Sabtu 05 Juni 2021, 10:38 WIB

BSI Dukung Pembiayaan Pertashop untuk Pesantren

M. Ilham Ramadhan Avisena | Ekonomi
BSI Dukung Pembiayaan Pertashop untuk Pesantren

Antara
Pegawai berjalan di dekat logo Bank Syariah Indonesia seusai peresmian.

 

PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) memberikan dukungan pembiayaan Pertashop pada ekosistem pesantren. Selain menggandeng PT Pertamina (Persero), kali ini BSI menggandeng Masyarakat Ekonomi Syariah (MES).

Kerja sama itu dituangkan dalam nota kesepahaman Pengembangan Bisnis Pertashop dan Fasilitas Pembiayaan di Lingkungan MES Dalam nota kesepahaman, ketiga entitas sepakat untuk berkolaborasi dalam pengembangan bisnis Pertashop. Serta, fasilitas pembiayaan di lingkungan pesantren untuk membangun ekonomi umat bagi UMKM berbasis pesantren.

Penandatanganan nota kesepahaman dilakukan dalam acara Silaturahmi Wakil Presiden Ma'ruf Amin bersama MES di kantor BSI pada Jumat (4/6) kemarin. Direktur Utama BSI Hery Gunardi mengatakan segmen UMKM menjadi salah satu fokus perseroan dalam mengembangkan ekosistem halal yang bermanfaat bagi umat. 

Baca juga: Untuk Kemandirian, 1.000 Ponpes Bakal Miliki Pertashop

Strategi yang dilakukan adalah menumbuhkan segmen UMKM berbasis ekosistem/komunitas dan value chain yang  terintegrasi. "Kami berharap dapat menggali potensi pesantren di seluruh daerah melalui kerja sama dalam pengembangan ekonomi umat, khususnya pengembangan bisnis Pertashop. Penyampaian potensi lokasi hingga penjaringan pesantren," ujar Hery dalam siaran pers, Sabtu (5/6).

BSI pun berupaya mendorong sektor UMKM di Tanah Air untuk berkembang dan naik kelas. Perseroan tidak hanya memberikan dukungan finansial, namun juga pendampingan. Seperti, penyediaan pusat pelatihan dan pendampingan UMKM, serta pelatihan pemasaran produk UMKM. Dengan UMKM naik kelas, diharapkan berkontribusi dalam pemulihan ekonomi nasional.

Baca juga: Wapres: Perbankan Syariah Bisa Berbisnis dengan Institusi Negara

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati menjelaskan pihaknya telah membangun kemitraan untuk pembangunan Pertashop. Kehadiran Pertashop diharapkan mempermudah masyarakat untuk mendapatkan akses BBM yang ramah lingkungan, yaitu Pertamax, dengan harga sama seperti SPBU. Pertamina juga telah membangun Pertashop di pesantren. 

"Hadirnya Pertashop di pesantren dalam jaringan MES, merupakan bentuk komitmen Pertamina sebagai BUMN. Untuk pemerataan energi berkualitas dan menggerakan perekonomian nasional mulai dari tingkat desa, melalui UMKM dan pemberdayaan masyarakat kecil," jelas Nicke.(OL-11)


 

 

 

Baca Juga

Antara

KKP Klaim Telah Selamatkan 3,3 Juta Benur Senilai Rp138,4 M

👤Insi Nantika Jelita 🕔Jumat 25 Juni 2021, 03:00 WIB
KEMENTERIAN Kelautan dan Perikanan sejak 27 November 2020 sampai dengan 12 Juni 2021 telah menyelematkan 3,3 juta lebih benih bening...
MI/Sumaryanto Bronto

Industri Halal Berpeluang Picu Pemulihan Ekonomi Nasional

👤Ghani NUrcahyadi 🕔Jumat 25 Juni 2021, 00:36 WIB
Deputi Direktur Departemen Ekonomi & Keuangan Syariah Bank Indonesia Diana Yumanita mengemukakan, saat ini posisi Indonesia sudah masuk...
Antara

Pembangunan Pelabuhan Anggrek di Gorontalo Dimulai Tahun Ini

👤Insi Nantika Jelita 🕔Kamis 24 Juni 2021, 23:17 WIB
Pembangunan Pelabuhan Anggrek akan dilakukan dua tahap dengan nilai investasi sekitar Rp1,4...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Talenta Muda Curi Perhatian

PIALA Eropa 2020 dipastikan telah menjadi ajang kemunculan pemain-pemain muda yang punya kemampuan mengejutkan

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya