini," kata analisis itu. Sejumlah pertanyaan mungkin berputar di sekitar masalah pembiayaan, aspek peraturan, dan keseimbangan waktu Musk di antara banyak perusahaannya.

Saat ini orang terkaya di dunia itu, dengan lebih dari 80 juta pengikut di platform microblogging, Musk pekan lalu mengungkapkan pembelian 73,5 juta saham atau 9,2% saham biasa Twitter. Pengumumannya mengirim saham Twitter melonjak lebih dari 25%.

Dia ditawari kursi di dewan tetapi menolaknya pada akhir pekan. Langkah Musk dilakukan setelah dia men-tweet pada Sabtu menanyakan tentang jaringan media sosial itu sedang sekarat dan memanggil penggunanya seperti penyanyi Justin Bieber yang sangat diikuti orang tetapi jarang memposting.

Baca juga: Elon Musk tidak lagi Bergabung dalam Jajaran Dewan Twitter

"Sebagian besar akun 'atas' ini jarang menge-tweet dan memposting konten yang sangat sedikit," tulis bos Tesla itu. Ia menuliskan daftar 10 profil dengan pengikut terbanyak, termasuk dirinya di nomor delapan, dengan 81 juta pengikut. (AFP/OL-14)

Baca Juga

Dok Gojek

Ikuti Kemenhub, Gojek Tunda Kenaikan Tarif Ojol

👤Insi Nantika Jelita 🕔Minggu 14 Agustus 2022, 23:54 WIB
Kenaikan antara lain, biaya jasa batas bawah sebesar Rp2.600/km, biaya jasa batas atas sebesar...
Antara

Menteri ESDM Minta PT Vale Tingkatkan Produksi Nikel

👤Insi Nantika Jelita 🕔Minggu 14 Agustus 2022, 22:33 WIB
PT Vale Indonesia memiliki satu fasilitas pengolahan dan pemurnian nikel di Sorowako dengan kapasitas 70.000 ton nikel...
Dok PLN

PLN Kebut Penataan Infrastruktur Kelistrikan G20 di Bali

👤Insi Nantika Jelita 🕔Minggu 14 Agustus 2022, 21:55 WIB
Saat ini progres tersebut mencapai 88,6 untuk pengamanan kelistrikan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya