Minggu 20 Maret 2022, 20:30 WIB

AP II Sediakan Internet 5G Cepat di Bandara Soekarno-Hatta

Insi Nantika Jelita | Ekonomi
AP II Sediakan Internet 5G Cepat di Bandara Soekarno-Hatta

Antara
Seorang WNA berjalan di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang.

 

PT Angkasa Pura II (Persero) atau AP II menyatakan bahwa Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta sudah menyediakan akses 5G cepat untuk kemudahan penumpang.

President Director AP II Muhammad Awaluddin menjelaskan pada tahap awal, pihaknya dan Telkomsel mengembangkan teknologi 5G dengan layanan 5G Fixed Wireless Access, 5G Experience Corner dan 5G Solution di Bandara Soekarno-Hatta.

Baca juga: Menkominfo Tegaskan Frekuensi 5G di Indonesia Tak Ganggu Penerbangan

“Teknologi 5G membuat koneksi lebih cepat hingga 20 kali lipat dibandingkan dengan 4G. Sehingga memberikan pengalaman baru ketika kita ingin mengunduh sesuatu atau menonton streaming video," ujarnya dalam keterangan resmi, Minggu (20/3).

Saat dilakukan speed test, kecepatan Telkomsel 5G di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta tercatat menembus kecepatan download hingga 237 Mbps, atau lebih cepat berkali-kali lipat dari 4G yang sekitar 16 Mbps.

Pihaknya mengklaim keberadaan jaringan Telkomsel 5G di Terminal 3 mendapat respons positif dari traveler maupun staf bandara. Tokoh telekomunikasi Indonesia yang juga pendiri IndoTelko Forum, Doni Ismanto Darwin, menilai kehadiran akses 5G di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta membantu aktivitas traveler.

Baca juga: Erick Thohir Sebut Kualitas Karpet Bandara Soekarno-Hatta Jelek

Baginya, akses 5G bisa menyelesaikan pekerjaan sembari menunggu keberangkatan penerbangan. “Surprised ketika akan berangkat ke Lombok langsung mencoba layanan 5G di gate 11 yang sangat joss. Tidak ada lag (macet) untuk streaming video," tutur Doni.

AP II menambahkan bahwa penerapan teknologi jaringan 5G di Bandara Soekarno-Hatta telah mengikuti aturan yang pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika. Terutama, dalam pemanfaatan frekuensi jaringan telekomunikasi yang memenuhi standar keamanan dan keselamatan publik.(OL-11)
 

Baca Juga

Antata

PUPR Salurkan 60.706 Unit Bantuan Rumah Swadaya

👤Insi Nantika Jelita 🕔Rabu 29 Juni 2022, 23:48 WIB
Pada 2022 Ditjen Perumahan PUPR mendapatkan alokasi anggaran sebesar Rp2,23 triliun untuk program...
ANTARA/Muhammad Adimaja

Airlangga Sebut Kasus Harian Covid-19 Masih Level Aman

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 29 Juni 2022, 23:00 WIB
Negara lain yang memiliki jumlah kasus harian cukup tinggi sampai 28 Juni 2022 adalah India dengan 14.529 kasus, Inggris dengan kasus...
Antara

OJK: Penghimpunan Dana di Pasar Modal Capai Rp102,9 Triliun

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 29 Juni 2022, 21:52 WIB
Hingga 24 Juni 2022, OJK mencatat Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) melemah 1,5%, jika dibandingkan dengan akhir Mei 2022 (mtd) ke level...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya