Selasa 07 September 2021, 14:21 WIB

Singapore Airlines Izinkan Boeing 737 Max 8 Terbang Kembali

Insi Nantika Jelita | Ekonomi
Singapore Airlines Izinkan Boeing 737 Max 8 Terbang Kembali

AFP
Boeing 737 Max 8

 

SINGAPOR EAirlines (SIA) mengatakan akan kembali menerbangkan pesawat Boeing 737 Max 8, setelah sempat dikandangkan. Para pilot maskapai itu dikabarkan tengah menjalani pelatihan untuk pengoperasioan pesawat tersebut.

Otoritas penerbangan Singapura atau CAAS mengumumkan pada Senin (6/9), mereka telah mencabut penangguhannya pada pesawat 737 MAX untuk terbang masuk dan keluar dari Singapura setelah mengevaluasi perubahan desain pada pesawat dan catatan keselamatannya selama sembilan bulan terakhir.

"SIA akan terus bekerja sama dengan CAAS dan regulator terkait dalam beberapa minggu mendatang, untuk memenuhi semua persyaratan untuk kembalinya layanan pesawat 737-8 (737 MAX 8) kami," ungkap juru bicara SIA yang dikutip Selasa (7/9).

Setiap pilot harus menyelesaikan program pelatihan yang komprehensif, yang mencakup pembelajaran berbasis komputer serta pelatihan simulator, tambah juru bicara itu.

Ketika ditanya kapan SIA dapat melanjutkan penerbangan 737 MAX dan rute mana, juru bicara itu mengatakan rincian lebih lanjut akan diumumkan di kemudian hari. Pesawat tersebut kini tidak memiliki masalah keamanan yang mencolok, laporan CAAS.

SIA mengatakan bahwa pihaknya juga telah menyelesaikan modifikasi teknis dan peningkatan perangkat lunak pada pesawat 737 MAX dan melakukan penerbangan kesiapan operasional di Alice Springs, Australia, sesuai dengan standar kelaikan udara Federal Aviation Administration (FAA) AS.

Otoritas Penerbangan Singapura itu telah mengandangkan 737 MAX setelah dua kecelakaan fatal yang melibatkan model tersebut. Pada Maret 2019, sebuah pesawat Ethiopian Airlines jatuh, menewaskan 157 orang.

Kecelakaan lain pada Oktober 2018 yang melibatkan pesawat dari Indonesia, Lion Air menewaskan 189 orang. Pihak berwenang AS menghubungkan dua kecelakaan itu dengan sistem keselamatan utama pada 737 MAX.

Analis penerbangan Shukor Yusof di Endau Analytics mengatakan 737 MAX saat ini merupakan jenis pesawat yang paling banyak diamati dan diikuti di dunia "Pada intinya adalah sistem pesawat itu berada di bawah pengawasan dan baru-baru ini soal pertanyaan tentang beberapa masalah kabel, telah diperbaiki karena MAX diawasi ketat oleh FAA dari AS," katanya. (Channel News Asia/OL-8)

 

Baca Juga

Dok. Kementerian ESDM

Kementerian ESDM Uji Coba Bensa, Bensin yang Mengandung Minyak Sawit 

👤Insi Nantika Jelita 🕔Selasa 25 Januari 2022, 23:04 WIB
Bensa berkualitas tinggi ini akan menjadi parameter untuk penyusunan Feasibility Study (FS) dan Detail Engineering Design (DED) untuk...
Dok. Yupi

Ada Hoaks Soal Produknya, Yupi Tegaskan Permen yang Diproduksinya Telah Kantongi Sertifikat Halal 

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 25 Januari 2022, 22:58 WIB
Direktur Marketing & Sales Yupi Juliwati Husman menegaskan, pihaknya sudah mengantongi sertifikasi halal untuk seluruh proses produksi...
Dok. Biro Pers Sekretariat Presiden

Presiden Lepas Ekspor Perdana Smelter Grade Alumina 

👤Andhika Prasetyo 🕔Selasa 25 Januari 2022, 21:20 WIB
Presiden kembali menekankan pentingnya pembangunan industri hilir terutama di sektor mineral dan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya