Kamis 19 Agustus 2021, 21:23 WIB

Harga PCR Turun, Bos Garuda Harap Jumlah Penumpang Pesawat Melejit        

Insi NAntika Jelita | Ekonomi
Harga PCR Turun, Bos Garuda Harap Jumlah Penumpang Pesawat Melejit        

Antara/Andika Wahyu
Pesawat Garuda Indonesia

 

PEMERINTAH telah menurunkan harga pemeriksaan covid-19 dengan metode RT-PCR sebesar 45%. Direktur PT Garuda Indonersia Irfan Setiaputra berharap dengan kebijakan tersebut berdampak pada meningkatnya pembelian tiket pesawat yang berpengaruh pada trafik penerbangan dan pendapatan perseroan.

Menurutnya, selain adanya pengetatan aktivitas, penyebab penurunan jumlah penumpang maskapai nasional itu karena didasari tingginya harga test PCR sebesar Rp900 ribu per orang. 

"Kami menyari ketika pengetatan perjalanan itu dilakukan dengan salah satu syarat harus PCR dan dampaknya terhadap penurunan jumlah penumpang. Oleh sebab itu bila PCR itu turun harganya, kami tentu saja berharap akan ada peningkatan trafik penerbangan dikemudian hari," jelas Irfan dalam Public Expose Insidentil GIAA 2021 secara virtual pada Kamis (19/8).

Di satu sisi, Bos Garuda itu berpendapat, harga tes PCR tidak semata berdampak penurunan jumlah penumpang. Namun, adanya pembatasan syarat usia bagi penumpang yang mengatur warga dengan usia kurang dari 12 tahun dilarang melakukan perjalanan jarak jauh, menjadi alasan lainnya. 

Baca juga : Garuda Berharap Pendapatan dari Perjalanan Umrah Jemaah Indonesia

"Mohon dipahami bahwa penurunan maupun peningkatan trafik itu bukan disebabkan oleh PCR tetapi juga disebabkan oleh banyak kondisi. Di antaranya adalah kondisi syarat destinasi, kemudian limitasi penerbangan untuk anak dan sebagainya," urai Irfan.

Kementerian Kesehatan telah menetapkan penurunan harga pemeriksaan Covid-19 dengan metode RT-PCR, sebesar 45%. Dengan demikian, tarif RT-PCR tertinggi di Pulau Jawa-Bali adalah Rp495 ribu dan di luar Jawa-Bali Rp525 ribu.

Irfan menegaskan akan mematuhi tiap aturan yang dibuat pemerintah dalam upaya menekan penularan covid-19, khususnya varian Delta. 

"Kami pada dasarnya sangat setuju di Garuda untuk bersama-sama dengan pemerintah memastikan penyebaran covid-19 ini bisa berhasil menurun secara drastis," tandasnya. (OL-7)

Baca Juga

dok.KNPI

DPP KNPI: Kinerja Pembantu Jokowi Bidang Perekonomian Perlu Perbaikan

👤Selamat Saragih 🕔Sabtu 28 Mei 2022, 17:50 WIB
KINERJA pemerintahan bidang perekonomian mendapat sorotan publik karena kinerja yang buruk. Karena itu, Jokowi harus mengambil langkah...
DOK BNI46

Kuat Dalam GCG, BNI Kembali Menangi Penghargaan IICD

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 28 Mei 2022, 16:13 WIB
Raihan ini akan menjadi tolok ukur bagi perseroan untuk lebih gencar lagi dalam meningkatkan penerapan good corporate governance (GCG)...
Antara

Badan Pangan Nasional Dorong Penguatan Harga Gula Di Tingkat Petani Maupun Konsumen

👤Despian Nurhidayat 🕔Sabtu 28 Mei 2022, 14:18 WIB
Kepala Badan Pangan Nasional, Arief Prasetyo Adi menegaskan seluruh pabrik gula dapat membeli gula kristal putih produksi petani tebu...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya