Rabu 30 Juni 2021, 19:26 WIB

Erick: Indonesia Berpotensi Tambah 20 Unicorn

M. Iqbal Al Machmudi | Ekonomi
Erick: Indonesia Berpotensi Tambah 20 Unicorn

MI/Susanto
Menteri BUMN, Erick Thohir

 

MENTERI Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan Indonesia memiliki potensi untuk 20 perusahaan rintisan (startup) dengan status unicorn.

"Kalau kita seperempat Tiongkok kita masih punya potensi tambah 20 unicorn, jadi ini potensi dan kesempatan untuk generasi muda Indonesia," kata Erick Dalam Media Gathering HUT LinkAja Ke-2 secara virtual, Rabu (30/6).

Terlebih Indonesia masih bisa mneguasai sektor travel, digital, fintech, e-commerce, digital. Sementara yang harus dikembangkan seperti Tiongkok seperti hardware, cyber security dan lainnya.

Tiongkok sendiri memiliki 101 startup dengan status unicorn dengan sektor e-commerce, fintech, hardwere, edu tech, cyber security, dan data management. Sementara Amerika Serikar (AS) memiliki 207 unicorn dengan sektor food tech, virtual reality, aero space, A.I, dan video games.

"Saat ini Indonesia berada pada tahapan awal atau nascent untuk disrupsi digital," ucapnya.

Baca juga :Presiden Yakin Ekonomi Kuartal II 2021 Tumbuh 7%

Potensi perkembangan ekonomi digital diprediksi akan tumbuh pada 2030. Erick mengatakan potensi kontribusi Ekonomi Digital Indonesia pada Produk Domestik Bruto (PDB) tahun 2030 capai 18% atau sebesar Rp4.531 triliun dari total PDB Rp24.000 triliun.

"Jadi kalau dibandingkan pertumbuhannya dengan PDB yang hanya satu setengah kali ini 8 kali. Ini menjadi sebuah kekuatan bangsa kita harus mengantisipasi kedepannya," ujarnya.

Pada 2020 kontribusi ekonomi digital pada PDB mencapai Rp632 triliun atau baru 4% dari total PDB Rp15.400 triliun.

Adapun proyeksi nilai ekosistem ekonomi digital Indonesia pada 2030 masih dipegang e-commerce yang diperkirakan bisa mencapai Rp1.908 triliun, pendidikan Rp160,4 triliun, kesehatan Rp471,6 triliun dan lainnya.

"Ini adalah ekosistem yang tentu sangat besar untuk kita semua dan ini perlu kita antisipasi dan kita juga manfaatkan," sebutnya. (OL-2)

 

Baca Juga

DOK PT TAP

PT TAP Tambah Pabrik Pengolahan Sawit di Kalteng

👤Widhoroso 🕔Selasa 07 Desember 2021, 21:47 WIB
PT Triputra Agro Persada Tbk (Perseroan) menambah kapasitas produksi Crude Palm Oil (CPO) dengan meresmikan Pabrik Kelapa Sawit (PKS)...
MI.M. Irfan

Optimalisasi Ekonomi Digital untuk Pemulihan Ekonomi Nasional 

👤Mediaindonesia.coim 🕔Selasa 07 Desember 2021, 21:31 WIB
Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menyatakan pemulihan ekonomi akibat dampak pandemi salah satunya ditopang dengan...
Antara/Dhemas Reviyanto

Anggota Dewan Ini Minta Unit Link Dimoratorium Dulu

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 07 Desember 2021, 21:05 WIB
sejumlah nasabah dari ketiga perusahaan asuransi mengadukan persoalan terkait salah satu produk asuransi, yaitu Unit...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya