Sabtu 21 Agustus 2021, 11:06 WIB

Airlangga Puji Terobosan Kalsel Bantu Pasien Isoman dengan Hasil Tani

mediaindonesia.com | Ekonomi
Airlangga Puji Terobosan Kalsel Bantu Pasien Isoman dengan Hasil Tani

Ist
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto saat kunjungan kerja ke Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan.

 

MENKO Perekonomian Airlangga Hartarto mengapresiasi terobosan Pemprov Kalimantan Selatan (Kalsel) yang membantu petani dengan membeli hasil panennya untuk dibagikan kepada masyarakat yang tengah menjalani isolasi mandiri (isoman).  

Hal itu disampaikan Airlangga saat meninjau dan berbincang dengan petani komoditas tanaman hortikultura di Kelurahan Syamsudin Noor, Kecamatan Landasan Ulin, Kota Banjarbaru, Kalsel, Jumat (20/8).

 “Saya sangat mengapresiasi Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kalimantan Selatan karena tanggap dan betul-betul hadir membantu petani. Apalagi, hasil panennya pun disumbangkan kepada masyarakat yang sedang Isoman, yang sedang berjuang untuk pulih dan membutuhkan asupan gizi yang cukup,” ujar Airlangga.

Airlangga juga ikut memanen hasil pertanian berupa cabai tumpang sari dan melon dengan para petani  yang tergabung dalam Kelompok Tani Ngudi Rahayu, denhan jumlah anggota sebanyak 30 orang dan luas lahan tanaman sebesar 28 Ha.

Semua hasil panen dari petani ini dibeli oleh Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Kalsel dengan harga di atas harga pasar untuk membantu pemasaran hasil panen para petani, terutama dalam masa pandemi Covid-19.

Hasil panen yang telah dibeli Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kalimantan Selatan tersebut kenudian didistribusikan ke masyarakat yang tengah menjalani isoman Covid-19.

Selain mengapresiasi langkah yang telah diambil Pemprov Kalsel, Airlangga juga  mendorong agar penguatan ketahanan pangan dan peningkatan kesejahteraan petani menjadi salah satu perhatian utama Pemerintah Daerah setempat. Karena sektor pertanian merupakan salah satu sektor esensial untuk menjaga bangsa dan negara.

“Terutama di masa pandemi seperti ini, saya berharap agar program-program di sektor pertanian terus dioptimalkan implementasinya, terutama dalam hal menyejahterakan petani,” tutur Airlangga.

Selama pandemi tahun 2020-2021, sektor pertanian tercatat mampu bertahan dan tumbuh positif. Produk Domestik Bruto (PDB) sektor pertanian pada tahun 2020 tercatat sebesar 1,75% dan pada Triwulan I tahun 2021 sebesar 2,95%.

Kegiatan dialog dengan para petani ini merupakan satu dari rangkaian kunjungan kerja Menko Perekonomian ke Kalsel.

Sebelumnya Airlangga juga meninjau pelaksanaan vaksinasi di GOR Hasanuddin, meninjau fasilitas isolasi terpusat di Balai Pelatihan Kesehatan Kalsel.

Ia juga meninjau desa percontohan penerapan protokol kesehatan di Citra Garden City Sungai Ulin, serta memimpin rapat koordinasi pengendalian dan penanganan Covid-19 di Provinsi Kalsel. (RO/OL-09)

Baca Juga

Antara

Presiden: Seluruh Materi dan Substansi UU Cipta Kerja Tetap Berlaku

👤Andhika Prasetyo 🕔Senin 29 November 2021, 12:21 WIB
Kepala negara juga memastikan bahwa pemerintah menghormati putusan Mahkamah Konstitusi dan akan segera melakukan perbaikan atas UU Cipta...
Freepik.com

Kementerian Perindustrian Dorong Ekspor Produk IKM Kosmetik Berbahan Lokal

👤Dede Susianti 🕔Senin 29 November 2021, 12:03 WIB
Berdasar data International Trade Center (ITC) nilai pasar ekspor produk kosmetik di dunia pada tahun 2020 mencapai US$140...
Dok Antara

Anggun Terpukau pada Kemeriahan Expo 2020 Dubai

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 29 November 2021, 11:33 WIB
Anggun mengaku terpukau pada kemeriahan Expo 2020 Dubai usai mengunjungi dan menjajal berbagai pengalaman menarik dalam acara bertaraf...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya