Senin 21 Juni 2021, 14:31 WIB

Komisi IV Apresiasi Capaian Program Kementan Tahun 2021

mediaindonesia.com | Ekonomi
Komisi IV Apresiasi Capaian Program Kementan Tahun 2021

DOK KEMENTAN
Mentan Syahrul Yasin Limpo.

 

ANGGOTA Komisi IV DPR RI, Abdullah Tuasikal mengapresiasi capaian Kementerian Pertanian (Kementan) yang berhasil menumbuhkembangkan sektor pertanian hingga 2,59% pada triwulan 1 2021.

Di samping itu, kata Tuasikal, DPR juga mengapresiasi meningkatnya nilai ekspor produk pertanian serta meningkatnya daya serap program Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang selama ini menjadi modal terhadap bengkitnya pertanian Indonesia.

"Capaian ini saya harapkan tetap terjaga dan perlu ditingkatkan lagi ke depannya. Namun di sisi lain saya kira perlu juga didukung dengan program dan anggaran yang memadai," ujar Tuasikal dalam Rapat Kerja bersama Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo di Gedung Parlemen Jakarta, Senin, 21 Juni 2021.

Baca Juga: Perluas Jangkauan, Pasar Mitra Tani Gandeng Komunitas Warteg

Menurut Tuasikal, program di Kementan selama ini sudah berjalan dengn baik, terutama yang berkaitan dengan alat mesin pertanian dan bantuan berbagai benih unggul berkuakitas. Ada juga bantuan 1.000 desa sapi yang dinilai tepat karena menumbuhkan ekonomi suatu desa.

"Menurut saya bantuan bantuan yang bersentuhan langsung dengan rakyat harus kita dukung. Terutama 1.000 desa sapi. Namun saya mohon agar diperhatikan juga pakannya. Makanya kami mengusulkan agar rumput hijau menjadi perhatian khusus dalam program 100 desa sapi. Saya kira kalau ini menjadi perhatian, insyaallah program di kementerian pertanian akan berhasil," katanya.

Terakhir, Tuasikal mendorong agar realokasi anggaran yang ada betul-betul digunakan terhadap peningkatan ketersediaan pangan nasional.

"Kami mendorong peningkatan kinerja dengan merealisasikan semua program agar anggaranya terserap dengan baik. Utamanya yang berkaitan dengan peningkatan ketersediaan pangan," tutupnya. (RO/OL-10)

Baca Juga

ilustrasi

Peningkatan Literasi Keuangan Dorong Industri Fntech yang Sehat

👤Mediaindoensia.com 🕔Minggu 01 Agustus 2021, 02:00 WIB
Menurut dia, tanpa peningkatan literasi keuangan berpotensi memicu terjadinya gagal bayar atau kredit bermasalah yang dapat merugikan...
Dok. Diamondland

Diamondland Garap Hunian Berkonsep Villa di Tengah Kota Lewat Apple 5 Condovilla

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Minggu 01 Agustus 2021, 01:52 WIB
Proyek Apple 5 Condovilla ini sangat mendukung thesis kemajuan ekonomi Indonesia, dengan mempersiapkan hunian apartemen terbaik dikelasnya...
Dok.Pri

Perusahaan Otomotif India di Tanah Air Sumbang 50 Konsentrator Oksigen

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 31 Juli 2021, 22:08 WIB
Seperti diketahui, ketika India mengalami lonjakan kedua kasus Covid-19, pemerintah Indonesia sebagai negara sahabat mengirimkan...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Pemerintah Afghanistan Hadapi Krisis Eksistensial

 Laporan SIGAR menggarisbawahi kekhawatiran pasukan Afghanistan tidak siap untuk melakukan pertahanan yang berarti

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya