Senin 15 November 2021, 12:12 WIB

Ikan Gabus dan Toman Dibudidayakan di Lahan Bekas Tambang Timah

Mediaindonesia.com | Ekonomi
Ikan Gabus dan Toman Dibudidayakan di Lahan Bekas Tambang Timah

Antaranews
Ilustrasi

 

Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan membudidayakan ikan gabus dan toman di lahan bekas penambangan bijih timah, guna meningkatkan perekonomian masyarakat di daerah itu.

"Ikan ini memiliki nilai ekonomi tinggi, karena mengandung berbagai protein atau albumin yang diminati masyarakat dunia," kata Gubernur Kepulauan Babel Erzaldi Rosman Djohan di Pangkalpinang, Senin (15/11).

Ia mengatakan pengembangan budidaya ikan gabus dan toman ini sebagai tindaklanjuti arahan dari Komisaris Utama PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum) Letnan Jenderal (Letjen) Purn Doni Monardo mengarahkan Pemprov Kepulauan Babel memanfaatkan lahan bekas penambangan bijih timah untuk budidaya ikan gabus dan toman.

"Protein kedua ikan ini sangat bermanfaat sekali untuk masyarakat, terkhusus membuat sehat dan pertumbuhan fisik masyarakat di Kepulauan Bangka Belitung lebih kuat, bisa tinggi, cerdas," katanya.

Menurut dia dalam pengembangan ikan ini, Pemprov Kepulauan Babel akan menggandeng perusahaan dan juga memberdayakan masyarakat sekitar di setiap titik yang akan menjalankan program tersebut.

"Kita menggandeng Komunitas ISKA, yang ditunjuk untuk mendampingi masyarakat dalam membudidayakan dan memelihara ikan gabus dan toman ini," katanya.

Komisaris Utama PT Indonesia Asahan Alumunium (Inalum) Letnan Jenderal (Letjen) TNI (Purn) Doni Monardo dalam kunjungannya ke Babel pada Minggu (14/11) mendorong Pemprov Babel untuk menjadikan lahan bekas tambang menjadi lahan produktif, pihaknya mengusulkan beberapa tahapan yaitu jangka pendek dengan menjadikan lahan eks tambang untuk budidaya perikanan karena masa panennya yang singkat.

“Ikan toman ini akan diproduksi menjadi albumin. Saat ini, dunia sedang membutuhkan albumin, kandungan albumin pada ikan toman sangat tinggi. Zat ini juga sangat dibutuhkan manusia. Hal ini pasti dapat membantu masyarakat Babel," ujarnya. (Ant/OL-12)

Baca Juga

dok.tangkapan layar

Generasi Emas, Kementan Tekankan Pembinaan Petani Milenial

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 16 Januari 2022, 22:18 WIB
PERAN generasi muda sangat sentral dalam pembangunan nasional, dimana jumlah penduduk usia produktif akan berada di titik tertinggi sebagai...
Antara

Presiden Setujui Insentif Pajak Penjualan Barang Mewah Otomotif

👤M Ilham Ramadhan Avisena 🕔Minggu 16 Januari 2022, 21:45 WIB
Selain insentif PPnBM mobil baru, Preside juga menyetujui pemberian insentif PPn...
DOK/BOGASARI

Pembuat Roti Kaget dan Terharu Dapat 50 Gram Emas dari Bogasari

👤Media Indonesia 🕔Minggu 16 Januari 2022, 18:50 WIB
Berusia 50 Tahun, Bogasari  menggelar beragam apresiasi untuk pelaku UKM berbasis...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya