Senin 14 Juni 2021, 21:07 WIB

Kimia Farma Diagnostika Gandeng Itama Ranoraya untuk Alat Swab

Ghani Nurcahyadi | Ekonomi
Kimia Farma Diagnostika Gandeng Itama Ranoraya untuk Alat Swab

Dok. Kimia Farma
Kerja sama Kimia Farma Diagnostika dengan Itama Ranoraya

 

KEBUTUHAN alat usap berbasis antigen (swab antigen) menjadi penting di masa pandemi Covid-19 sebagai bagian dalam penelusuran kasus Covid-19. Untuk itu, cucu usaha PT Kimmia Farma, PT Kimia Farma Diagnostika menjalin kerja sama dengan PT Itama Ranoraya untuk pengadaan alat swab antigen yang terjamin.

Kerja sama itu ditandai dengan penandatangan nota kesepahaman (MoU) di Jakarta, Senin (14/6). Plt. Direktur Utama PT Kimia Farma Diagnostika Agus Chandra mengatakan, kerja sama tersebut penting untuk mendukung program Pemerintah dalam mempercepat pemulihan perekonomian nasional. 

“KFD harus menjalankan penugasan dari shareholder dalam kegiatan Swab Antigen. Kerja sama dengan Itama Ranoraya merupakan salah satu usaha untuk menjamin kegiatan tersebut. IRRA kami harapkan dapat berkomitmen dan memberikan pelayanan terbaik untuk KFD dan publik,” ujarnya.

Kimia Farma Diagnostika fokus pada layanan kesehatan seperti vaksinadi, pengujian PCR, swab antigen, dan layanan kesehatan lainnya. Beberapa kegiatan yang telah dan akan dilakukan diantaranya adalah pelaksanaan Vaksinasi Gotong Royong, Swab Antigen Forum BUMN Muda, serta persiapan program layanan kesehatan Work From Bali. 

Baca juga : PLN, Bappenas, Telkom dan Parpol Mulai Work From Bali

Dalam kesempatan serupa, Direktur Utama PT Itama Ranoraya Heru Firdausi Syarif mengatakan, pihaknya berkomitmen untuk membantu Pemerintah melalui KFD dalam mengatasi pandemi Covid-19 di Indonesia melalui penyediaan peralatan rapid test Antigen yang dapat dipercaya. 

“Kami siap menghadirkan peralatan yang telah mendapat surat izin edar Kementerian Kesehatan. Alat test Panbio dari Abbott akan kami jamin keandalan sesuai dengan standar pembuatnya,” ujar Heru. 

PT Kimia Farma Diagnostika merupakan anak usaha PT Kimia Farma Apotek yang kini memiliki 422 klinik dan 73 laboratorium klinik yang memberikan layanan kesehatan terintegrasi meliputi layanan klinik kesehatan dan laboratorium klinik di seluruh Indonesia. Klinik-klinik tersebut juga memberi pelayanan pengujian Covid-19 dengan alat rapid test antigen. 

Sedangkan PT Itama Ranoraya merupakan perusahaan yang bergerak di bidang penyaluran dan perdagangan alat-alat kesehatan, alat laboratorium, farmasi dan kedokteran. Salah satu produknya adalah alat rapid test Panbio COVID-19 Ag buatan Abbott, sebuah perusahaan healthcare asal Amerika Serikat. (RO/OL-7)

Baca Juga

MI/Ferdinandus Rabu

KKP Amankan 4 Pelaku Pengeboman Ikan di Perairan Selayar Sulsel

👤Despian Nurhidayat 🕔Minggu 19 September 2021, 13:40 WIB
“Para pelaku mencoba melarikan diri namun dengan kesigapan aparat di lapangan, akhirnya berhasil dilumpuhkan,” ujar...
DOK KEMENTAN

Tingkatkan Nilai Tambah Olahan Cabai dengan Metode Pengeringan

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 19 September 2021, 11:57 WIB
Direktur Jenderal Hortikultura dalam berbagai kesempatan menyampaikan jajarannya fokus terhadap peningkatan produksi, produktivitas, akses...
MI/Andri W

Gobel Minta Pemerintah Konsisten Lindungi Pemasok Kecil dan Menengah

👤Muhamad Fauzi 🕔Minggu 19 September 2021, 11:41 WIB
WAKIL Ketua DPR RI Rachmat Gobel meminta pemerintah untuk konsisten, melindungi para pemasok yang memasok barang ke toko ritel...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

AS, Inggris, dan Australia Umumkan Pakta Pertahanan Baru

 Aliansi baru dari tiga kekuatan tersebut tampaknya berusaha untuk melawan Tiongkok dan melawan kekuatan militernya di Indo-Pasifik.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya