Kamis 19 Agustus 2021, 18:21 WIB

Dukung UMKM, BI Segera Terbitkan Kebijakan RPIM

Despian Nurhidayat | Ekonomi
Dukung UMKM, BI Segera Terbitkan Kebijakan RPIM

Antara
Pekerja menyelesaikan pembuatan dandang di Kampung Citasuk, Serang, Banten.

 

UNTUK mendorong inklusi ekonomi dan keuangan, serta memperkuat peran UMKM dalam pemulihan ekonomi nasional, Bank Indonesia (BI) akan menerbitkan kebijakan Rasio Pembiayaan Inklusif Makroprudensial (RPIM).

Kebijakan itu mulai berlaku pada 1 September 2021. Gubernur BI Perry Warjiyo mengungkapkan bahwa langkah tersebut bertujuan memperluas pembiayaan kredit perbankan. Pinjaman ke UMKM individu kini bisa sampai pemasok. Sehingga, kredit bisa sampai ke pengguna akhir.

"Penyaluran kredit juga tidak hanya secara langsung dari perbankan, tapi juga bermitra dengan lembaga yang sudah biasa mengurusi UMKM. Seperti, PNM, Pegadaian dan BLU pemerintah," jelas Perry dalam konferensi pers virtual, Kamis (19/8).

Baca juga: Prediksi BI, Pertumbuhan Ekonomi pada 2021 Bisa Capai 4,3%

Menurut Perry, nantinya pembiayaan untuk UMKM tidak hanya dalam bentuk kredit. Namun, juga sekuritas yang bisa diarahkan untuk pembiayaan inklusif.

“Sekuritas-sekuritasnya bisa dalam bentuk SBN obligasi atau korporasi, yang pada waktunya akan kita sampaikan,” imbuhnya.

Terkait pembiayaan melalui sekuritas, Perry menegaskan bahwa pihaknya tengah menggodok regulasi khusus. Diharapkan dengan hadirnya RPIM, akses pembiayaan untuk UMKM akan lebih meluas.(OL-11)

 

Baca Juga

DOK BP BATAM

Wakil Kepala BP Batam Terima Kunjungan Kerja Civil Service College Singapore

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 23 Mei 2022, 08:32 WIB
Mark Low menyampaikan tujuan dari kunjungan kerja Civil Service College Singapore (CSC) ke BP Batam untuk mempererat hubungan baik antara...
MI/HO

Menko Perekonomian Bertemu CEO Qualcomm Bahas Peluang Investasi Digital

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 23 Mei 2022, 07:40 WIB
Menko Airlangga menyampaikan perbaikan ekonomi pascapandemi menjadi peluang untuk mentransformasi perekonomian dan berbagai aktivitas...
DOK Pribadi.

Appnindo Minta Insentif untuk Rokok Elektrik seperti Mobil Listrik

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 23 Mei 2022, 07:10 WIB
Cukai vape sistem tertutup (closed system) lebih tinggi 13 kali lipat dari sistem terbuka (open system), meski sama-sama menggunakan likuid...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya